Pemancar Mini AM Kristal 3,5 MHz. Berikut saya share rangkaian pemancar mini AM dengan menggunakan kristal sebagai genarator frekuensinya atau osilatornya. Rangkaiannya sangat sederhana dengan cukup beberapa komponen yang digunakan dan banyak terdapat di pasaran.

Rangkaian pemancar mini AM ini sangat cocok bagi pemula yang ingin ber eksperimen dengan pemancar khususnya pemancar AM. Dibangun menggunakan komponen yang terbilang sangat sedikit namun dapat menjangkau jarak yang cukup jauh hingga beberapa KM meskipun dengan antena yang apa adanya. Berikut skema Mini AM Transmitter :

Skema pemancar Mini AM di atas bekerja pada frekuensi 3,58 MHz atau pada panjang gelombang 80 meter sesuai dengan kristal yang terpasang. Nilai efektif dari kristal dapat diganti dengan frekuensi mulai 1 MHz s/d 7 MHz. Menggunakan catu daya 9 Vdc teregulasi dengan konsumsi arus yang tidak lebih dari 250 mA. Pemakaian PCB tidak begitu kritis dan dapat dirakit pada PCB dot matrik. Sinyal audio diumpankan melalui sisi 2 pin pada transformator modulasi OT 240 yang biasa digunakan pada radio AM superheterodyne. Daya sinyal audio berkisar 2 Watt dapat diperoleh dengan menggunakan mini audio power amplifier untuk menghasilkan modulasi yang baik.

Ukuran antena tidak begitu kritis. Ideal antena untuk pemancar mini AM kristal di atas harusnya minimal 2 x 1/4 lamda atau sekitar 20 meter untuk masing-masing sisi. Namun dengan antena seadanya (kurang dari ukuran ideal) kita bisa mendapatkan jangkauan yang cukup jauh.