Speedtest atau Tes Kecepatan Internet. Mana yang Akurat ?

Beberapa hari terakhir ini saya agak terobsesi dengan hasil dari Speedtest atau Tes Kecepatan Internet. Maklumlah karena di rumah belum terpasang Line Telkom sehingga saya selalu mencoba dan mencoba beberapa layanan internet dari ISP-ISP dengan layanan Wireless atau Aircard modem. Sebelum saya mulai tentang Tes Kecepatan Internet atau speedtest, berikut ini saya coba memaparkan tentang kecepatan akses internet itu apa dan satuannya apa ya?

Kecepatan akses internet ada 2 yaitu Kecepatan Download dan Kecepatan Upload. Kecepatan Download merupakan kecepatan saat kita mengambil data dari server data internet (letak situs tertentu) ke komputer kita, seperti saat kita masuk ke google, browsing, buka2 web, buka2 hosting dsb yang berkaitan dengan pengambilan data. Yang kedua yaitu Kecepatan Upload. Kecepatan Upload merupakan kecepatan saat kita mengirimkan data dari komputer kita ke server. Data tersebut dapat berupa perintah ataupun pengiriman file.

Jadi saat kita Browsing dan membuka halaman Web secara tidak langsung kita sudah melakukan Upload dan Download (Sent dan Received) data, hanya perbandingan data yang kita Download jauh lebih besar daripada data yang kita Upload karena data yang kita upload terbatas pada perintah saja. Seperti saat kita mengetikkan kata kunci pada Browser dan menekan Enter sebenarnya saat itu kita juga sedang melakukan Upload.

Keduanya baik Download maupun Upload memiliki satuan kecepatan transfer data berupa kilo bit per seconds (kbps) atau kilo Bytes per seconds (kBps). Perhatikan perbedaan antara bps dan Bps. b kecil dan B besar. b kecil artinya bit (satuan biner yaitu 0 atau 1 digital). Sedangkan B besar adalah kumpulan bit (satuan data biner yg mewakili satu karakter) yang besarnya 1 B (1 Byte) adalah 8 bit. Sehingga untuk mengubah kbps menjadi kBps, nilai kbps harus kita bagi 8.

  • 1 bit adalah satuan biner berupa 1 digital atau 0 digital (dalam besaran listriknya 1 diwakili oleh 5 volt dan 0 diwakili 0 volt).
  • 1 Byte adalah 8 bit. Sebagai contoh : 10100011 adalah 1 Byte data
  • 1 kilo bit dalam istilah biner yaitu sebanyak 1024 bit atau 128 Bytes data
  • 1 kilo Bytes berarti sama dengan 1024 Bytes data

Saat ini saya menggunakan HP Smart Modem d1200p dan kadang dengan XL-GPRS dengan modem Sierra 881U dan sudah mencoba beberapa situs Test Kecepatan Internet.

Berikut layanan Speedtest atau Tes Kecepatan Internet yang pernah saya coba saat saya menggunakan Modem Smart Haier d1200p :

  • http://www.speedtest.net : Saat menggunakan hp smart modem spt ini bisa tercatat download sampai 80 kbps dan upload 30 kbps… rupanya situs ini sudah mengalami perubahan/perbaikan dari beberapa waktu lalu. Dulu tampilannya dalam kbps sekarang Mbps. Selain itu Tes Kecepatan Internet ini kelihatan sekarang lebih stabil dan akurat khususnya untuk koneksi melalui Wireless (Aircard modem atau Wi-fi LAN). Dulu sebelum ada perubahan, hasil tes rasanya sering gak masuk akal… karena dengan smart d1200p hasil rata2 diatas 250 kbps bahkan kadang2 tembus 800kbps.. Mungkin para pembaca pernah mengalaminya…

  • http://www.speedtest.indosatm2.com : Pada Speedtest ini, Dengan HP smart modem d1200p didapat rata2 130 kbps… dan upload 52 kbps… kalau ini yang terjadi, seharusnya kecepatan smart hampir sama/setara dengan koneksi XL-3G…

