Aplikasi

10 Software Editing Video Terbaik 2020

Perangkat lunak editing video yang baik dapat membuat hampir semua orang bisa menjadi pembuat film. Hal ini berkat kombinasi alat-alat canggih dan antarmuka yang mudah digunakan. Anda tidak perlu mengikuti kursus atau membaca buku khusus apa pun untuk mulai mengedit video.

Yang perlu Anda lakukan adalah cukup menginstal salah satu tool di daftar perangkat lunak editing video terbaik di laptop atau ponsel cerdas Anda. Selanjutnya Anda langsung dapat memulai untuk menyatukan rekaman. Kemudian, yang Anda butuhkan adalah sedikit waktu, imajinasi dan kreativitas untuk mulai menyusun film Anda.

Setiap orang memiliki kemampuan untuk membuat video yang menarik berkat perangkat lunak editing video terbaik yang sesuai dan akan saya sajikan di halaman ini.

Perangkat lunak editing video modern saat ini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, menawarkan jenis tools dan efek yang biasanya hanya tersedia untuk kelas profesional.

Anda juga akan terkejut karena betapa banyak yang mereka tawarkan pada perangkat editing video ini, sementara mereka sepenuhnya bebas atau gratis untuk digunakan!

Saya bisa memastikan bahwa perangkat lunak editing video yang ada di daftar ini merupakan yang terbaik dan termasuk pilihan untuk semua jenis orang. Dari pembuat film pemula yang baru mulai, hingga editor profesional yang ingin membuat pekerjaan mereka benar-benar berkualitas.

Anda dapat memilih perangkat lunak editing video terbaik untuk versi PC Windows, Mac, dan mesin Android. Ada juga punya pilihan terbaik untuk pemula maupun editor video yang berpengalaman.

01. Adobe Premiere Pro CC (Berbayar)

Platform: Windows and Mac | Key features: Multi-cam editing, 3D editing | Video tracks: Unlimited | Free trial: Yes | Best for: Professionals and enthusiasts.

Jika Anda pengguna Windows, Adobe Premiere Pro CC adalah editor video terbaik yang tersedia saat ini. Premiere Pro adalah editor video dari salah satu perusahaan software terbesar di industri aplikasi, yang digunakan oleh banyak profesional kreatif.

Perangkat editing video ini sangat populer bagi pengguna Windows 10. Ini karena ia dapat menangani sejumlah trek video yang benar-benar terbuka, yang dapat diimpor dari hampir semua sumber yang dapat Anda pikirkan (file, kaset, kamera dari semua standar … bahkan VR).

Sinkronisasi otomatis adalah hal yang luar biasa ketika Anda memiliki bidikan kamera multi-angle, dan sulit untuk melakukan fine-tune yang benar-benar membuat video Anda menonjol.

Ada juga aplikasi pendamping gratis yang semuanya baru. Seperti – Adobe Premiere Rush – yang memudahkan untuk bekerja dengan rekaman yang direkam di ponsel Anda. Pada saat penulisan artikel ini, tersedia juga untuk iOS, macOS, dan Windows.

02. Final Cut Pro X

Platform: Mac | Key features: Muti-cam editing, intelligent colour balancing | Video tracks: Unlimited | Free trial: 30-day | Best for: Professionals and enthusiasts.

Final Cut Pro X merupakan pilihan terbaik perangkat lunak editing video terbaik untuk OS Mac.

Seperti yang kita ketahui salama ini dengan Apple, editor must-have sangat mudah digunakan dan dikemas dengan fitur yang cukup untuk menjamin tingkat harga (yang memang termasuk tinggi/mahal).

Tools pengelompokan, pilihan efek dan caranya yang mudah sehingga Anda dapat menambahkan dan mengedit audio secara profesional. Jika Anda sudah terjalin dalam ekosistem Apple, Anda akan mulai mearas bagaimana Final Cut secara cerdas melakukan koordinasi dengan koleksi Foto atau iTunes Anda.

03. Adobe Premiere Elements 2019

Platform: Windows and Mac | Key features: Video stabilisation, face detection, automatic motion tracking | Video tracks: Unlimited | Free trial: Yes | Best for: Professionals and enthusiasts.

