Trik Modem Sierra 881u Tanpa Baterai. Sudah lama sekali rasanya saya tidak menulis artikel di blog ini sejak terakhir kali saya posting tanggal 7 Maret kemarin. Sekitar 2 bulan lebih. Sebenarnya tidak ada alasan khusus yang menyebabkan saya tidak “mengurus” blog ini selain “saya sendiri tidak tahu apa penyebabnya”. 2 bulan tidak saya urus blog ini, namun dari sisi pengunjung ternyata masih di atas 1000 new visitor perhari, dan sekali lagi “saya juga tidak tahu apa penyebabnya.”

Baiklah kita lupakan saja masalah di atas. Kali ini saya akan sharing pengalaman trik modem sierra 881u tanpa baterai namun dapat bekerja optimal dan mobile alias bisa dibawa kemana-mana. Anda yang menggunakan modem ini pada suatu saat pasti akan “direpotkan” dengan habisnya masa pakai baterai dari modem tersebut. Direpotkan…, ya,.. karena suku cadang (baterai) nya ternyata sangat2 sulit didapatkan. Seperti yang baru saya alami dimana modem sierra 881u saya tiba-tiba saja baterainya “melendung” dan tidak dapat digunakan lagi. Sebenarnya sudah beberapa kali baterainya melendung dan drop dan beberapa kali saya service dan dapat teratasi. Namun kali ini kayaknya yang terakhir dan tidak dapat diservice. Maklum sudah lebih dari 6 tahun modem ini saya gunakan dan belum sekalipun ganti baterai.

Akhirnya harus ganti baterai juga dan pencarian online-pun dimulai. Namun setelah begitu banyak pencarian on-line ternyata baterai modem ini sangat susah didapatkan. Dari pada modem ini nantinya ngangkrak tidak terpakai, akhirnya saya gunakan Trik “Virtual Baterai” dengan sedikit modifikasi pada bagian dalam modem. Cara tersebut terpaksa saya lakukan setelah saya bongkar dan pelajari cara kerja bagian catu-daya dari modem ini. Fungsi baterai pada modem sierra 881u ternyata adalah sebagai buffer (penyangga) daya saat modem melakukan load data dari dan ke internet. Makanya pada saat baterai rusak atau dilepas, sebenarnya modem ini masih dapat bekerja/terdeteksi oleh PC namun akan sering disconnect akibat asupan daya yang kurang.

 

Modem Sierra 881u Tanpa Baterai tetap Bekerja Optimal

Sebenarnya ada beberapa alternatif untuk mengatasi masalah ini :

  • Pertama : Menggunakan catu-daya eksternal (adaptor) +4,2 VDC dan disuntikkan ke pin Baterai pada Modem –> Cara ini tidak saya lakukan karena sangat tidak efisien dan modem tidak bisa ditutup dan tidak bisa dibawa kemana-mana sehingga tidak efektif.
  • Kedua : Mengganti baterai modem dengan baterai HP –> Cara ini juga tidak saya lakukan karena tidak efisien. Bentuk dan ukuran serta dudukan baterai HP yang tidak sesuai dengan ruang baterai pada modem akan sangat menyulitkan karena modem tidak bisa ditutup.
  • Ketiga : Menggunakan trik Virtual Baterai untuk mengganti baterai yang telah rusak sehingga dengan demikian se akan2 modem tetap menggunakan baterai padahal hanya tiruan saja –> Cara ini telah saya coba dan ternyata berhasil dan aman bagi modem. Dengan menggunakan sedikit rangkaian tambahan modem tetap dapat ditutup dan dapat dibawa kemana-mana.
  • Keempat : Dengan melakukan bypass pada unit charger baterai pada modem –> Cara ini sempat saya praktekkan dan juga berhasil namun ada kelemahan yaitu modem cepat sekali panas. Kelebihan cara ini adalah hampir tidak memerlukan tambahan rangkaian sama sekali.

Dari ke-empat cara di atas pilihan jatuh pada nomor 3 yaitu menggunakan Trik Virtual Baterai. Kekurangan cara ketiga dan keempat adalah harus dilakukan pembongkaran dan penyolderan pada titik-titik tertentu pada bagian dalam modem untuk dipasang rangkaian tambahan. Ada 3 titik yang harus disolder untuk trik kecil di atas. Penyolderan harus dilakukan dengan ekstra hati-hati karena kecilnya ukuran titik yang harus disolder dan resiko yang tinggi karena modem seharga 800 ribu jadi taruhannya.

Akhirnya modem Sierra 881u dapat kembali bekerja optimal tanpa Disconnect dan nyala LED indikator baterai hijau stabil. Dengan cara di atas, tutup modem dapat dipasang sempurna dan modem dapat bekerja dengan baik layaknya menggunakan baterai dan bahkan menurut saya modem lebih dingin dan tidak panas. Cara di atas ternyata dapat mengatasi baterai modem sierra 881u yang sudah rusak. Anda mau mencoba?… saya jamin hasilnya Mak Nyusss…….