Cara Setting 3G Wireless Router TP-Link dengan Modem USB. Beberapa hari yang lalu saya membeli 3G Wireless Router type TL-MR3020 dari TP-Link yang rencana mau saya gunakan untuk membangun access point kecil-kecilan di rumah dengan internet koneksi Smartfren atau mungkin 3G XL. Kali ini saya akan share tentang router ini saat saya konfigurasikan dengan beberapa modem yaitu GSM 3G Sierra 881U, CE682UI, AC682, dan EC1261-2 dari Smartfren.

Sebelumya perlu diketahui sekilas tentang router mr3020 ini bahwa ternyata ukuran fisik dari router ini cukup kecil tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa dan tanpa antena luar. Selain itu kabel listrik bawaannya sangat pendek hanya sekitar 0,5 meter saja. Saya sengaja membeli merek ini karena pada situs resminya disebutkan bahwa router MR3020 ini dapat berkomunikasi dengan modem Sierra  881U dan modem Smartfren CE682.

Berikut ini hasil uji coba yang saya lakukan Cara Setting 3G Wireless Router TP-Link dengan 4 jenis usb modem di atas :

  1. Setelah box saya buka dan baca-baca buku manualnya langsung saya coba setting dan pasangkan dengan modem Sierra 881U isi kartu XL internet HotRod. Yang menarik dari router ini ternyata dapat melakukan deteksi modem secara otomatis karena beberapa saat setelah modem terpasang langsung terdeteksi dan terkoneksi ke internet dengan sangat lancar sekali meskipun sinyal 3G yang diterima hanya 1 bar. Kesimpulannya router MR3020 ini sangat support dengan modem Sierra 881U.
  2. Berikutnya masih dengan kartu yang sama modem saya ganti dengan Smartfren AC682. Hasilnya modem dapat terdeteksi dan dapat dilakukan koneksi. Koneksi dapat dilakukan jika kondisi sinyal EVDO Full bar. Kecepatan internet menurun drastis karena sepertinya kepekaan modem menjadi menurun saat terpasang pada router berbeda jauh dengan jika langsung disambung ke USB Laptop atau PC. Kesimpulan saya adalah router ini dapat dikonfigurasi dengan modem smartfren AC682 meskipun kepekaan modem dan kecepatan internet menurun apalagi jika sinyal EVDO tidak Full bar.
  3. Pada uji coba setting pada Router 3G TP-Link MR3020 dengan modem smartfren CE682UI hasilnya modem dengan mudah dapat teridentifikasi dan dapat dilakukan koneksi ke internet cukup lancar dengan catatan sinyal EVDO yang didapat haruslah kuat atau Full bar.
  4. Pada modem terakhir Smart CE1261-2 modem dapat teridentifikasi dan terkoneksi dengan mudah. Ternyata modem ini jauh lebih peka dan lebih cepat dibanding type CE682UI maupun AC682 dan lebih cocok dipasangkan dengan router MR3020 dari TP-Link ini.

Berikut ada beberapa kesimpulan Cara Setting 3G Wireless Router TP-Link dengan Modem USB untuk mendapatkan koneksi yang optimal baik dari modem ke router atau router ke komputer :

  1. 3G Wireless Router MR3020 ini hanya dapat terkoneksi ke internet apabila sinyal yang ditangkap adalah 3G untuk GSM. Koneksi ke internet tidak dapat dilakukan apabila sinyal tangkapan hanya GPRS.
  2. Khusus untuk CDMA Smartfren usahakan sinyal benar-benar kuat atau Full bar dan stabil kalau perlu gunakan antena Eksternal misalnya antena Yagi.
  3. Setting Wireless pada Channel 6 untuk memudahkan scanning wireless network oleh client karena dari uji coba yang saya lakukan ternyata berpengaruh pada kecepatan akses data dari router ke laptop.

Mungkin bagi Anda pengunjung blog yang mempunyai pengalaman dengan Cara Setting 3G Wireless Router TP-Link dengan Modem USB ini silahkan share dengan saya dan pengunjung lainnya melalui kolom komentar di bawah ini.