Mengatasi The Application Failed to Initialize Properly (0xc0150002). Mungkin Anda pernah mengalami masalah saat setelah melakukan instalasi program tertentu, instalasi program sukses namun begitu dijalankan terjadi error (macet) alias program tidak mau jalan. Beberapa hari yang lalu saya juga mengalami hal tersebut setelah melakukan instalasi sebuah program, dan begitu program saya jalankan muncul pesan seperti di bawah ini :

Awalnya saya sempat bingung mengatasi masalah tersebut namun setelah cari-cari informasi ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan Failed running program tersebut dan ternyata beberapa penyebabnya adalah :

  1. Terjadi missing file msvcr100.dll. Untuk mengatasi hal tersebut kita harus download file tersebut dan meletakkannya pada folder C:\WINDOWS\system32\…. Anda dapat download file msvcr100.dll tersebut disini : http://www.dll-files.com/
  2. Belum ter-install program Microsoft Visual C++ 2008 SP1 (x86) atau Microsoft Visual C++ 2010 SP1 (x86) pada komputer atau laptop kita. Untuk yang satu ini berarti kita harus lakukan instalasi salah satu dari kedua program tersebut.

Langkah pertama mengatasi The Application Failed to Initialize Properly (0xc0150002) adalah lakukan pengecekan file msvcr100.dll, kalau ternyata tidak terjadi missing pada file tersebut berarti, Anda harus melakukan instalasi salah satu dari dua program yang saya sebutkan pada nomor 2 diatas.

Untuk mengecek apakah program Microsoft Visual C++ 2008 SP1 (x86) atau Microsoft Visual C++ 2010 SP1 (x86) sudah ter install pada komputer Anda apa belum, Anda dapat memeriksanya melalui Control Panel –> Add/Remove Program. Setelah yakin salah satu dari program tersebut sudah ter install, maka Anda dapat coba jalankan kembali program yang tadinya tidak mau dijalankan atau mengalami The Application Failed to Initialize Properly (0xc0150002).