  • http://www.sijiwae.net/speedtest : speedtest ini miliknya Telkom.Tbk dan kelihatannya sangat akurat utk Tes Kecepatan Internet yang terkoneksi Telkom Speedy dan Telkomnet Instant yang menggunakan koneksi kabel. Maklum karena termasuk jaringan internal Telkom sendiri. Utk test koneksi wireless dan air-card modem, saya merasa hasilnya lebih rendah daripada yang lain. Apabila Anda menggunakan HP smart modem d1200p biasanya akan didapat rata2 20 s/d 30 kbps kalau lancar saat lambat bisa dibawah 20 kbps.

  • http://www.speedtest.linkstar.co.id : dengan speedtest ini, koneksi smart Haier didapat sekitar 40 kbps utk download atau sekitar 5 kBps dan ini mendekati kenyataan dari hasil tampilan saat kita melakukan download file dengan browser mozilla. Layanan speed test ini cukup memuaskan. dan loadingnya cukup cepat.

Hasil diatas saya peroleh dari beberapa kali tes (5 kali) dan saya ambil yang tertinggi.

Saya pribadi merasa heran dengan hasil speedtest diatas… apakah ini karena menggunakan koneksi Nirkabel/Aircard modem… karena dengan koneksi Speedy, semua situs Tes Kecepatan Internet tersebut memberikan hasil yang hampir sama (setara) tetapi untuk koneksi Wireless kok hasilnya berbeda-beda dan terpaut cukup jauh…? mungkin ada yang bisa kasih saya penjelasan…

Download Software Speedtest Free

Selain dengan Speedtest Online seperti di atas dapat juga dengan Software Speedtest. Berikut ini Software praktis yang dapat digunakan untuk mengetahui Bandwidth/Kecepatan Koneksi Internet Anda dengan Sangat Akurat. Dengan software ini Anda dapat memilih dengan Server mana Anda akan melakukan Test Koneksi.

Mungkin Anda (khususnya yang menggunakan koneksi Wireless/Aircard Modem) bisa mencoba situs2 lain yang menyediakan jasa speedtest koneksi internet, tapi jangan sampai kita terlalu terpaku dengan hasil yang ditampilkan saat kita melakukan Tes Kecepatan Internet,  tapi cobalah diamati dengan seksama dan bandingkan dengan saat kita browsing atau download file karena menurut saya kecepatan saat download file itulah kecepatan yang sebenarnya.

12 thoughts on “Speedtest atau Tes Kecepatan Internet. Mana yang Akurat ?

  1. Permisi, Saya Dede Priatna, Mau tanya kalo kita internetan dgn D 1200 p di dalam ruangan dan luar ruangan memperngaruhi kecepatan berinternetan g? truz klo hpya di taruh di atas genting akan mempercepat proses ber internet g ?’ Saya Maumrintis warnet nh, walau dengan uang pas-pasan. klo 1 hp bwt 2 komputer bisa g? trz kecepatannya gmana?

    di dlm ruang gak masalah… yg penting sinyalnya penuh…
    rasanya d1200p gak kuat buat warnet….

  2. Maaf nambah lagi pertanyaannya: Saya minta di kirimin software billing donk! tapi yang freeware, yang sederhana aja yang penting bisa ngitung harga. hp smart H 1200 p klo di pake teru jd cpet rusak gk?

    sementara sy blum ada software billing… browsing aja di google… pasti nemu…
    utk smart d1200p rasanya gak bisa klu buat warnet… entar gak ada yg Rental… gak ada yg nyewa… soalnya luambat polll utk download…

