Tujuan dan Manfaat Membuat Blog. Kalimat ini kadang sering terlontar dan menjadi sebuah pertanyaan. Hal ini tidak terlepas dari semakin terjangkaunya teknologi internet dan perangkat keras pendukung sehingga banyak muncul blog-blog baru. Ya, Web Blog atau yang sering disebut Blog saat ini semakin tumbuh subur sebanding dengan semakin mudahnya membuat blog itu sendiri.

Di sisi lain, tumbuh suburnya blog-blog baru ternyata tidak diimbangi dengan pengelolaan blog yang baik sehingga banyak blog yang terbengkalai setelah beberapa saat dibuat. Eksistensi sebuah blog menurut saya tidak terlepas dari tujuan awal seseorang dalam membuat blog. Menurut saya pribadi, ada beberapa tujuan awal seseorang dalam membuat blog, yaitu :

1. Sebagai Catatan Pribadi. Inilah menurut saya tujuan dasar dari membuat sebuah blog. Biasanya sebuah blog berisi catatan atau artikel yang dimiliki atau diminati oleh pemilik blog. Sebuah blog ibarat sebuah buku harian atau perpustakaan-besar pribadi yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama terjangkau internet. Blog seperti ini biasanya akan selalu update dan terkelola dengan baik meskipun sepi pengunjung dan SERP yang kurang mendukung karena pemilik blog biasanya hanya fokus pada manfaat blog untuk dirinya sendiri.

2. Sebagai Media Promosi Diri. Blog seperti ini biasanya dibuat atau dimiliki oleh seseorang yang memiliki kemampuan atau keahlian khusus atau profesional dibidang tertentu dan berkeinginan diketahui oleh banyak orang. Pada blog semacam ini biasanya terdapat biodata lengkap berupa foto beserta dokumen atau referensi yang mendukung profesionalisme pemilik blog tersebut. Cukup banyak orang yang berhasil dan memperoleh keuntungan dari membuat blog dengan tujuan awal seperti ini.

3. Sebagai Tempat Ekspresi. Banyak cara orang untuk ber ekspresi salah satunya adalah melalui halaman-halaman blog. Membuat blog dengan tujuan seperti ini biasanya akan banyak diisi hal-hal kreatif dan positif dari pemilik blog. Apabila dikelola dengan baik maka blog semacam ini akan semakin exist, punya banyak manfaat bagi komunitas tersendiri dan secara otomatis akan meningkat dari segi SERP.

4. Blog sebagai Tempat Berbagi. Karena blog dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja maka sangat mungkin digunakan untuk berbagi informasi. Pemilik blog berharap apa yang ditulis pada blog nya, baik itu pengalaman pribadi atau yang lain, ebook atau apa saja dapat dibaca dan ber manfaat bagi orang lain sesuai tujuan awalnya.

5. Sebagai Tempat Belajar Menulis. Blog yang dibuat dengan tujuan seperti ini biasanya akan tersendat-sendat pada awalnya. Namun seiring dengan waktu dan komitmen tinggi dari pemilik blog maka blog akan semakin berkembang. Fokus pada tema tertentu merupakan ciri khas dari blog ini dan karakter penulis akan semakin terlihat dari tulisan-tulisannya.

6. Sebagai Sumber Penghasilan. Untuk tujuan dan manfaat membuat blog yang satu ini biasanya dirancang untuk mempromosikan produk dan sekaligus menjualnya secara online. Selain itu tujuan membuat blog seperti yang saya telah sebutkan sebelumnya juga dapat di manfaat kan sebagai sumber penghasilan melalui iklan atau adsense. Cara seperti ini efektif jika pengunjung blog cukup banyak setiap harinya sehingga optimasi blog harus selalu dilakukan. Banyak blog yang bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan dollar perharinya hanya dari adsense atau iklan. Di sisi lain, sangat banyak juga blog yang tujuan awalnya sebagai sumber penghasilan, meskipun telah dikelola cukup lama tetapi tidak bisa menghasilkan sepeser dollar pun.

Manfaat dan tujuan membuat blog di atas hanyalah menurut saya pribadi yang mungkin beberapa ada yang sama dengan yang Anda pikirkan. Kalau begitu tujuan yang mana yang sebaiknya dipilih untuk mengawali membuat sebuah blog? Semua terserah kepada Anda. Kalau saya lebih memilih sebagai catatan pribadi yang ber manfaat bagi saya sendiri dan kalau bisa juga bagi orang lain yaitu pengunjung blog, itu saja…..