Cara Sharing Printer pada Windows 7 Mudah. Untuk melakukan efisiensi sumber daya pada peralatan atau peripheral salah satunya adalah dengan berbagi-pakai sumber daya printer atau lebih sering dikenal dengan istilah share printer atau 1 printer digunakan secara bersama-sama oleh beberapa komputer yang tersambung dalam sebuah jaringan.

Share printer untuk pemakaian bersama sebenarnya sudah pernah saya posting pada cara sharing printer pada windows xp yang saya publish beberapa waktu yang lalu. Kali ini saya akan share penggunaan printer secara bersama-sama pada windows 7 atau cara sharing printer pada windows 7.

Ada beberapa syarat yang harus terlebih dahulu dipenuhi untuk melakukan share printer seperti pada umumnya yaitu :

  1. Semua komputer sudah terkoneksi dalam satu jaringan baik LAN kabel atau WiFi LAN atau gabungan keduanya.
  2. Semua komputer harus memiliki WorkGroup yang sama.
  3. Ada satu komputer yang digunakan sebagai Master (OPERATOR) yang terhubung langsung dengan printer yang dishare. Komputer Master harus dihidupkan setiap komputer lain (CLIENT) akan menggunakan printer. Pastikan driver printer sudah terinstall dengan baik pada komputer Master (Operator)

Beberapa langkah yang harus dilakukan :

1. Pengaturan pada Semua Komputer

Semua komputer harus memiliki workgroup yang sama. Untuk setting workgroup dapat dilakukan dengan cara, Masuk ke Control Panel –-> System, pilih Tab Computer Name, isi computer name. Sesuaikan nama komputer dengan posisi komputer sebagai Client atau Operator. Selanjutnya isikan Workgroup yang sama untuk semua komputer.

2. Pengaturan pada Komputer Operator

Masuk Control Panel –> Devices and Printer –> Klik kanan –> pilih Printer Properties –> Centang Share this Printer –> OK

Kemudian klik ICON LAN Connection yang ada di Pojok kanan Bawah pada layar monitor :

Klik Open Network and Sharing Center dan akan keluar jendela Network and Sharing Center. Kemudian Klik Change Advance Sharing Setting

Selanjutnya pada jendela Advance sharing setting silahkan lakukan Centang bulatan dengan pilihan :

  • Turn on network discovery
  • Turn on file and printer sharing
  • Turn off password protection
  • Yang lainnya tetap Turn off

Jangan Lupa Klik Save Change

Pada kondisi seperti ini posisi printer sudah dalam keadaan share dan sudah siap dilakukan koneksi oleh komputer lain yang ingin menggunakan printer pada komputer Master.

3. Pengaturan pada Komputer Client

Klik ICON LAN Connection yang ada di Pojok kanan Bawah pada layar monitor

Klik Open Network and Sharing Center dan akan keluar jendela Network and Sharing Center.

Kemudian Klik Change Advance Sharing Setting yang ada dibagian kiri atas.

Lakukan Centang bulatan pada bagian Turn on network discovery –> Klik Save Change.

Setelah itu kita siap lakukan koneksi printer dengan cara Klik Start — > Devices and Printer –> kemudian lakukan Klik Kanan dan pilih Ad a Printer.

Pilih Ad a Network, wireless and Bluetooth Printer, saat itu juga komputer akan melakukan Searching Printer dan apabila berhasil akan muncul seperti di bawah ini :

Klik Next  –> Klik Next –> Next –> Klik Finish.

Kalau langkah Searching di atas gagal, dapat dilakukan secara manual melalui fasilitas Browse dan anda akan dituntun menuju ke Network dan tinggal dipilih Computer Name Master yang terpasang printer. Untuk memastikan keberhasilan cara sharing printer pada windows 7 anda dapat Klik Test Print Page sebelum Klik Finish.

Demikian mudah-mudahan bermanfaat…