PHP Editor Gratis | Cara Mudah Editing PHP. Untuk melakukan editing file PHP terkadang kita kesulitan dan sangat ribet khususnya apabila kita melakukan editing menggunakan teks editor standar seperti Notepad atau Wordpad bawaan dari OS Windows. Kali ini saya akan mencoba share software free PHP editor yang dapat memudahkan kita dalam editing PHP.

Sangat banyak program editor PHP yang dapat kita download namun rata-rata mereka merupakan software berbayar. Sebenarnya ada juga beberapa yang gratis dan cukup layak digunakan bahkan lebih dari cukup untuk melakukan editing file PHP. Beberapa program PHP Editor gratis sebagai cara mudah editing file PHP tersebut adalah :

Notepad++

Merupakan program PHP editor yang sepertinya paling populer digunakan. Hal tersebut sepertinya karena dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap yaitu :

  • Syntax Highlighting and Syntax Folding
  • User Defined Syntax Highlighting and Folding
  • PCRE (Perl Compatible Regular Expression) Search/Replace
  • Document Map
  • Auto-completion
  • Multi-Document (Tab interface)
  • Multi-View
  • WYSIWYG (Printing)
  •  Zoom in and zoom out
  • Multi-Language environment supported
  • Bookmark
  • Macro recording and playback

Download Notepad++    (3,18 MB)

PSPad

Program ini menawarkan instalasi yang sangat mudah. PSPad dapat segera eigunakan tanpa membutuhkan kostumisasi. PHP Editor gratis sebagai cara mudah editing file PHP ini mendukung banyak jenis file dan bahasa dan dilengkapi syntaks highlight. Didukung dengan Editor HEX, Project, FTP Client, Macro Recorder, File Search, Code Explorer, Kode konversi halama. Hal tersebut hanya beberapa dari banyak fitur yang PSPad tawarkan. Editor PSPad diuji di laboratorium Softpedia. Softpedia menjamin bahwa PSPad adalah 100% GRATIS, yang berarti itu adalah produk freeware (baik untuk penggunaan pribadi dan komersial) yang tidak mengandung bentuk malware.

Download PSPad     (2,7 MB)

Eclipse PDT

Proyek Eclipse awalnya diciptakan oleh IBM pada bulan November 2001 dan didukung oleh konsorsium vendor perangkat lunak. Eclipse Foundation telah dibuat pada Januari 2004 sebagai sebuah perusahaan non-profit independen untuk bertindak sebagai pelayan masyarakat Eclipse. Perusahaan non-profit independen diciptakan untuk memungkinkan vendor netral dan terbuka, masyarakat transparan yang akan didirikan di sekitar Eclipse. Saat ini komunitas Eclipse terdiri dari individu dan organisasi dari pengembang industri perangkat lunak.

Mungkin Eclipse PDT juga merupakan salah satu program PHP editor gratis sebagai cara mudah editing PHP yang didukung oleh file repositories sehingga kita harus mendownload file-file dependensi nya secara menyeluruh supaya program dapat diinstall dan bekerja secara optimal. Semacam Linux lah kalau pada OS.

Download Eclipse PDT     (140 MB) plus semua file repositories

Komodo Edit

Merupakan versi gratis dari versi lengkap yang berbayar. Komodo Edit menawarkan standar minimal fitur bagi para programmer untuk menggunakan program ini. Fitur-fitur tambahan yang akan membuat software PHP Editor gratis sebagai cara mudah editing file PHP ini dapat bekerja secara maksimal dapat diperoleh dalam versi yang berbayar. Komodo Edit adalah editor kode yang cepat, cerdas, bebas dan open source. Editing kode program memang cukup sulit tetapi Komodo Edit memberikan solusi gratis dari turunan program yang lebih besar yaitu Komodo IDE.

Komodo Edit support untuk OS Windows, Mac, dan Linux, serta mendukung untuk kode PHP, Python, Ruby, JavaScript, Perl, Tcl, XML, HTML 5, dan CSS 3 dengan sintaks highlight, pengecekan latar belakang sintaks, dan fiture autocalltips untuk mengingatkan kita tentang variabel apa yang harus dimasukkan dalam fungsi tertentu. Selain itu program ini sangat cepat dibuka (tidak lebih lambat dari membuka sebuah file).

Download Komodo Edit   (34 MB)

Con Text Editor

Sangat ringan digunakan. Saat diinstal ada opsi untuk menggantikan notepad, jadi tak perlu repot ngaduk-aduk registry. PHP Editor gratis free download ini memiliki compiler output parser yang akan menunjukkan posisi mana jika ada  sintaks yang salah. Juga memiliki command line handler yang jarang dimiliki program sejenis.

Bahasa yang didukung :

C#, C/C++, Delphi/Pascal, Java, Java Script, Visual Basic, Perl/CGI, HTML, CSS, SQL, FoxPro, 80×86 assembler, Python, PHP, Tcl/Tk, XML, Fortran, Foxpro, dan InnoSetup. Tersedia dalam 2 versi, yaitu versi Desktop dan versi Portable. Masing-masing versi memiliki fiture yang sama hanya dalam ukuran file yang berbeda.

Download Con Text Editor      (1,57 MB versi Desktop dan 2,06 MB versi Berbayar)

Semua program PHP Editor gratis di atas dilengkapi fiture syntaks highlight. Tidak ada yang paling baik karena masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, tinggal Anda putuskan sendiri untuk menggunakan yang mana. Kalau saya pribadi menggunakan Notepad++ untuk Editing PHP karena sepertinya itu yang cocok buat saya.