Membuat Hot Spot Sederhana dari Koneksi Internet Modem. Banyak cara untuk dapat melakukan share koneksi internet diantaranya melalui jaringan hotspot. Berikut ini akan saya share pengalaman saya selama menggunakan jaringan hotspot yang saya buat sendiri menggunakan perangkat-perangkat yang serba murah meriah tetapi hasilnya cukup menggembirakan untuk ukuran rumah tangga. Sebenarnya ini bukan suatu hal yang luar biasa, namun saya sengaja share mudah-mudahan dapat menjadi inspirasi bagi anda yang membaca artikel ini atau yang saat ini berkeinginan membangun hotspot kecil-kecilan di rumah dari koneksi modem cdma.

Berawal dari sulitnya koneksi internet di tempat saya yang mengharuskan koneksi cdma modem dengan bantuan antena eksternal untuk mendapatkan sinyal yang optimal, akhirnya saya putuskan untuk membuat hot spot kecil-kecilan di rumah supaya bisa bebas akses internet meskipun harus berpindah-pindah tempat. Berikut beberapa peralatan yang saya gunakan untuk membuat hotspot sederhana menggungkan koneksi modem :

  1. Modem CDMA terkoneksi EVDO smartfren paket rehuler download-speed Up to 512-kbps
  2. Wireless Router 3G –> TP-Link TL-MR3020
  3. Antena Eksternal Yagi +35dB sistem induksi, saya pasang dengan ketinggian sekitar 8 meter
  4. Kipas angin kecil untuk pendingin modem karena modem aktif non-stop

Alasan utama membuat hotspot karena sulitnya sinyal di tempat saya sehingga harus menggunakan bantuan antena eksternal untuk mendapatkan sinyal optimal sehingga tidak bisa bebas akses internet saat menggunakan laptop yang selalu berpindah-pindah tempat. Dengan adanya hotspot kecil-kecilan ini diharapkan akses internet dapat lebih leluasa dimanapun di dalam rumah dengan menggunakan wifi. Berikut ini penampakan wireless router, modem dan induksi antena :

Hot Spot Sederhana terkoneksi Modem CDMA Smartfren

Pengalaman selama hampir 1 tahun menggunakan internet modem cdma smartfren sistem hotspot akses internet di dalam rumah jauh lebih mudah karena dapat menjangkau seluruh bagian dalam rumah hingga jarak lebih 20 meter (tanpa halangan). Tips memasang wireless router tp-link tl-mr3020  sebaiknya jangan tertempel langsung ke tembok tetapi beri jarak sekitar 10 cm dari tembok. Untuk daerah yang agak sulit sinyal sebaiknya gunakan antena eksternal untuk mendapatkan sinyal optimal. Cara membuat hotspot sendiri secara sederhana dari koneksi internet modem seperti di atas sangat cocok diterapkan pada daerah yang sulit terjangkau internet kabel atau kondisi sinyal sulit yang harus menggunakan antena eksternal.