Adobe membuat terobosan lain dalam daftar video editong software bersama dengan Premiere Elements. Ini merupakan pilihan bagus untuk pemula dan editor yang sudah berpengalaman.

Perangkat editing video ini tidak serumit editor video Premiere Pro kelas berat yang memang cocok untuk editor video full time. Tapi Premiere Elements masih dikemas dengan fitur-fitur luar biasa, seperti deteksi wajah, efek audio, dan paket suara. Dan juga sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula.

Apakah Anda seorang pemula sekalipun atau pro, fungsi-fungsi otomatis – seperti pelacakan gerak dan audio level cerdas – akan membuat Anda jauh lebih mudah dalam melakukan editing.

Premiere Elements hadir dengan semua efek video yang Anda harapkan dalam editor video kelas konsumen: seperti transisi, chroma-key, opacity, dan sebagainya. Penyimpanan media juga dapat diatur secara otomatis, dengan pencarian otomatis yang membuatnya mudah untuk menemukan file.

04. Adobe Premiere Rush

Platform: Android, iOS | Key features: In-app motion graphics, 4K support | Free trial: Free starter plan | Best for: Enthusiasts on mobile.

Editor video yang menggunakan PC sepadan dengan perangkat keras yang digunakan yang memang dirancang untuk editing. Adobe Premiere Rush mengambil semua hal terbaik yang telah disempurnakan Adobe selama bertahun-tahun dan membawanya ke telapak tangan Anda.

Jadi apa yang ditawarkan kepada editor saat bepergian? Sebuah antarmuka pengguna langsung yang akan segera akrab bagi pengguna Premiere Pro atau Elemen. Meliputi : empat trek video; tiga trek audio; ekspor instan yang mudah ke akun media sosial Anda. Tools pengeditan dalam aplikasi. Dan masih banyak lagi.

Anda dapat mencobanya secara gratis dengan Rush Starter Plan, tetapi itu hanya cukup untuk mengekspor tiga video. Untungnya, tidak perlu banyak biaya untuk mengambil versi lengkap dari aplikasi Adobe Premiere Rush di OS iOS atau Android. Saat artikel ini ditulis sudah tersedia Adobe Premiere Rush versi Windows.

05. KineMaster

Platform: Android, iOS | Key features: Instant preview, smart effects | Free trial: Free app | Best for: Beginners and lightweight professional use.

Jika Anda berpikir bahwa mencoba mengedit video di ponsel cerdas atau tablet adalah latihan yang sia-sia, KineMaster akan membuat Anda berpikir lagi. Tersedia untuk perangkat Android, iPhone dan iPad, sepertinya ini merupakan perangkat lunak editing video terbaik untuk Android karena ia melampaui apa yang Anda harapkan dari aplikasi seluler.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengedit beberapa layer video, menambahkan tulisan tangan dan notasi teks, bereksperimen dengan hingga empat trek audio dan secara tepat mengedit pada tingkat frame dan sub-frame.

Anda bahkan bisa melanjutkan dengan fitur-fitur yang lebih banyak, tetapi mungkin dukungan terbaik adalah skor ulasan rata-rata dari App Store dan Google Play. Dan perlu Anda ingat, aplikasi ini gratis.

Jadi mungkin layak untuk mulai mengunduh aplikasi editing video ini dan mencobanya di ponsel Anda.

06. Corel VideoStudio Ultimate 2019

Platform: Windows | Key features: Real-time effects, colour correction | Free trial: 30-day | Best for: Beginners.

Corel VideoStudio Ultimate menawarkan cara hebat dalam mengedit video untuk pemula. Antarmuka yang dirancang dengan baik sangat mudah untuk langsung digunakan, tetapi tidak kekurangan fitur.

Ada pengeditan multi-cam, dukungan video 4K, dukungan video VR 360 derajat, musik library dan cukup banyak efek. Sangat sesuai dan tidak mengecewakan dibanding dengan harganya.

Semakin sering Anda menggunakan VideoStudio Ultimate, semakin Anda akan melihat dan bisa memanfaatkan fitur-fitur kecil dan mengembangkannya.

Ini adalah software pilihan yang bagus untuk pemula, dan memiliki banyak kelebihan untuk video editor yang lebih berpengalaman.

07. Filmora9

Platform: Windows, Mac | Key features: 4k support, built-in effects and titles | Free trial: Free version available | Best for: Enthusiasts.

