Cara Tracing Foto Photo dengan Adobe Illustrator CS2. Kali ini saya akan coba berbagi sedikit tentang cara tracing photo menggunakan Adobe Illustrator CS2. Sengaja saya menggunakan piranti lunak ini karena Adobe Illustrator CS2 merupakan software yang menurut saya paling cocok digunakan untuk tracing digital dengan kemampuannya yang tidak diragukan lagi untuk membuat gambar-gambar illustrasi. Untuk mengenal lebih jauh tentang pengertian Tracing, dapat Anda baca artikel saya sebelumnya dalam Cara Menggambar Clean Up dan Sisip.

Sebelum kita mulai tracing foto secara digital, perlu saya sampaikan bahwa dalam melakukan tracing, khususnya menggunakan komputer, selain penguasaan tool-tool dasar pada piranti lunak yang digunakan (Adobe Illustrator CS2), ada beberapa faktor yang harus kita pegang, yaitu : Teliti, Telaten, Peka (terhadap warna dan bentuk), Sabar, Sabar dan Sabar… Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Adobe Illustrator CS2 –> Buat New Document, seperti di bawah ini, Klik OK !

2. Pada Area Kerja masukkan foto yang akan diTrace dengan Klik File –> Place –> Pilih Photo. Posisikan gambar asli ini pada Layer 1 dan lakukan Lock supaya tidak dapat bergeser posisinya saat tracing. Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa untuk mempermudah tracing maka sebaiknya gunakanlah photo yang memiliki resolusi tinggi untuk memperoleh detail hasil tracing yang baik. Di sini sengaja saya gunakan photo Bayi seperti di bawah ini :

3. Buat Layer baru dengan Klik icon Create New Layer pada Palette Layer :

4. Cara Tracing Photo dilakukan pada Layer 2. Pada tahap ini fasilitas yang paling banyak digunakan adalah Pen Tool dan Selection Tool. Lakukan Tracing pertama kali pada bagian yang paling kecil seperti pada bagian mata, alis, hidung, dan kemudian ke area yang lebih luas.

5. Setting Stroke pada posisi None atau Tanpa Stroke dan lakukan pengurangan pada effect transparansi (Opacity) untuk melihat warna asli pada komponen photo yang diTrace, kemudian kembalikan Opacity ke 100% jika yakin sudah ada kemiripan warna. Atur warna Fill-awal pada warna putih untuk mempermudah melihat keaslian warna pada komponen photo yang diTrace. Setelah tracing setiap komponen menggunakan Pen Tool selesai ubah warna Fill sesuai warna asli yang ada pada photo.

6. Untuk memposisikan setiap komponen yang telah di trace berada lebih di depan atau di belakang komponen lainnya gunakan langkah –> Klik pada komponen terpilih –> Klik Kanan –> Arrange –> Pilih Posisi seperti di bawah ini :

Untuk Sementara seperti ini hasilnya :

Cara Tracing Foto Photo dengan Adobe Illustrator CS2¬†yang saya lakukan di atas memang belum selesai dan masih jauh dari sempurna…¬† Bersambung….