Pengertian Gambar Bitmap dan Vektor. Dalam dunia grafis, dikenal beberapa aplikasi pengolah gambar digital yang dapat kita gunakan. Setidaknya ada dua macam tipe gambar yang dapat dihasilkan dari proses digital, yaitu gambar yang berbasis vektor dan gambar yang berbasis bitmap. Kedua macam tipe gambar ini harus dapat kita bedakan karena masing-masing mempunyai manfaat yang berbeda tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Pengertian Gambar Bitmap

Merupakan gambar yang dibentuk oleh sekumpulan titik yang disebut pixel (picture element) atau, bitmap adalah gambar yang disimpan sebagai sekumpulan pixel yang bersesuaian dengan grid dari titik-titik pada layar monitor. Pada gambar tipe bitmap ini kita dapat bayangkan titik-titik yang relatif berdekatan dengan pola tertentu akan terlihat sebagai sebuah gambar secara utuh (satu kesatuan) apabila kita melihatnya dari jauh. Jika kita lakukan pembesaran pada bagian tertentu pada gambar, maka kita akan melihat sederetan kotak yang berhimpitan dengan arah vertikal horisontal.

Gambar Bitmap

Banyaknya jumlah titik dalam satuan luas tertentu sangat menentukan tingkat kualitas dan kejelasan gambar yang ada. Banyaknya jumlah titik dalam satuan luas tertentu ini dinamakan Resolusi. Semakin tinggi tingkat resolusi, maka semakin tinggi pula detail dan keakuratan warna yang dihasilkan. Tolok ukur resolusi disebut dengan dpi (dots per inchi) atau ppi (pixel per inchi). Karena tersusun dari kumpulan titik-titik yang membentuk suatu pola gambar, maka salah satu ciri khas dari gambar bitmap adalah, semakin diperbesar maka menjadi kabur dan tidak jelas. Format penyimpanan file yang tergolong gambar bitmap adalah JPG, PSD, PCT, TIF, GIF, serta beberapa format yang lain. Aplikasi komputer grafis yang dapat menghasilkan file bitmap antara lain adalah Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor, dan Macromedia Fireworks.

Kelebihan :

  • Dapat diberikan efek khusus tertentu sehingga membuat objek tampil sesuai keinginan atau dapat diedit dengan mudah.
  • Menghasilkan objek gambar bitmap dari objek vektor dengan cara mudah dan cepat, serta mutu hasilnya dapat ditentukan.

Kekurangan :

  • Mengalami masalah saat melakukan pengubahan ukuran terutama saat objek gambar diperbesar.
  • Efek yang dihasilkan akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah.
  • Ukuran file relatif lebih besar.
  • Membutuhkan resource yang besar pada komputer untuk mengolahnya.

Pengertian Gambar Vektor

Adalah gambar yang tidak bergantung pada resolusi atau, gambar vektor adalah gambar yang terimpan sebagai persamaan matematik (disebut algoritma) yang menunjukkan kurva, garis, dan bentuk-bentuk lain. Mudah untuk diperbesar/diperkecil tanpa menurunkan kualitas gambar. Gambar vektor adalah gambar yang tidak bergantung pada resolusi, sehingga saat kita melakukan pembesaran atau pengecilan, gambar tetap mempunyai kualitas yang sama. Karena gambar vektor merupakan hasil garis, kurva, dan bidang sehingga setiap unsur mempunyai fill dan stroke yang dapat kita edit sesuai kreasi.

Gambar Vektor

Untuk menyimpan hasil kerja gambar vektor sebagai gambar bitmap, kita tinggal menyimpannya menggunakan format lainnya (misal : jpg) dengan tetap menyimpan format file aslinya sehingga kita dapat mengeditnya setiap saat. Format penyimpanan file yang tergolong gambar vektor adalah AI, CDR, CMX, CGM, serta beberapa format yang lain. Sedangkan aplikasi komputer grafis yang umum dapat menghasilkan gambar vektor adalah Adobe Illustrator, Corel Draw, dan Macromedia Freehand.

Kelebihan :

  • Ukuran file relatif lebih kecil sehingga ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien.
  • Ukuran dan bentuknya dapat diubah tanpa menurunkan mutu tampilannya.
  • Dapat dicetak pada resolusi tinggi.
  • Menggambar dan menyunting vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan.

Kekurangan  :

  • Konversi langsung objek gambar tersebut dari format bitmap ke vektor tidak dapat menghasilkan gambar yang bagus.

Pengertian gambar bitmap dan vektor di atas dapat menjelaskan kepada kita tentang perbedaan pada masing-masing type gambar digital tersebut terutama tentang kelebihan dan kekurangannya sehingga kita dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.