Ganti Catridge Printer Canon iP2770. Rasanya cukup lama blog ini saya biarkan. Mungkin sekitar 3 bulan sejak terakhir saya update. Memang untuk sementara blog ini sengaja saya biarkan untuk menguji traffic nya apakah sudah cukup kuat apa belum. Ternyata meskipun 3 bulan tanpa update, traffic blog oprekzone.com ini cukup kuat dengan kisaran 1500 visitor perharinya. Baiklah sekarang kita masuk ke artikel inti tentang Review Printer Canon iP2770 yang saya pakai sekarang.

Sebenarnya tidak ada yang penting tentang artikel kali ini kecuali sekedar berbagi pengalaman saya menggunakan printer Canon iP2770 yang sudah saya beli sekitar 3 bulan yang lalu bersamaan dengan terakhir saya update blog ini. Berawal dari error nya printer Epson C90 yang telah menemani saya selama hampir 8 tahun, akhirnya setelah survei sana-sini dengan menghitung-hitung budget yang ada akhirnya saya putuskan untuk membeli printer canon iP2770 ini. Sebenarnya pilihan awal jatuh pada Epson L300 yang dilengkapi infus pabrikan namun pertimbangan harga lagi-lagi menjadi kendala selain suku-cadang yang katanya tidak dijual dipasaran.

Catridge Black iP2770 yang Rusak

Bulan pertama menggunakan printer Canon iP2770 rasanya sangat puas dengan unjuk kerjanya yang cukup cepat dalam mencetak dengan kualitas cukup memuaskan. Memasuki bulan kedua seiring banyaknya pekerjaan yang harus diprint-out masalah baru muncul. Mulai dari catridge yang sering minta cleanup dan cetakan tidak utuh. Puncaknya terjadi setelah printer saya gunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak dalam waktu beberapa hari berturut-turut. Cetakan dengan tinta yang bergaris-garis sering muncul dan terakhir gagal cleanup. Sudah dicoba celup air hangat sampai air hampir mendidih (biar matang)… wqqq… ternyata sama saja termasuk celup dan kuras bahkan suntik-menyuntik dengan larutan cleaner. Alhasil diagnosa terakhir menunjukkan Catridge RUSAK alias minta ganti baru. Tiga bulan canon iP2770 harus ganti catridge Black baru seharga 190 ribu. Tambah 5 ribu untuk knee dan klep selang infus. Total 195 ribu.

Setelah saya pikir-pikir… ini printer kok mudah sekali rusak ya catridgenya?? Beda dengan Epson C90 yang saya pakai sebelumnya yang bisa bertahan sampai hampir 8 tahun. Setelah tanya sana-sini dan sama penjualnya ternyata ini printer langganan ganti catridge baru. Waduhhh… kalau begini caranya bisa-bisa tiap bulan harus sisihkan anggaran buat catridge baru. Padahal harganya ternyata cukup mahal, Black seharga 190 ribu dan Color 220 ribu…. wqqq…. (Sama dengan beli printer canon iP2770 baru)…. bayangkan kalau keduanya rusak dan minta ganti… haduhhhh… Sepertinya printer seri iP2700 ini beda jauh kualitas catridgenya dibanding Canon seri sebelumnya seperti iP1700 dan iP1800.

Memang printer canon iP2770 ini termasuk murah di kelasnya dibanding Epson namun kalau begini caranya mungkin perlu pertimbangan lagi sebelum kita berniat membeli dan menggunakannya.