Cara Tips Merawat Baterai Laptop. Bagi pengguna komputer mobile atau Laptop tentunya kita selalu ingin supaya baterai laptop awet dan tahan lama. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi ketahanan baterai sebuah laptop atau netbook yang terkadang tidak kita hiraukan. Memang ketahanan rata-rata baterai sebuah laptop berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya adalah sekitar 2 tahun.

Maksudnya adalah, setelah 2 tahun pemakaian laptop secara aktif menggunakan baterai maka biasanya kondisi baterai akan sangat terasa mengalami penurunan apabila kita bandingkan dengan kondisi saat masih baru. Cara Merawat Baterai Laptop supaya Awet. Penurunan tersebut bisa mencapai 50% bahkan lebih, tergantung pada kebiasaan kita dalam menggunakan dan merawat laptop. Sebuah laptop model agak lama biasanya akan tahan 2 jam menyala aktif dengan hanya menggunakan baterai yang telah terisi penuh namun tidak demikian untuk laptop keluaran terbaru saat ini.

Teknologi elektronika dalam bidang rekayasa semikonduktor yang semakin tinggi sehingga dapat membuat sebuah komponen elektronika semikonduktor semakin kecil tidak hanya dalam ukuran fisiknya namun juga dalam hal konsumsi daya. Sehingga wajar apabila laptop buatan 2 tahun yang lalu akan terasa lebih berat dan lebih boros dalam pemakaian daya baterai dibanding dengan laptop keluaran saat ini. Tip Merawat Baterai Laptop. Namun demikian, apapun jenis laptop atau netbook kita, hendaknya kita harus mengetahui tip atau cara menghemat baterai laptop sehingga baterai laptop yang harganya tidak murah tersebut dapat kita manfaatkan secara optimal dan supaya baterai laptop awet.

Sebenarnya semakin sering sebuah baterai laptop dilakukan mengisian dan pengosongan muatan, maka umur baterai laptop semakin pendek. Dengan demikian agar baterai laptop kita awet maka kita harus usahakan seminimal mungkin terjadinya pengisian dan pengosongan muatan baterai. Berikut ini Cara Merawat Baterai Laptop yang dapat membuat usia baterai kita tahan lama (menurut saya) :

  1. Gunakan laptop hanya manggunakan baterai di saat memang tidak ada colokan listrik disekitar Anda atau dengan kata lain, gunakan selalu charger selama disekitar Anda ada colokan listrik aktif.
  2. Usahakan baterai laptop dalam keadaan terisi penuh, sehingga laptop Anda selalu siap apabila sewaktu-waktu listrik mati atau tidak ada colokan listrik di sekitar Anda. Selain itu dengan baterai laptop tetap terisi penuh, maka kita dapat menghidupkan laptop dengan charger tanpa melepas baterai.
  3. Jangan melakukan charging baterai yang kosong dalam keadaan laptop menyala. Usahakan charging baterai dilakukan dalam kondisi laptop mati.
  4. Aktifkan screensaver dengan turn-off LCD monitor sehingga dapat menghemat sumber daya baterai laptop saat user non-aktif.
  5. Minimalkan brightness LCD monitor.
  6. Non-aktifkan program-program yang sifatnya Real-Time run, seperti real-time scan pada antivirus dan program monitor lain yang tidak begitu penting.
  7. Non aktifkan peripheral-peripheral laptop yang saat itu tidak digunakan, seperti wi-fi adapter, sound, dsb.
  8. Saat menyalakan laptop dengan baterai, usahakan meminimalkan penggunaan peripheral luar seperti mouse, flasdisk, modem, atau peripheral usb lainnya. Gunakan saja mousepad.
  9. Minimalkan pemakaian DVD-Drive baik untuk read maupun write saat posisi laptop menyala hanya dengan baterai.
  10. Terakhir, gunakan laptop seperlunya saja apalagi saat hanya menggunakan baterai.

Biasanya baterai laptop yang sudah mulai turun performanya ditandai dengan semakin cepat terisi penuh saat dilakukan charging dan cepat habis saat dipakai. Kebanyakan baterai laptop akan turun performanya sebesar 50% setelah 2 tahun pemakaian aktif. Mudah-mudahan Cara atau Tips Merawat Baterai Laptop supaya Awet dan Tahan Lama di atas bermanfaat.