  3. Kalo Mau Cepet Internetan Pake Smart D1200P,Cara nya:
    Cara Meningkatkan Peforma Internet Dial-Up,caranya:
    -Sebelum Terhubung Dengan Internet,Masuk Ke:
    1.Click “Start”=> “Control Panel”
    2.(Mode Classic View)Click “System”
    Tip:Dapat Di Akses Dari:
    *Click Kanan “My Computer”
    * “Pilih Hardware”=>“Device Manager”
    3.Masuk Ke Modem (Pastikan Hanya Ada 1,Jika 2,Lepas Salah 1)
    Click Kanan“Properties”
    4.Pilih “Diagnostic”=>“Query Modem”
    Tip:Computer Akan Berkomunikasi Dengan Modem Akan Terjadi 2
    Kemungkinan:
    >Akan Muncul Pada Kotak Hasil Jika Salah 1 Perintah Terdapat
    Tulisan “Sucssess” Maka Pasti Jika Mencoba Koneksi Ke Internet
    Akan Berhasil Dan Kemungkinan Cepat
    >Akan Muncul Tulisan“Modem Not Responding” Atau Muncul
    Tulisan Window Eror Kemungkinan Anda Akan Sulit
    Menghubungkan Ke Internet.
    Cara Mengatasi Hal Tersebut Adalah:
    }Matikan Modem Lalu Hidupkan Keadaan Kabel Data Terlepas
    }Merstart Komputer
    }Jika Masih Terjadi Hal Ini?,Install Ulang Driver
    5.Masuk“Device Manager”=>“Ports (COM&LPT)”=>“Communication
    Ports” Properties (Double Clck)
    6.Masuk Ke“Port Settings”=>“Bits Per Second” Buat Angkanya
    “128000”
    7.Masuk Ke“Network Connection” Dengan Me-Click Di Tray Taskbar
    8. Masuk Properties Settings Dial-Up Yang Di Gunakan
    9Click Configure
    10.Buat Angka“Maksimum Speed (bps)” Menjadi“921600”
    11.Pasti Anda Akan Dapat Menyambung Ke Internet Dengan Cepat
    -Mendaftar Di OpenDns,Sebelum Koneksi Internet Dan Daftar,Set
    DNS:
    Primary: 208.67.222.222
    Alternate: 208.67.220.220
    -Download SpeedNetBooster
    -Download GoogleWebAccelerator
    -Download Speed Connect

    tank’s tips nya… mudah2an bermanfaat buat semua….

  4. Oh Ya,soal jawaban tentang hasil yg berbeda-beda adalah ada beberapa faktor:
    1.jarak lokasi yg berbeda,coba bandingkan saja,melakukan koneksi internet di
    dekat lokasi speedtest atau menara sinyal dari pada jauh dari lokasi
    speedtest dan menara sinyal
    2.sinyal yg tidak stabil membuat data masuk dan keluar terganggu
    3.Tidak Memakai Install Driver Yang Original dan terbaru
    4.Kesalahan setting IP akan berpengaruh walaupun belum daftar di
    OpenDNS,walaupun IP tidak di reject akan berpengaruh pada
    Kecepatan Internet dan modem,jika pakai local connection,
    memang berpengaruh,tetapi sedikit dan sulit untuk di bedakan karena
    kecepatannya sudah cepat.
    5.tapi dari semua itu yang paling berpengaruh adalah
    modem menggalami masalah komunikasi dengan komputer,cara
    mencegahnya,query modem dulusebelum koneksi ke internet,
    cara query modem sudah saya posting lihat aja di atas

  5. kalo saya pake Mobile 8 untuk mengukur kecepatan internet,
    kalo pake speedtest hasilnya kadang nggak begitu akurat

  6. saya mau tanya ?

    alat untuk mengukur kecepatan internet selan memakai software, ada tidak yaa? kalau ada apa sih nama alatnya. trima kasih

  7. saya memakai modem venus vt28 , + cardny flexi , apa ngefek itu solusi yang di berikan oleh chrono ??

  8. nice info,saya juga pake modem venus fast 2 denagn kartu flexy cukup lumayan cepat.Selain itu saya pake modemm speedup 7100 dengan kartu flexy juga lumayan ok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *