Skema Rangkaian Water Level Control (WLC)

Water Level Control. Ada banyak sekali versi Water Level Control yang ada disekitar kita, mulai yang mekanik (sistem pelampung) dan yang menggunakan Rangkaian Elektronik. Kali ini akan saya share Rangkaian Electronics WLC yang menggunakan beberapa Komponen sederhana yang umum ada di pasaran.

Electronics Water Level Control ini sebenarnya sekedar pengembangan dan revisi dari yang sudah ada sebelumnya. Dibangun menggunakan 2 buah Transistor 2SC1815 sebagai penguat sensor menggerakkan 3 buah NAND Gate MC14093 dari Motorola atau CD4093 yang membentuk sebuah RS Flip-Flop dan sebuah Inverter. Sebuah  penyangga BD139 digunakan untuk menggerakkan Relay 8 Pin yang berfungsi sebagai Saklar Pompa Air. 2 buah LED untuk Indikator Aktif Rangkaian dan Aktif Relay (Pompa ON – OFF).

Proses pembuatan PCB untuk rangkaian Water Level Control bisa dilakukan dengan cara manual maupun dengan bantuan komputer. Bisa dibaca di Cara Praktis Membuat PCB. Pembuatan gambar jalur PCB menggunakan komputer dapat dilakukan dengan bantuan Software PCB Designer 1.54.

Skema Lengkap Rangkaian WLC :

Cukup sederhana begitu juga cara kerjanya. Dirakit pada PCB ukuran 10cm x 7,5cm yang menampung sekaligus dengan rangkaian catu-daya nya. Gambar Jalur PCB dan Tata Letak Komponen serta Cara Pembuatan Sensor dari Rangkaian Water Level Control diatas dapat Anda dapatkan di bawah ini :

Download Gambar Jalur PCB – Tata Letak Komponen – Sensor WLC

Pemasangan Arde (pentanahan) pada Rangkaian Water Level Control (WLC) sangat dianjurkan untuk menjaga keamanan dari kemungkinan hubung singkat Kumparan Primer dan Sekunder apabila terjadi kerusakan pada Transformator pen Catu Daya.

19 thoughts on “Skema Rangkaian Water Level Control (WLC)

  1. Maaf kang ada beberapa pertanyaan dari saya , kebetulan sy lagi buat semacam miniatur level kontrol air 0-100% skala /10% ,pertanyaannya :
    …. Saat air sumber habis apakah ada semacam kontrol pompa yg automatis mati (pompa tdk jalan saat air habis)….??

    sangat bisa untuk dibuat, tinggal ditambah sedikit rangkaian pada kontrolnya…

  2. mau nanya gan, ane dh buat ni wlc, tpi knapa kok mesin jadi terbalik hidupnya gan..
    pas air penuh baru mesinnya hidup gan..

    brarti ada yg salah pada pemasangan ke relay, gunakan posisi saklar pompa saat relay NO (Normaly Open)

  3. Gan mw tanya, saya udah membuat wlc ini tp pada saat saya tes yg terjadi malah terbalik, saat semua sensor terhubung ( semua kabel sensor kena air atau air penuh) mesin malah hidup sedangkan ketika sensor tidak terhbung ( air kosong atau level air pada sensor kabel paling bawah) mesin mati. Mohon penjelasannya gan, apakah di rileynya saya salah ataw gmana?

    brarti ada yg salah pada pemasangan ke relay, gunakan posisi saklar pompa saat relay NO (Normaly Open)

  4. Permisi gan saya ada tugas nih, bikin wlc. Mau tanya Gan itu relay nya emg pake 8pin? Kalo saya liat kok kayak pake 5pin aja ya gan? Mohon pencerahannya gan.

    utk relay sebenarnya cukup butuh 5 pin… 2 pin utk arus induktor, yg 3 pin utk kontaktornya IN-NO atau IN-NC…

  5. mas gimana kalo pompanya ga nyala padahal sudah disambungkan ke relay ? terima kasih

    mgkn cara nyambungnya yg salah…atau relay tdk bekerja…cek dulu pastikan rangkaian dan relay bekerja sempurna…jangan salah menyambung kabel saklar pompa ke relay…

  6. Mas, itu kabel dari switch pompa ada 2, masuk ke anak kontak NO atau NC ? dan sumber dari PLN masuk ke anak kontak relay yang mana ? Terima kasih ^.^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *