Setelah berburu selama kurang lebih satu minggu akhirnya saya dapatkan juga Kartu Perdana XL Internet Unlimited 3G. Saya mendapatkannya dari seseorang yang beralamatkan di Jakarta. Akhirnya sampai juga SIM tersebut meskipun dengan harga yang cukup mahal. Tapi tak apalah yang penting saya ada akses internet unlimited 3G di rumah, dari pada bolak-balik ke Warnet yang harus merogoh kocek Rp.2.500,- tiap jamnya.

Melalui jasa TIKI JNE, Paket Perdana XL Internet Unlimited 3G Prabayar sampai hanya dalam 20 jam. Woww cepat sekali mengingat jarak yang sangat jauh dari Jakarta ke daerah kecil di-tengah2 Jawa Timur ini. Saat itu xl unlimited sampai sekitar jam 09.00 pagi. Dengan tidak sabar langsung saja saya buka dan saya baca2 cara penggunaan kartu perdananya. setelah selesai saya baca2 di situ tertulis kalau speed tertinggi bisa mencapai 256 kbps dan akan diturunkan menjadi 64 kbps apabila quota sudah mencapai 2GB.

Disitu juga tertulis bahwa layanan 3G bisa optimal di daerah Jabodetabek yang tercover sinyal HSDPA dan dapat digunakan dimana saja selama ada sinyal XL. Setelah saya ingat2 didaerah saya tidak terlalu jauh dari kota mudah2an masih terjangkau sinyal XL meskipun hanya Sinyal GPRS untung2 kalau dapat Sinyal 3G. Dengar2 koneksi 3G bisa 10x lebih kenceng dari pada GPRS.

Saat itu saya coba speedtest, tercatat download rata2 120kbps atau sekitar 15 kBps dan upload sekitar 20 kbps atau sekitar 2,5kBps. Sebuah angka yang lumayan untuk ukuran 3G di daerah. Pertama kali saya mencoba di pusat kota. Langsung saja SIM Perdana XL Internet Unlimited saya pasang pada modem (Sierra 881U Non GPS), Aktivasi, Tancap ke komputer, Install, truss komputer saya Restart, Jalankan at&t software, dan Jrenggg, sinyal 3G full bar terdeteksi dengan sempurna. Langsung saja modem saya geber  selama kurang lebih 8 jam nonstop dan tidak panas cuma hangat2 kuku.

Saya streaming liputan6 SCTV lancar2 saja. Saya mencoba xl internet unlimited 3g prabayar untuk download file ukuran 50MB butuh waktu 1 Jam. Yah, cukup lama bila dibandingkan dengan speedy yang kira2 hanya butuh 10 menit. Tapi nggak apa2 dengan Perdana XL Internet Unlimited, yang penting bisa ngenet di rumah, bikin blog,  promosi, syukur2 kalau bisa dapat iklan.