Filmond9 dari Wondershare adalah tool editing video luar biasa untuk para penggemar, atau Anda yang baru memulai sebagai editor. Antarmuka intuitif sangat memudahkan untuk pemula, dan dengan adanya tilte, efek, dan filter bawaan yang dirancang untuk pemula Youtube.

Ada banyak efek suara dan musik yang bebas royalti untuk menambah dramatis video Anda – plus kemampuan untuk merekam dari media Anda sendiri.

Jika Anda menggunakan tools secara profesional, mungkin Anda akan ingin memilih FilmoraPro yang lebih canggih – dan mulai jelajahi perbedaannya.

Dari segi harga, ada beberapa opsi untuk dipilih. Jika Anda baru memulai, versi gratis mencakup semua fitur dan tools yang sama dengan tools berbayar, tetapi semua video Anda akan memiliki watermark merek.

Selanjutnya Anda dapat memilih antara paket 1 tahun, paket seumur hidup dengan biaya satu kali bayar. Yang terakhir ada paket Unlimited supercharged, yang memberikan akses unduhan tak terbatas dari daftar efek terbaru setiap bulan.

08. CyberLink PowerDirector 17 Ultra

Platform: Windows | Key features: Multi-cam editing, 360-degree video, motion tracking (and loads more) | Free trial: 30-day | Best for: Enthusiasts.

CyberLink PowerDirector adalah perangkat lunak yang luar biasa untuk editor video : ini adalah perangkat lunak penyuntingan video yang luar biasa yang menghadirkan fitur profesional dan berkualitas tinggi, tanpa anggaran tinggi.

Dapatkan cracking pada timeline 100-track dan Anda akan segera mendapatkan yang terbaik dari banyak stabilisasi tools dan koreksi video, efek profesional, pengeditan multi-cam, pelacakan gerak dan secara kemudahan dalam pemangkasan.

Ada pengeditan video 360 derajat juga, bersama dengan dukungan untuk semua standar dan format file yang dapat Anda bayangkan. Dan jika Anda merasa semuanya agak sulit, maka ada banyak tutorial video untuk membantu.

09. Pinnacle Studio 22

Platform: Windows | Key features: Multi-camera capture and editing, color controls, stop motion animation | Free trial: 30-day (money back guarantee) | Best for: Beginners.

Pinnacle Studio 22 layak dipertimbangkan jika Anda belum pernah mengedit video sebelumnya dan ingin mempelajari untuk pertama kalinya. Dengan harga di bawah rata-rata dari yang di atas dan ada masa trial untuk 30 hari pertama.

Yang lebih mengejutkan lagi untuk kisaran $60 / £60, Anda akan mendapatkan lebih dari 1.500 efek, title, dan template, pengeditan video HD 6-track, tools coloring yang praktis, fitur stop-motion khusus, fitur remapping dan masih banyak lagi.

Dan sebagian besar fitur tidak berarti mutlak untuk digunakan. Jadi rasanya seperti langkah nyata dari opsi gratis, tanpa membuang uang dengan sia-sia.

10. Lightworks

Platform: Windows, Linux, Mac OS X | Key features: Almost any format imported natively; outputs directly to YouTube/Vimeo; multicam editing; project sharing for groups | Good for: Slick-looking films.

Lightworks merupakan editor video profesional yang telah lama digunakan pada produksi utama Hollywood  seperti pembuatan film Mission Impossible. Sangat menarik bahwa ada versi gratis yang membuatnya dapat diakses oleh semua orang.

Hebatnya, dalam versi gratis Anda mendapatkan hampir semua fitur. Pembatasan utama untuk versi lisensi gratis adalah format output. Anda hanya dapat mengekspor file yang kompatibel dengan web pada 720p.

Jika Anda ingin mengekspor beberapa proyek ke format lain dengan cukup murah, Anda dapat membeli lisensi satu bulan seharga $24,99 atau £14,99.

Lightworks tidak diragukan lagi sebagai salah satu diantara beberapa perangkat lunak editing video gratis terbaik untuk Windows 10. Timeline yang dirancang luar biasa memungkinkan tingkat kontrol yang tinggi, sehingga Anda dapat memotong dan mencampur klip audio dan video Anda persis seperti yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *