Skema Inverter DC to AC 220V 200 Watt

Skema Inverter DC to AC 220V 200 Watt. Berikut ini saya share skema rangkaian inverter dc to ac 220 volt 200 watt. Skema ini merupakan pemberian seseorang dan sudah dipraktekkan dengan hasil yang katanya cukup memuaskan. Rangkaiannya cukup sederhana dengan komponen yang banyak tersedia di pasaran. Berikut ini skema nya:

Komponen utama dari rangkaian inverter dc ke ac 220 volt 100 watt di atas adalah IC Mosfet CD4047 yang berfungsi sebagai pembangkit flip-flop untuk menggerakkan atau memicu MOSFET IRF540 secara bergantian yang terpasang pada kumparan primer transformator sehingga menghasilkan tegangan dan daya induksi pada kumparan sekunder. Kecepatan kerja flip-flop sebagai pemicu diatur menggunakan Variable Resistor R6 1K untuk menghasilkan frekuensi sekitar 50Hz sesuai dengan frekuensi jala-jala listrik.

Pada skema rangkaian inverter dc to ac di atas, daya keluaran juga ditentukan oleh arus accu yang digunakan. Dengan arus accu seperti skema di atas dapat dihasilkan daya output lebih dari 100 Watt. Untuk daya keluaran di atas itu (sekitar 200 Watt), dapat digunakan accu yang lebih besar (2 kali) dan menambah transistor MOSFET masing-masing sisi menjadi 2 buah dengan cara paralel dengan menambah juga resistor R3, R4 220 Ohm. Transformator yang digunakan pada skema di atas adalah 5 Ampere. Untuk daya yang lebih besar, selain harus dilakukan penambahan transistor MOSFET juga harus digunakan transformator dengan kapasitas yang lebih besar (di atas 5 Ampere).

14 thoughts on “Skema Inverter DC to AC 220V 200 Watt

  1. kapasitor diparalel lilitan sekunder apa tidak membuat short circuit saat dialiri listrik ac?

  2. assalam
    saya sudah bikin rangkaian diatas, saya paralelkan mosfetnya 4 pasang, jdi make 8 mosfet.
    pertanyaan saya berapa ampere trafo n aki yang harus saya pake supaya keluaranya maksimal??
    mohon bagi ilmunya agan-agan
    terimakasih
    wassalam

  3. mas, saya sudah buat rangkaian ini, tapi kok mosfetnya panas kali ya, dan gak ada keluaran dari trafo..
    saya sudah periksa jalurnya saya kira gak ada yang salah,

  4. saya mau membuat panel surya, nah aliran lsitrik yang dihasilkan kan berbentuk DC, bener gx? setelah itu karena alira listriknya kecil mau digedein menggunakan trafo gmn? agar aliran listriknya gede. menggunakan travo 220 volt bisa nggx?

    bisa, energi dr panel surya disimpan dulu dlm accu 12 volt kemudian diubah ke AC menggunakan inverter seperti di atas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *