Salah satu bagian penting dari sebuah pemancar FM adalah osilator atau oscillator. Rangkaian ini berfungsi untuk membangkitkan getaran listrik frekuensi tinggi (VHF) sebagai penggerak dalam sistem pemancar. Banyak jenis dari osilator pemancar FM ditinjau dari komponen utama yang digunakan yaitu transistor bipolar dan FET atau MOSFET.

Berikut saya share skema rangkaian osilator pemancar FM dengan komponen utama FET (Field Effect Transistor). Skema osilator ini sudah saya terapkan pada pemancar FM dengan PLL yang pernah saya tulis pada artikel Membuat PLL Pemancar FM Stereo 25 Watt :

Komponen utama dari rangkaian osilator pemancar FM di atas adalah sebuah FET SK192 dengan rangkaian modulator FM dari Deoda Varaktor MV2109. Untuk membuat rangkaian di atas sebaiknya Anda gunakan frekuensi counter untuk  mempermudah pengujiannya. Dilengkapi dengan penguat TTL yang dapat Anda hubungkan langsung dengan rangkaian PLL pada bagian prescaler serta masukan dari pembanding fasa (Phase Detector).

Skema rangkaian di atas sudah saya terapkan pada PLL FM masukan stereo dari multiplexer dengan hasil cukup memuaskan.  Sebaiknya PCB dibuat menggunakan bahan fiber PCB double layer untuk menjamin hasil oscillator FM yang baik. Jalur PCB dapat Anda buat dengan bantuan software PCB Designer. Anda dapat download melalui link di bawah ini :

Download PCB Designer 1.45

Rangkaian osilator pemancar FM di atas memiliki daya sinyal keluaran yang masih sangat kecil sekitar 200 mW. Untuk menguatkannya Anda dapat menggunakan Booster pemancar FM 25 Watt yang skema nya mudah-mudahan dapat segera saya Upload.