Sebuah Digital Audio Editor dapat diartikan sebuah Program yang dapat digunakan untuk Memanipulasi Sinyal Audio Digital. Kita bisa menggunakan Program Free Audio Editor Digital untuk Merekam Audio, Memotong Audio, Mengedit durasi Audio, Mencampur beberapa track audio, memberikan efek sederhana pada audio, sampai dengan mengkonversi format file audio ke format file audio yang berbeda.

Banyak sekali manipulasi audio yang bisa dilakukan menggunakan Program Audio Editor dan banyak sekali Software berkualitas yang dapat digunakan baik Gratis (freeware/open source) maupun berbayar. Sebelum memutuskan untuk menggunakan Software berbayar seperti Adobe Audition, Cool Edit Pro atau Soundforge, ada baiknya kita mencoba terlebih dahulu Software Free Audio Editor Gratis di bawah ini :

1. Audacity

Audacity adalah Software Free Audio Editor alias Gratis yang dapat digunakan untuk merekam dan menyunting suara. Memungkinkan kita untuk merekam langsung audio, mengkonversi kaset audio analog menjadi rekaman digital atau CD, mengedit dan menyimpan suara ke file Ogg Vorbis, MP3, WAV atau AIFF. Anda juga dapat memotong, menyalin, mencampur suara secara bersama (multi track) dengan Audacity. Dilengkapi dengan efek dan tool untuk menghapus derau statis, mendesis atau suara vokal dan latar belakang.

 2. Power Sound Editor

Power Sound Editor adalah audio editing freeware dan solusi perangkat lunak untuk perekaman, yang mendukung operasi canggih dan data audio yang banyak. Anda dapat menggunakan Power Sound Editor secara Gratis untuk merekam musik Anda sendiri,  suara, atau file audio lainnya, mengeditnya, mencampurnya dengan audio lain atau musik, menambahkan efek seperti Reverb, Chorus, dan Echo, dan membakarnya di atas CD.

 3. MP3DirectCut

MP3 Direct Cut adalah software free audio editor yang cepat dan perekam yang dipakai luas untuk kompresi mp3. Anda dapat langsung memotong, menyalin, menggabung atau mengubah volume suara dengan tidak perlu dekompresi file Anda untuk mengedit audio. Dengan menggunakan Cue sheet, deteksi jeda atau isyarat Otomatis Anda dapat dengan mudah membagi file yang berdurasi lama.

 4. Music Editor Free

Music Editor Free (MEF) adalah perangkat lunak Editor musik multi-fungsi. MEF dapat membantu Anda untuk merekam dan mengedit musik dan suara. Ini memungkinkan Anda membuat dan mengedit musik, suara dan rekaman audio lainnya. Ketika mengedit file audio Anda dapat memotong, menyalin dan menyisipkan bagian rekaman dan, jika diperlukan, menambahkan efek seperti gema, penguatan (amplifikasi) dan mengurangi noise.

 5. Wavosaur

Wavosaur adalah Free Sound Editor (gratis), free audio editor, wav software editor, pengolahan dan untuk merekam suara, mendukung file wav dan mp3. Wavosaur memiliki semua fitur untuk mengedit audio (potong, salin, paste, dll) menghasilkan loop musik, menganalisa, merekam, dan konversi batch. Wavosaur mendukung plugin VST, ASIO driver, multichannel wav file dan efek pemrosesan yang nyata. Program ini memiliki installer. Dapat digunakan sebagai free editor mp3 dan mendesain suara.

 6. Traverso DAW

Traverso DAW merupakan software berlisensi GPL (General Public Lisenced), rekaman audio multitrack dan lintas platform, dengan Interface yang inovatif dan mudah bagi User untuk menguasainya. Cocok digunakan bagi profesional dan pengguna amatir yang membutuhkan kemampuan DAW. Dengan fasilitas bisa menambah dan menghapus efek plugin, memindahkan Klip Audio dan menciptakan Trek baru selama pemutaran kembali dengan aman, memberikan umpan balik yang mudah pada pekerjaan Anda!

 7. Ardour

Ardour adalah sebuah free audio editor atau digital audio workstation gratis. Anda dapat menggunakannya untuk merekam, mengedit dan mencampur audio multi-track. Anda dapat menghasilkan CD sendiri, campuran video dan soundtrack, atau hanya bereksperimen dengan ide-ide baru tentang musik dan suara. Kemampuan Ardour meliputi: perekaman multichannel, editing non-destruktif dengan unlimited undo/redo, dukungan otomatisasi penuh, mixer yang kuat, unlimited track/bus/plugin, sinkronisasi time-code, dan kontrol hardware dari panel depan seperti Mackie Control Universal.

 8. WavePad Sound Editor

WavePad free Sound Editor memungkinkan Anda membuat dan mengedit rekaman musik, suara dan audio lainnya. Anda dapat memotong, menyalin dan menyisipkan bagian rekaman dan jika diperlukan Anda dapat menambahkan efek seperti gema, amplifikasi dan pengurangan kebisingan. WavePad bekerja sebagai editor wav atau mp3 Editor tetapi juga mendukung sejumlah format file lainnya termasuk vox, gsm, real audio, au, aif, flac, ogg dan banyak lagi.

