Beberapa hari terakhir ini saya agak terobsesi dengan hasil dari Speedtest atau Tes Kecepatan Internet. Maklumlah karena di rumah belum terpasang Line Telkom sehingga saya selalu mencoba dan mencoba beberapa layanan internet dari ISP-ISP dengan layanan Wireless atau Aircard modem. Sebelum saya mulai tentang Tes Kecepatan Internet atau speedtest, berikut ini saya coba memaparkan tentang kecepatan akses internet itu apa dan satuannya apa ya?

Kecepatan akses internet ada 2 yaitu Kecepatan Download dan Kecepatan Upload. Kecepatan Download merupakan kecepatan saat kita mengambil data dari server data internet (letak situs tertentu) ke komputer kita, seperti saat kita masuk ke google, browsing, buka2 web, buka2 hosting dsb yang berkaitan dengan pengambilan data. Yang kedua yaitu Kecepatan Upload. Kecepatan Upload merupakan kecepatan saat kita mengirimkan data dari komputer kita ke server. Data tersebut dapat berupa perintah ataupun pengiriman file.

Jadi saat kita Browsing dan membuka halaman Web secara tidak langsung kita sudah melakukan Upload dan Download (Sent dan Received) data, hanya perbandingan data yang kita Download jauh lebih besar daripada data yang kita Upload karena data yang kita upload terbatas pada perintah saja. Seperti saat kita mengetikkan kata kunci pada Browser dan menekan Enter sebenarnya saat itu kita juga sedang melakukan Upload.

Keduanya baik Download maupun Upload memiliki satuan kecepatan transfer data berupa kilo bit per seconds (kbps) atau kilo Bytes per seconds (kBps). Perhatikan perbedaan antara bps dan Bps. b kecil dan B besar. b kecil artinya bit (satuan biner yaitu 0 atau 1 digital). Sedangkan B besar adalah kumpulan bit (satuan data biner yg mewakili satu karakter) yang besarnya 1 B (1 Byte) adalah 8 bit. Sehingga untuk mengubah kbps menjadi kBps, nilai kbps harus kita bagi 8.

  • 1 bit adalah satuan biner berupa 1 digital atau 0 digital (dalam besaran listriknya 1 diwakili oleh 5 volt dan 0 diwakili 0 volt).
  • 1 Byte adalah 8 bit. Sebagai contoh : 10100011 adalah 1 Byte data
  • 1 kilo bit dalam istilah biner yaitu sebanyak 1024 bit atau 128 Bytes data
  • 1 kilo Bytes berarti sama dengan 1024 Bytes data

Saat ini saya menggunakan HP Smart Modem d1200p dan kadang dengan XL-GPRS dengan modem Sierra 881U dan sudah mencoba beberapa situs Test Kecepatan Internet.

Berikut layanan Speedtest atau Tes Kecepatan Internet yang pernah saya coba saat saya menggunakan Modem Smart Haier d1200p :

  • http://www.speedtest.net : Saat menggunakan hp smart modem spt ini bisa tercatat download sampai 80 kbps dan upload 30 kbps… rupanya situs ini sudah mengalami perubahan/perbaikan dari beberapa waktu lalu. Dulu tampilannya dalam kbps sekarang Mbps. Selain itu Tes Kecepatan Internet ini kelihatan sekarang lebih stabil dan akurat khususnya untuk koneksi melalui Wireless (Aircard modem atau Wi-fi LAN). Dulu sebelum ada perubahan, hasil tes rasanya sering gak masuk akal… karena dengan smart d1200p hasil rata2 diatas 250 kbps bahkan kadang2 tembus 800kbps.. Mungkin para pembaca pernah mengalaminya…

  • http://www.speedtest.indosatm2.com : Pada Speedtest ini, Dengan HP smart modem d1200p didapat rata2 130 kbps… dan upload 52 kbps… kalau ini yang terjadi, seharusnya kecepatan smart hampir sama/setara dengan koneksi XL-3G…

  • http://www.sijiwae.net/speedtest : speedtest ini miliknya Telkom.Tbk dan kelihatannya sangat akurat utk Tes Kecepatan Internet yang terkoneksi Telkom Speedy dan Telkomnet Instant yang menggunakan koneksi kabel. Maklum karena termasuk jaringan internal Telkom sendiri. Utk test koneksi wireless dan air-card modem, saya merasa hasilnya lebih rendah daripada yang lain. Apabila Anda menggunakan HP smart modem d1200p biasanya akan didapat rata2 20 s/d 30 kbps kalau lancar saat lambat bisa dibawah 20 kbps.

  • http://www.speedtest.linkstar.co.id : dengan speedtest ini, koneksi smart Haier didapat sekitar 40 kbps utk download atau sekitar 5 kBps dan ini mendekati kenyataan dari hasil tampilan saat kita melakukan download file dengan browser mozilla. Layanan speed test ini cukup memuaskan. dan loadingnya cukup cepat.

Hasil diatas saya peroleh dari beberapa kali tes (5 kali) dan saya ambil yang tertinggi.

Saya pribadi merasa heran dengan hasil speedtest diatas… apakah ini karena menggunakan koneksi Nirkabel/Aircard modem… karena dengan koneksi Speedy, semua situs Tes Kecepatan Internet tersebut memberikan hasil yang hampir sama (setara) tetapi untuk koneksi Wireless kok hasilnya berbeda-beda dan terpaut cukup jauh…? mungkin ada yang bisa kasih saya penjelasan…

Download Software Speedtest Free

Selain dengan Speedtest Online seperti di atas dapat juga dengan Software Speedtest. Berikut ini Software praktis yang dapat digunakan untuk mengetahui Bandwidth/Kecepatan Koneksi Internet Anda dengan Sangat Akurat. Dengan software ini Anda dapat memilih dengan Server mana Anda akan melakukan Test Koneksi.

Mungkin Anda (khususnya yang menggunakan koneksi Wireless/Aircard Modem) bisa mencoba situs2 lain yang menyediakan jasa speedtest koneksi internet, tapi jangan sampai kita terlalu terpaku dengan hasil yang ditampilkan saat kita melakukan Tes Kecepatan Internet,  tapi cobalah diamati dengan seksama dan bandingkan dengan saat kita browsing atau download file karena menurut saya kecepatan saat download file itulah kecepatan yang sebenarnya.