Install Windows XP Home Edition pada Compaq CQ35-336TX. Hari ini saya agak disibukkan dengan laptop saya karena ketidak normal an system operating. Permasalahan tersebut sebenarnya sudah agak lama terjadi diantaranya mulai tidak dapat dilakukan install dan remove beberapa program tertentu.

Permasalahan memuncak ketika system tidak dapat digunakan untuk instalasi adobe premiere 6.5 dan remove beberapa program yang hendak saya hilangkan. Sudah mencoba melalui register namun gagal. Prediksi telah terjadi beberapa komponen system yang loss. Sudah saya coba dengan repair dan recovery system ternyata tetap gagal juga. Akhirnya dengan terpaksa saya lakukan install Windows XP pada laptop compaq cq35-336tx yang saya gunakan. Rencana awal adalah OS Windows XP SP3 yang biasa saya gunakan. Setelah bongkar-bongkar CD dan lakukan instalasi ternyata semua CD XP SP3 yang saya miliki sudah error (tidak terbaca).

Akhirnya saya teringat dengan image file Windows XP Home Edition original yang masih tersimpan pada flashdisk. Akhirnya dengan sedikit kerepotan harus jalankan Nlite karena harus include SATA Driver pada system operatingnya untuk membuat kompilasi sata driver pada xp. Untuk langkah-langkahnya dapat Anda baca pada posting saya terdahulu Cara Install Windows XP pada Laptop Compaq CQ35-336TX.

Setelah beberapa lama melakukan instalasi Windows XP Home Edition, mulailah saya lakukan instalasi driver untuk laptop compaq cq35-336tx pada os xp home edition. Dari proses instalasi tersebut setelah saya bandingkan dengan pemakaian OS Windows XP SP3 ternyata banyak sekali perbedaannya terutama pada kompabilitas driver. Ternyata windows XP Home edition ini lebih mudah dan sangat kompatibel dengan driver-driver original bawaan dari hp/compaq.

Driver laptop compaq cq35-336tx yang dahulunya tidak dapat diinstall saat menggunakan operating system windows xp sp3 ternyata dapat dengan mudah diinstall dan digunakan pada OS XP Home Edition. Bagi Anda pengguna laptop compaq cq35-336tx yang kesulitan dengan kompatibelitas driver pada os windows xp sp3, mungkin dapat mencoba operating windows xp home edition. Selain itu setelah saya menggunakannya beberapa lama pada laptop yang saya gunakan, dapat saya simpulkan bahwa operating windows xp home edition ini terasa lebih stabil dibandingkan windows xp sp3.