 9. Sound Engine

Sound Engine adalah tool editor audio gratis terbaik untuk pribadi, karena memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengedit data gelombang. Sementara itu masih memiliki banyak fungsi yang diperlukan untuk proses mastering.

 10. DJ Audio Editor

DJ Audio Editor mudah digunakan dan terorganisir dengan aplikasi audio yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai operasi dengan data audio. Anda dapat membuat dan mengedit file audio secara profesional, juga menampilkan gambar gelombang dari file audio yang membuat pekerjaan Anda lebih cepat.

11. Free Wave MP3 Editor

Free Wave MP3 Editor adalah program sound editor untuk Windows. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda membuat dan mengedit suara dan rekaman audio lainnya. Anda dapat memotong, menyalin dan menyisipkan audio dan, jika diperlukan, menambahkan efek seperti gema, amplifikasi dan pengurangan kebisingan.

12. Jokosher

Jokosher adalah sebuah free audio editor minimize atau studio multi-track sederhana namun power-full. Anda dapat membuat dan merekam musik dan banyak fasilitas lainnya yang dapat Anda manfa’atkan.

13. LMMS

LMMS adalah alternatif lintas-platform gratis untuk program-program komersial seperti FL Studio, yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan musik dengan komputer Anda. Ini termasuk penciptaan melodi dan ketukan, sintesis dan pencampuran suara, dan mengatur sampel. Anda bisa berexplorasi dengan MIDI-keyboard Anda dan banyak lagi, semua dengan antarmuka yang user-friendly dan modern.

 14. Mp3Splt

Mp3Splt adalah sebuah utility untuk membagi file mp3 dan ogg tanpa decoding. Ini sangat berguna untuk membagi mp3/ogg yang besar menjadi file lebih kecil atau untuk membagi album. Jika Anda ingin membagi sebuah album, Anda dapat memilih poin spiltter dan memilih nama file secara manual atau Anda bisa mendapatkannya secara otomatis dari CDDB (internet atau file lokal). Juga mendukung untuk memecah album otomatis pada keheningan antar lagu, yang dapat digunakan juga untuk menyesuaikan CDDB/isyarat splitpoints. Anda dapat mengekstrak track dari file Mp3Wrap atau AlbumWrap dalam beberapa detik.

 15. Qtractor

Qtractor adalah Audio/MIDI Sequencer multi-track yang ditulis dalam aplikasi C++ dengan kerangka qt4. Platform target adalah Linux, di mana Jack Audio Connection Kit (JACK) untuk audio, dan Arsitektur Linux Advanced Suara (ALSA) untuk MIDI, adalah infrastruktur utama untuk berkembang sebagai desktop Linux yang cukup dengan audio workstation berfitur GUI, khusus didedikasikan untuk penggunaan pribadi di studio-rumah.

16. ReZound

ReZound  merupakan open source, dan merupakan editor file grafis audio yang utama meskipun tidak terbatas pada system operasi Linux. Rezound free audio editor mendukung format file: Native ReZound, WAVE, AIFF/AIFF-C, NeXT/Sun, Berkeley/IRCAM/CARL, raw, Ogg Vorbis, MPEG Layer-3,2,1, FLAC serta MIDI Sample Dump Standard.

 17. Sweep

Sweep merupakan editor audio dan player langsung untuk GNU/Linux, BSD dan sistem yang kompatibel. Mendukung banyak format musik dan format suara termasuk WAV, AIFF, Ogg Vorbis, Speex dan MP3, dengan multichannel editing dan plugin efek LADSPA.

 18. Wavesurfer

WaveSurfer adalah tool Open Source untuk visualisasi dan manipulasi suara. Dirancang untuk memenuhi kebutuhan baik bagi pemula atau pengguna yang sudah mahir. WaveSurfer memiliki antarmuka sederhana dan logis yang fungsional dan cara yang intuitif yang dapat disesuaikan pada proyek yang berbeda.

19. Rosegarden

Rosegarden merupakan pemutar audio yang cukup baik dan merupakan Sequencer MIDI, editor skala, dan secara umum melingkupi komposisi musik dan lingkungan pengeditan. Rosegarden mudah untuk dipelajari. Aplikasi yang menarik dan dapat berjalan pada Linux, ideal untuk komposer, musisi, siswa musik, dan studio kecil atau lingkup rekaman-rumah.

20. Expstudio Audio Editor

Expstudio Audio Editor adalah file editor musik visual yang memiliki banyak pilihan dan fungsi untuk mengedit file musik seperti Anda mengedit file teks. Dengan data audio yang diberikan Anda dapat melakukan operasi yang berbeda seperti menampilkan gambar gelombang dari file audio, penyaringan, menerapkan berbagai efek audio, konversi format dan banyak lagi.