4. Perangkat Lunak Akuisisi Data                           …. dari Bagian 2

Untuk dapat melakukan fungsinya sebagai peralatan akuisisi data, sebuah komputer yang sudah dilengkapi perangkat keras akuisisi data harus juga dilengkapi dengan perangkat lunak untuk menjalankan fungsi tersebut. Perangkat lunak dan perangkat keras akuisisi data dapat merubah komputer PC menjadi suatu sistem akuisisi, pemroses (analisa) dan penampil data yang terpadu (Data Acquisition System).

Untuk menjalankan Komputer PC yang sudah terpasang didalamnya perangkat keras akuisisi data sebenarnya dapat dilakukan dengan melakukan pemrograman langsung pada tingkat register pada papan akuisisi data dan ini merupakan tingkat pemrograman yang paling sulit dan memerlukan waktu paling lama dalam pengembangan perangkat lunak akuisisi data. Dikatakan demikian karena harus ditentukan nilai biner yang tepat dan benar yang harus dituliskan pada register-register tersebut. Selain itu, bahasa pemrograman yang digunakan harus mampu melakukan pembacaan dan penulisan data dari atau ke papan akuisisi data yang terpasang pada komputer PC.

Perangkat lunak akuisisi data dibagi menjadi dua :

1. Perangkat Lunak Tingkat-Penggerak (driver level).

Perangkat lunak yang menyederhanakan pemrograman akuisisi data dengan cara menangani secara langsung pemrograman tingkat-rendah (low level program) dan memberikan berbagai fungsi tingkat-tinggi (high level functions) yang dapat dipanggil dalam bahasa pemrograman yang digunakan. Pada perangkat lunak jenis ini biasanya pemrograman dilakukan menggunakan bahasa tingkat rendah yang setingkat atau beberapa tingkat diatas bahasa mesin. Yang termasuk dalam hal ini adalah seperti bahasa Assembly pada pemrograman microcontroller  atau yang lebih tinggi lagi yaitu Turbo Pascal, C++, Visual Basic, Delphi, dsb.

2. Perangkat Lunak  Tingkat-Aplikasi (application level).

Perangkat lunak akuisisi data yang langsung dapat digunakan tanpa melalui proses pemrograman. Sebenarnya pemrograman masih tetap dilakukan namun hanya sebatas pada penentuan atau perancangan proses kerja atau alur kerja. Pemrograman ini berdasarkan flow-cart dan full-graphic sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman yang rumit. Yang termasuk dalam hal ini adalah LabView, LabWindows atau StamPlot-Home-Edu Edition (freeware), dsb.

Selesai.