Setelah mencoba perdana XL Unlimited di rumah saudara saya di pusat kota dengan modem Sierra 881U dan mendapatkan sinyal 3G yang lumayan kenceng untuk ukuran harga Rp.100.000,- setiap isi ulangnya, kini saya mencoba XL Internet Unlimited tersebut untuk mengakses internet dari rumah saya sendiri yang berjarak kira2 4km apabila ditarik dari pusat kota.

Sempat ketar-ketir juga (bisa apa nggak ya?), soalnya sinyal proXL untuk HP di sini/di dalam rumah hanya 1 s/d 2 bar dan tidak stabil. Langsung saja komputer saya nyalakan dan modem saya tancap, install at&t software dan wah2  ternyata hanya sinyal GPRS 2 bar. Saya coba masuk rumahnya mbah google lancar meskipun lebih lambat dari pada saat terkoneksi 3G maklum hanya sinyal GPRS. Coba browsing lumayan dibandingkan dengan Smart yang pernah saya coba. Coba buka halaman web,  nah2  disini baru terasa sekali lambatnya. Sinyal GPRS sekitar 10 kali lebih lambat dari saat terkoneksi 3G apalagi kalau halamannya mengandung banyak image yang gede2 bisa beberapa menit.

Kalau halamannya hanya artikel kelihatannya lumayan cepet. Lumayanlah XL Internet Unlimited ini kalau untuk browsing2 dan buka2 halaman artikel atau yang ada imagenya tapi kecil2 meskipun hanya sinyal GPRS yang didapat. Saat saya lakukan speedtest hasilnya hanya 23-kbps download dan 5-kbps upload. 5 kali lebih lambat dari pada koneksi 3G bahkan streaming liputan6 SCTV tidak bisa jalan. Sesaat saya amati indikator data trensfer modem pada icon dekstop ternyata sering mati. Sinyal GPRS nya nggak connect. Apakah ini penyebabnya? Setelah saya pikir2 mungkin benar juga lha wong jarak BTS Pro-XL terdekat dari tempat saya kalau nggak salah kira2 3km dan ternyata BTS XL-nya hanya GPRS belum ada fasilitas 3G.

Akhirnya saya mulai berpikir bagaimana Cara Mengoptimalkan Koneksi Internet meskipun yang didapat hanya sinyal GPRS, dengan Cara Menguatkan Penerimaan Sinyal yang hanya 2 bar bisa menjadi 4 bar atau syukur kalu bisa full bar atau Mungkin harus Menggunakan Antena Eksternal atau USB Extender.