Skema Switching Power Supply Variabel 0 – 25V 10 Ampere. L4970A adalah IC daya monolitik stepdown switching regulator yang dapat memberikan arus keluaran 10A pada tegangan variabel mulai dari 5,1 sampai dengan 40V.dan berisi diagnostik dan fungsi kontrol yang membuatnya sangat cocok untuk sistem berbasis mikroprosesor. Dibuat dengan dengan teknologi campuran BCD, dengan menggunakan komponen DMOS Transistor sebagai output sehingga diperoleh efisiensi yang sangat tinggi dan menangani waktu switching yang sangat cepat.

Berikut ini fitur dari L4970A diantaranya adalah :

  • Arus keluaran 10 Ampere kontinyu
  • Jangkauan tegangan keluaran 5.1V sampai dengan 40 V
  • Siklus Kerja 0 sampai dengan 90%
  • Dilengkapi pembatas arus internal
  • Dilengkapi sistem reset jika terjadi gagal fungsi daya
  • Arus start Input dan Output
  • PWM latch untuk setiap satu periode
  • Mampu beroperasi pada frekuensi switching hingga 500 kHz
  • Dilengkapi dengan Thermal Shutdown pada suhu kritis 150 derajat
  • Mampu beroperasi secara terus-menerus

Diantara keuntungan penggunaan skema rangkaian power supply switching adalah sangat memungkinkan pengurangan nilai/ukuran dan biaya komponen filter eksternal (output) pada perata arus. Catu-daya ini bekerja pada frekuensi switching sekitar 40 kHz sehingga filter (perata arus) pada bagian keluaran cukup menggunakan kapasitor kecil sehingga menghemat pembuatan filter. Selain itu chip L4970A pada bagian dalamnya dilengkapi dengan perlindungan-menonaktifkan operasi sirkuit sistem termal yang akan aktif  ketika suhu persimpangan mencapai sekitar 150° C dan memiliki hysterysis untuk mencegah kondisi yang tidak stabil.

Masukan AC 220 V diturunkan menggunakan transformator daya step-down menjadi dua buah tegangan masing-masing 28 V (10 Ampere) dan 8 V (relatif). Kemudian tegangan 28 V disearahkan secara penuh dengan 4 deoda dan 2x kapasitor 3300uF. Tegangan yang dihasilkan pada kapasitor ini sekitar 40 Vdc dan selanjutnya di switch oleh Chip L4970A pada frekuensi 40 kHz. Karena frekuensi switching yang cukup tinggi (40 kHz) maka digunakan sistem filter output berupa LC yang dibentuk oleh induktor 150 uH yang dapat dibuat menggunakan kawat email penampang 1,5 mm pada inti toroid sebanyak 45 lilit dan sebuah kapasitor kecil 220 uF. Pengaturan tegangan keluaran switching power supply di atas dilakukan dengan memutar tuas Potensio 18 kOhm. Pada penggunaan optimal dengan arus keluaran yang mencapai 10 Ampere secara terus-menerus akan menghasilkan desipasi daya yang cukup besar pada Chip Monolitik ini, sehingga harus dipasang sirip/plat pendingin alumunium yang cukup luas dan tebal untuk membuang panas yang ditimbulkan.