Untuk mempermudah operasional pada dua komputer atau lebih yang tersambung dalam jaringan lokal (LAN) kabel maupun Wireless LAN biasanya perlu dilakukan optimalisasi sumber daya peralatan. Salah satu sumber daya yang seringkali dioptimalisasi adalah printer dengan cara menggunakan satu printer untuk pemakaian banyak komputer yang tersambung dalam jaringan tersebut atau sering disebut dengan cara sharing printer di windows XP.

Dalam pemakaian sumber daya printer secara bersama-sama untuk banyak komputer dalam suatu jaringan lokal (LAN) ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya :

  1. Semua komputer sudah terkoneksi dalam satu jaringan baik LAN kabel atau WiFi LAN atau gabungan keduanya.
  2. Untuk dapat sharing printer pada windows xp, semua komputer harus memiliki WorkGroup yang sama.
  3. Harus ada satu komputer yang digunakan sebagai Master (OPERATOR) yang terhubung langsung dengan printer yang dishare. Komputer Master harus dihidupkan setiap komputer lain (CLIENT) akan menggunakan printer.

Langkah-langkah Pengaturan cara sharing printer di windows xp :

1. Pengaturan pada Semua Komputer

Setting Workgroup dilakukan pada semua komputer dengan cara buka Control Panel –> System. Pilih Tab Computer Name dan Change dan atur workgroup. Pastikan semua komputer memiliki workgroup yang sama. Pada Computer Name masukkan nama sesuai fungsinya (OPERATOR atau CLIENT).

2. Pengaturan pada Komputer Master (OPERATOR)

Buka kembali Control Panel –> Printer and Faxes  maka akan tampil printer yang sudah siap dan terhubung dengan komputer. Klik kanan printer yang Anda ingin share –> Sharing. Cara sharing printer pada windows xp selanjutnya adalah, buka Tab Sharing Properties seperti di bawah ini.

Silahkan pilih Share this printer dan beri nama (bebas) atau biarkan dengan nama yang sudah ada kemudian klik OK. Jika ada permintaan CD Windows, atau konfirmasi dari printer sharing, pilih “Just Enable File and Printer Sharing” dan Klik OK.

3. Pengaturan pada Komputer CLIENT

Langkah selanjutnya pada cara sharing printer di windows xp adalah, buka Control Panel –> Printer and Faxes –> pilih Add Printer. Pada jendela Add Printer Wizard klik Next. Kemudian pada jendela Local or Network  Printer  pilih A network printer, or a printer altachead to another computer lalu klik Next. Selanjutnya akan muncul jendela Add Printer Wizard seperti di bawah :

Apabila Anda pilih Browse for printer lalu klik Next, maka komputer akan otomatis mencari printer yang sudah kita share. Kalau cara pertama gagal, bisa pilih cara kedua yaitu pilih Connect to this printer dengan mengetikkah nama komputer master dan nama printer yang dishare dengan format “\\server\printer” atau jika menggunakan contoh di atas maka diisi : “\\OPERATOR\EPSONc90” seperti pada gambar di atas.

Pada tahap akhir pada cara sharing printer di windows xp di atas, akan muncul konfirmasi apakah Printer yang di Share akan dijadikan Deafult Printer, sebaiknya pilih Yes supaya setiap CLIENT yang melakukan print akan otomatis menggunakan printer yang ada di komputer Master atau OPERATOR.