Beberapa minggu ini saya menggunakan koneksi Internet Gratis Unlimited melalui Smart HP modem haier d1200p. Maklum untuk Internet XL Unlimited nya saya hentikan karena biaya bulanannya relatif lebih mahal, selain itu ditempat saya juga hanya bisa terkoneksi Sinyal GPRS . Untuk Sinyal 3G nya no signal maklum jauh dari pusat kotanya  sekitar 6 km. Beruntung ada paket Internet Murah Unlimited dari Smart dengan HP modem haier d1200p.

Dengan harga cukup Rp. 330 ribu, saya sudah dapat memiliki HP Modem CDMA dari Smart Internet dan koneksi Internet Gratis Unlimited dari Smart dengan 2GB perbulan selama 6 bulan. Kalau di-hitung2 sekitar Rp. 50 ribu perbulan unlimited time 24 jam perhari. Dengan paket Internet Murah Unlimited dari Smart melalui HP modem haier d1200p tersebut saya sudah dapat bonus internet quota 2GB perbulannya dari pembelian HP Smart CDMA nya. Bukan dari kartu perdananya lho. Jadi kalau misal sudah lewat 6 bulan otomatis bonus Internet Gratis Unlimited dari Smart yang 2GB perbulannya terhenti dan akan dialihkan ke tarif reguler sebesar Rp. 0,275,- per kB nya. Sehingga kalau kita menginginkan kembali bonus Internet Gratis Unlimited 2GB perbulan, kita harus beli HP modem haier d1200p yang baru lagi.

Tarif tersebut sebenarnya masih tergolong murah dibanding tarif layanan Internet Unlimited air_card modem dari provider selluler yang lain. Namun dalam hal kecepatan memang saya akui koneksi Internet Murah Unlimited dari Smart dengan HP modem haier d1200p ini masih kalah jauh dibandingkan koneksi Internet Unlimited 3G contohnya dari XL. Pada test kecepatan, Internet Gratis Unlimited dengan HP modem d1200p saya dapatkan rata-rata sekitar 30 kbps atau sekitar 4 kBps sedangkan pada Internet XL Unlimited, saat terkoneksi 3G kecepatan yang didapat bisa mencapai sekitar 200 kbps atau sekitar 22 kBps, memang cukup jauh perbedaannya.

Namun apabila dibandingkan dengan koneksi XL Internet Unlimited saat terkoneksi Sinyal GPRS, Internet Gratis Unlimited Smart ini hampir seimbang dimana dengan koneksi Sinyal GPRS pada XL Unlimited bisa didapat kecepatan sekitar 40 kbps atau kira-kira samalah dengan Telkomnet Instant, dan lancar2 saja untuk download file kecil2 meskipun speednya lambat.

Namun ada sesuatu yang selama ini saya agak heran, bahwa pada koneksi Internet Murah Unlimited Smart dengan HP haier d1200p ini kadang2 saat saya lakukan test speed, dari 10 kali test speed bisa didapat 2 kali kecepatan bisa tembus sampai 80 kbps, tapi saat dilakukan download, kecepatan downloadnya rata2 hanya 4 s/d 5 kBps,… itu kalau pas lancar. Kalau pas lambat kadang2 cuma 1 kBps atau bahkan macet. Saya bersyukur dapat akses Internet Murah Unlimited dari rumah tanpa harus ke Warnet. Meskipun lambat yang penting bisa untuk browsing artikel,  bisa mengelola email, bisa chating dan bisa download file kecil2 meskipun nggak semuanya bisa soalnya kalau servernya jauh biasanya downloadnya macet.

Saat ini sebenarnya sudah banyak layanan Internet Murah Unlimited melalui Air-Card Modem  selain Smart diantaranya :

  1. Internet Flexi  Unlimited (Full Akses) Teknologi CDMA 2000×1, kecepatan 153,6-kbps
  2. Internet Ceria Unlimited (Full Akses) Teknologi CDMA 2000×1, kecepatan 153,6-kbps
  3. Internet Fren Unlimited (Kuota Limited –> Down Grade to 64-kbps) Teknologi CDMA 2000×1, kecepatan 153,6-kbps
  4. Internet XL Unlimited (Kuota Limited –> Down Grade to 64-kbps) Teknologi GSM-3G, kecepatan 256-kbps
  5. Internet TelkomFlash Unlimited (Kuota Limited –> Down Grade to 64-kbps) dari Telkomsel, Teknologi GSM-3G, kecepatan 256-kbps
  6. Internet 3 | Three Unlimited (Kuota Limited –> Down Grade to 64-kbps) Teknologi GSM-EDGE, kecepatan 256-kbps
  7. dan masih banyak lagi,  cari sendiri.

wah2… kok malah jadi promosi nih.