Membuat USB Power Injector dengan Auto Power-ON

Beberapa waktu yang lalu, pada posting saya dengan judul Membuat USB Power Injector atau USB Power Injektor ada beberapa yang menanyakan tentang USB Power Injektor nya yang tidak dilengkapi dengan Sistem Automatic PSU sehingga pengguna harus menyalakan/menghidupkan rangkaian secara manual setelah Jack USB dipasang pada Soket USB CPU. Untuk itu berikut saya posting pengembangan dari USB Power Injector sebelumnya.

Pada rangkaian ini dilengkapi dengan Automatic PSU Controller sehingga Device (Wi-fi/Modem) akan otomatis menyala begitu Jack USB Power Injektor ditancapkan ke Soket USB CPU. Di sini saya buat 2 model rangkaian, yang pertama menggunakan MOSFET dan kedua menggunakan Transistor Bipolar biasa. Sengaja saya buat 2 rangkaian supaya bagi yang mengalami kesulitan memperoleh komponen MOSFET dapat membuat rangkaian alternatif dengan komponen Transistor Bipolar yang lebih mudah diperoleh di pasaran. Berikut Pengembangan Blok Diagram Rangkaian USB Power Injektor.

Rangkaian Automatic PSU Controller diletakkan di bawah sehingga Anda yang sudah membuat USB Power Injector versi sebelumnya tidak perlu merubah rangkaian Stabilisator di bagian atas. Selain itu dengan sistem seperti itu tidak perlu kabel tambahan ke atas tetapi cukup menggunakan kabel UTP yang sudah ada sebelumnya.

Rangkaian Automatic PSU Controller untuk USB Power Injektor versi MOSFET :

Rangkaian Automatic PSU Controller untuk USB Power Injektor untuk versi Transistor Bipolar :

Sedangkan untuk Komponen MOSFET dan Transistor beserta Simbol dan Susunan Kakinya dapat Anda lihat pada Data Sheet Komponennya. Susunan kaki komponen tersebut merupakan susunan baku dari Data Sheet-nya. Khusus untuk susunan kaki Transistor C1815, PN100, S8050 dan 2N3904 sebaiknya Anda cek ulang menggunakan AVO-meter karena  terkadang susunan kakinya tidak sesuai Data Sheet.

Data Sheet Komponen USB Injector

Dengan rangkaian tambahan tersebut Device (Wi-fi/Modem) akan menyala/hidup secara otomatis saat Jeck USB Power Injector ditancapkan ke soket USB CPU dan Device akan otomatis mati saat Jack dilepas sehingga Anda tidak perlu menghidupkan Device secara manual. Demikian mudah-mudahan Pengembangan dari USB Power Injector ini bermanfaat.

22 thoughts on “Membuat USB Power Injector dengan Auto Power-ON

  1. saya dah coba buat usb extender dan berhasil tp da masalah, yaitu hp modem saya gk bisa ngecharge, jd lama pake modem tergantung sama baterai hp. apa kalo usb extender dipasangin usb power injector bisa ngecharge? da pengaruh gk ke hp? klo pake charge hp gimana cara menghubungkan nya? trima ksih…

  2. Saya sudah coba buat di rangkaian atas memakai MV7805 dan dites tegangan output dgn AVOmeter sebesar 4.8V DC. Akan tetapi, saat modem Prolink P2000 saya pasang, terjadi ketidakstabilan pada koneksi modem. Penjelasan ketidakstabilan tsb sbb, pada saat awal dipasang, modem mampu terkoneksi dgn baik (sinyal 5 bar dan dapat ping reply); tapi setelah beberapa lama koneksi terputus dilihat dari RTO (Request Timed Out) pd ping dan terkadang muncul pesan Win32 Error.. Saya berasumsi permasalahan krn kuat arus (Ampere) yg tidak memenuhi. Asumsi saya ini muncul ketika mencoba mengukur konsumsi arus saat beban (modem) bekerja. Ternyata konsumsi arus tidak stabil, kadang diperoleh konsumsi arus rendah (0,055A), kadang pula tinggi (>0,25A). PERTANYAAN saya, apakah benar hal error yg saya dapatkan tsb karena arus yang tidak mencukupi? — Sebagai pembanding, modem Prolink P2000 tsb mampu bekerja normal (sinyal 3-4 bar) di dalam ruangan menggunakan USB Extension Cable v2.0 (Shielded & berserabut) 1,5 meter. Trims…

  3. Menyambung posting saya sebelumnya di atas, lalu solusinya bagaimana? Sekali lagi, trims..

  4. sebenarnya arus untuk modem kecil2 saja…1A harusnya sisa lebih. kalo jebol jng dipaksa besaran arusnya tapi dikecilkan sumber tegangan input IC reg. 7805nya..yg penting inputminimalnya 3 volt lebih tinggi dr output, misal input 9 volt jangan 12volt (panas ic regnya), kalo masih ragu ya dikasi pelat pendingin bekas vga ato chipst pc yg rusak…tempelkan ke bagian badan ic reg. ingat bdan reg adalah negatif (jng sampe konslet).Capasitor reg 7805 juga jng pelit¬≤ coba pake hitungan dasar umum 1amp=1000uf.smoga membantu.

  5. power injectornya bikin g tahan untuk segera eksperimen nih mas.. nih di sesama komunitas elektronika kita harus saling berbagi.. saya juga sering berbagi tentang elektronika di blog saya…

    kebetlan nih rencana mau perkuat modem dari 5/5 ke 5/5 ++++++ bs g ya??? salam elektro

  6. salam..aku dagh coba2 tapi ngk berhasil juga..bagi rekan2 yang sudah berhasil bisa rakitin buat aku ngk klw bisa pm ja

  7. mas bos, mau nggak kalo buatin aja. aq beli jadinya aja. he…..plissss
    tengkyu elot dah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *