Modul Memahami Etimologi Multimedia. Perkembangan teknologi Informasi berkembang begitu cepat terutama Komputer multimedia  dimana lalu lintas kesemua lini  baik bisnis, sekolah, rumah, tempat umum dan lain lain. Dengan perkembangannya yang begitu pesat mengandung arti bahwa pasarnya bagus, ini merupakan peluang bagi bangsa Indonesia untuk  mempersiapkan tenaga kerja trampil dalam bidang tersebut. Perkembangan multimedia perlu di imbangi juga dengan perangkatnya. Ini tidak lepas dengan perkembangan perangkat keras dan juga perangkat lunak, karena orang semakin maju akan semakin kreatif untuk menemukan inovasi inovasi.

Sehingga perkembangan tidak akan jalan ditempat dan ditinjau dari sudut ekonomi akan menciptakan peluang usaha serta tenaga kerja yang banyak. Dengan disusunnya buku teks teknik multimedia maka diharapkan dapat menjadi panduan bagi siswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja yanga trampil. dan dapat mengisi peluang kerja pada bidang produksi multimedia yang saat ini berkembang begitu pesatnya  dimana mana, ataupun perangkat lunak aplikasi multimedia  juga perangkat keras multimedia.

1.2    Sejarah  perkembangan  multimedia

Lewat tahun 70-an, penggunaan mikro komputer telah dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah sistem yang sosfitikated bagi mempercepatkan penyelesaian perkerjaan sehari-hari. Penggunaan komputer  juga dapat menyebarkan  informasi dan juga dapat menyajikan hiburan kepada pengguna computer dan computer saat ini bukan menjadi barang yang baru ataupun mewah tetapi menjadi suatu kebutuhan. Modul Memahami Etimologi Multimedia. Ini menunjukkan evolusi dan  perkembangan penciptaan teknologi kom-puter multimedia. Perkembangan ini dimulai dari tahun 70-an dengan bertahap dari komputer 8 bit, 16 bit, 32 bit sampai ke komputer 64 bit.

Pada tahun 60-an, komputer utama (main frame computer), digunakan untuk mengendalikan pusat data yang besar dan sistem keuangan.  1970-an,  terminal komputer diguna-kan oleh organisasi untuk menyebar dan mengatur penyebaran informasi.  Era 1980-an, data dapat diolah dengan menggunakan  komputer se-hingga memudahkan dan memper-cepat proses kerja demikian halnya penyebaran informasi lebih menarik dan lebih mudah diterima orang. Semua orang dapat memiliki komputer untuk melakukan pem-prosesan kata, permainan (game) komputer dan sebagainya.   1980 sd 1990-an, perkembangan  penciptaan  komputer semakin drastis sehingga mencapai masa yang tidak terbayangkan dari sebelumnya. Dalam masa yang sama, perkembangan teknologi ini telah berdampak kepada :

1. Industri komputer

  • Informasi pada komputer tidak lagi disajikan melalui teks dan grafik, tetapi juga melalui sumber-sumber yang diperolehi dari media lain seperti audio dan video.
  • Sistem komputer multimedia telah berkembang yaitu merubah Informasi dalam bentuk analog seperti suara, musik dan video ke format digital untuk diproses pada computer . Dan kemudian dirubah kembali ke data yang berada dalam bentuk digital ke bentuk analog untuk disampaikan kembali apabila diperlukan.
  • Multimedia membutuhan memori yang sangat besar oleh karena itu produksi hardware yang sesuai banyak diproduksi untuk penyimpan data multimedia. Begitu juga untuk komponen lainnya.
  • Untuk menyampaikan Informasi banyak caranya . Selain menggunakan  kertas dan skrin komputer, multimedia disampaikan melalui speaker atau direkam terus ke piranti video melalui CD

2. Industri telekomunikasi (telecommunication)

  • Informasi multimedia juga diproses melalui perangkat komputer dan dikomunikasikan dengan wire less (satelit).
  • Oleh  kerana  informasi multi-media berskala besar secara terus menerus (continous), Sis-tim komunikasi data yang sesuai sangat diperlukan. Ini mengakibatkan perubahan kepada sistem telekomunikasi yang ada. Perangkat komunikasi yang dahulunya hanya menggunakan telefon yang membawa sedikit data dan lambat (yaitu < 28 kbit), kini telah berubah kepada wire  less yang membolehkan lebih banyak data seperti 2Mbit, 10Mbit dan 622Mbit.

Untuk lebih lengkapnya tentang modul materi memahami etimologi multimedia dapat Anda download melalui link di bawah ini :

Download Modul Memahami Etimologi Multimedia