Skema Generator Sinus IC CMOS NAND. Ada berbagai cara untuk membangkitkan sinyal sinus diantaranya dengan menggunakan IC digital. Dengan sebuah gerbang NAND dari IC CMOS 4011 dapat diwujudkan suatu generator sinus, yang dapat dipakai untuk menghasilkan gelombang sinus dengan frekuensi 0,1 Hz sampai dengan 100 kHz. Hal ini tentunya sangat penting dan bermanfaat untuk pengujian-pengujian rangkaian elektronika yang membutuhkan sinyal uji sinus.

Pada diagram di bawah ini menggambarkan sebuah gerbang NAND, yang jumlahnya ada empat dalam sebuah IC CD4011. Masukan-masukannya dikopelkan bersama dan dengan R3 dan R4 diletakkan di tengah potensial catu-daya. Syarat pertama adalah R3 dan R4 harus sama nilainya. Selanjutnya, untuk osilator ini, nilai-nilai yang diperbolehkan untuk R1 sampai dengan R4 adalah minimum 100 k Ohm dan maksimum 10 M Ohm. Nilai resistor lebih besar dari 10 M Ohm akan menghasilkan tegangan dengung pada isyarat osilator.

Skema Generator Sinus CMOS CD4011

Kondensator C1 sampai dengan C3 yang bertanggung jawab atas geseran fasa dapat digunakan nilai minimum 470 pF dan maksimum 1 uF (bukan kondensator elektrolit). Untuk hitungan frekuensi osilator berlaku hal yang sama seperti pada osilator RC yang sudah dikenal. Dalam hitungan ini harus diperhatikan bahwa R3 dan R4 berada dalam posisi jajar sebagai impedansi sedangkan impedansi masukan sendiri dari gerbang diabaikan.

Untuk membuat rangkaian agar dapat berosilasi maka P1 harus disetel sedemikian rupa sehingga keluaran gerbang terletak di separuh tegangan catu. Nilai untuk P1 bergantung dan dipengaruhi beban (maksimum 0,5 mA). Sebagai aturan praktis dapat dipakai bahwa nilai resistansi total dari P1 kira-kira adalah 1/4 beban. Dengan nilai-nilai yang diberikan pada rangkaian di atas maka frekuensi keluarannya kira-kira dalam kisaran 200 Hz. Sebuah penguat sangat mungkin diperlukan sekaligus untuk menyangga keluaran dari gerbang agar terhindar dari pengaruh pembebanan ke rangkaian berikutnya.