Ziddu Berhenti Membayar Mulai Januari 2012. Ada yang berubah dengan ziddu.com untuk saat ini khususnya nanti mulai Januari 2012. Kemarin sempat login account ziddu. Rencana mau melihat earning namun ada notification yang bikin penasaran dan langsung saya buka. Ternyata notification tersebut adalah seperti di bawah ini :

Ternyata mulai bulan Januari 2012 mendatang Ziddu.com berhenti membayar pengguna nya. Slogan Upload – Share – Earn yang selama ini menjadi ciri khas Ziddu akan berubah menjadi Upload – Share saja. Hal tersebut sudah terbukti pada slogan yang tertulis di bawah logo Ziddu di atas.

Slogan pada logo Ziddu sebelum adanya notification di atas :

Meskipun ziddu berhenti atau tidak membayar pengguna nya mulai januari 2012 nanti, namun pihak penggelola akan tetap membiarkan ziddu.com berfungsi sebagai tempat berbagi-pakai file secara gratis. Berbagai komentar menanggapi kebijakan pengelola ziddu.com tersebut. Banyak yang keberatan, namun banyak juga yang menerimanya. Menurut saya kebijakan ziddu berhenti membayar bisa diterima karena bagi saya pendapatan dari ziddu.com bukanlah hal yang utama. Dapat menyimpan file secara gratis, bisa di download oleh siapapun dan dimanapun, bagi saya sudah merupakan fasilitas yang luar biasa.

Sejak dulu pihak ziddu.com sendiri mengatakan kepada para pengguna bahwa  mereka tidak akan menjanjikan kaya-raya setelah bekerjasama dengan ziddu.com. Earning  0,001 dollar dari ziddu.com untuk file yang ter download oleh setiap unique IP saya anggap sebagai imbal jasa bagi pengguna karena telah ikut menayangkan iklan kepada pengunjung. Dengan tidak lagi membayar pengguna nya mulai januari 2012 sesuai notification di atas, mudah-mudahan ke depan ziddu.com bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada penggunanya khususnya dalam hal Download Speed, mengijinkan pemakaian Download Accelerator dan mengurangi tayangan iklan yang begitu ramai. Rasanya masih sulit untuk beralih dari ziddu.com meskipun mereka berhenti membayar mulai Januari 2012 nanti. Berikut kelebihan ziddu.com menurut saya pribadi :

  1. Pendaftaran gratis. Hanya membutuhkan email aktif.
  2. Unlimited Space.
  3. Tidak ada waktu tunggu bagi pe download. Meskipun kadang ada namun sangat singkat (kurang dari 30 detik). Sangat berbeda dengan situs file-share lainnya yang waktu tunggunya seringkali mencapai beberapa ratus detik.
  4. Mudah sekali digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.
  5. Relatif stabil meskipun masih ada keterbatasan dalam hal kecepatan download.
  6. Aman. Hampir semua file yang saya simpan di ziddu.com belum pernah ada yang dihapus oleh sang admin.
  7. Tidak ada waktu kadaluwarsa bagi file yang tersimpan di ziddu.

Beberapa kalangan menilai, kebijakan Ziddu berhenti membayar mulai Januari 2012 dipicu karena ziddu telah diambang kebangkrutan. Ada juga yang menilainya sebagai awal untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna. Menurut saya yang kedua itulah yang kita harapkan.