Cara dan Tips Memilih Anti Virus. Setiap pengguna komputer tentunya sangat membutuhkan perangkat lunak anti-virus untuk melindungi sistem maupun data yang ada pada komputernya. Saat ini, menggunakan komputer tanpa dilengkapi anti-virus sama saja dengan membiarkan atau mempersilahkan sistem-perusak (virus) menghancurkan sistem ataupun data yang ada pada komputer secara perlahan atau bisa juga secara cepat.

Banyak sekali anti-virus yang tersedia dan dapat kita gunakan untuk melindungi komputer dari serangan virus, namun seringkali juga bingung dalam memilih anti-virus untuk komputer yang kita gunakan. Sebuah anti-virus yang baik harus memiliki beberapa kriteria dalam hal pengamanan komputer, diantaranya :

1. Mampu Mendeteksi Malware dengan baik

Malware merupakan istilah atau singkatan dari Malicious Software atau perangkat lunak yang mencurigakan yang seringkali bersifat merusak sistem atau data. Anti-virus yang baik harus dapat mendeteksi dan menangani adanya malware secepat mungkin, atau minimal memberi peringatan tentang adanya malware kalau anti-virus tersebut tidak mampu mengantisipasinya.

2. Tidak Membebani Komputer secara berlebihan

Setiap anti-virus yang telah diinstall dalam komputer sudah tentu membutuhkan suber daya yang diambilkan dari sebagian kemampuan komputer. Dengan demikian setiap komputer yang dilengkapi anti-virus akan berkurang kemampuannya dibandingkan sebelum dilengkapi anti-virus. Kemampuan yang paling terasa adalah dalam “kecepatan”-nya. Setiap anti-virus membutuhkan “resource” yang berbeda-beda yang biasanya sesuai dengan kemampuannya. Semakin lengkap fiture sebuah anti-virus biasanya semakin besar resource yang dibutuhkan sehingga lebih membebani kinerja komputer. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini…?

Cara yang paling mudah adalah menyesuaikan antara anti-virus dengan komputer yang digunakan. Untuk komputer jenis lama tentunya lebih cocok dipasangi anti-virus yang ringan, berbeda dengan komputer jenis terbaru yang tidak akan ada masalah dipasangi anti-virus jenis apapun.

3. Kemungkinan Kombinasi Anti-Virus

Anti-virus buatan asing dengan harga yang selangit tidak selalu lebih bagus dibanding anti virus lokal yang gratisan. Setiap anti-virus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Banyaknya varian virus baru yang bertambah setiap harinya hingga ribuan jenis baik virus asing maupun lokal sepertinya tidak mampu dibasmi oleh hanya satu jenis anti-virus saja. Mengkombinasikan anti-virus asing dan lokal merupakan salah satu tips yang cukup efektif untuk mengatasinya. Namun perlu diingat, “sebaiknya jangan menginstall lebih dari dua anti-virus dalam satu komputer”. Cukup satu anti-virus asing dan satu anti-virus lokal.

4. Memudahkan Pengguna

Selain kemampuan membasmi virus secara optimal, pilih anti-virus yang mempermudah pengguna komputer. Beberapa anti virus harus melibatkan pengguna untuk melakukan aksi clear atau quarantine setiap mendeteksi satu virus atau malware. Menurut saya ini sangat merepotkan kita, yang harus melakukan aksi “klik” setiap kali ada virus yang terdeteksi. Bayangkan kalau setiap sekian detik terdeteksi adanya virus……

5. Fasilitas Update

Memang semua anti-virus dilengkapi fasilitas update berkala yang biasanya minimal 2 kali dalam seminggu. Beberapa anti-virus menyediakan fasilitas update secara mudah dan cepat namun disisi lain ada anti-virus yang membutuhkan resource cukup besar saat update. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam setiap kali update anti-virus adalah kecepatan koneksi internet, karena beberapa anti-virus membutuhkan kapasitas update yang cukup besar (hingga beberapa ratus MB) setiap kali update.

6. Pertimbangkan Fiture Tambahan

Semakin lengkap fitur yang ditawarkan, maka semakin berguna anti virus tersebut untuk kita. Beberapa fitur penting yang sebaiknya ada pada antivirus yang kita pilih adalah Firewall, Parental Control, Antispam, Internet Control, Application Control dan bisa melakukan bakup data secara otomatis.

Beberapa tips memilih anti virus diatas hanyalah sedikit dari apa yang bisa saya sampaikan. Masih banyak faktor yang mungkin perlu dipertimbangkan yang setiap orang mungkin berbeda-beda karena harus disesuaikan dengan komputer dan sistem yang digunakan dan juga untuk keperluan apa komputer tersebut. Mungkin Anda ada cara atau tips lain dalam memilih anti-virus??… Silakan share dengan saya di sini…