Cara Partisi Harddisk. Kali ini saya akan share salah satu utility software yang berfungsi untuk manajemen partisi yaitu Partition Manager Personal Edition (PMPE). Software ini dibuat oleh Paragon dan memiliki fungsi utama seperti Membuat, Mengedit, Format, Resize, dan Merger Partisi. Sebagai aplikasi berbayar, PMPE menyediakan fitur yang lebih dalam hal manajemen partisi hard disk.

Kelebihan dari pemakaian PMPE terletak pada kemampuannya untuk dapat mengubah ukuran partisi tanpa merusak data, menjalankan beberapa sistem operasi, menyalin partisi hard disk, troubleshooting, melakukan perubahan sistem boot file, dan operasi kompleks lainnya.

Bahkan kita akan menjumpai adanya fiture Partition Undelete yang dapat mengembalikan partisi untuk rekondisi. Ada juga pilihan menu Boot Manajemen. Dalam menu ini, ada dua pilihan yaitu Boot Manager yang akan membuat parameter dari sistem operasi dan pilihan New Install OS untuk menginstal sistem operasi baru. Cara partisi harddisk – Partition Manager Personal Edition

Jika Anda ingin menggunakan beberapa sistem operasi secara bersama-sama maka dapat mencoba untuk membuat fiture Boot Manager. Di sini, akan ada panduan untuk menginstal OS pada Windows. Bagi yang menggunakan Mac OS juga disediakan pilihan menu yang terkait dengan Mac OS. Di dalamnya ada fasilitas yang dapat digunakan untuk memisahkan partisi dan ruang bebas bagi Anda yang ingin menggunakan dua sistem operasi Mac OS dan Windows. Untuk menampilkan fasilitas yang lebih lengkap, Anda dapat menggunakan menu Partition Manager. Dari sini akan terlihat seluruh partisi harddisk yang ada dengan menekan tombol untuk menjalankan fasilitas tersebut. Selain mampu mengidentifikasi format partisi FAT dan NTFS, juga dilengkapi dukungan untuk partisi Linux.

Software ini dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi serupa yang bisa didapat secara gratis. Partition Manager Personal Edition (PMPE) cukup menarik bagi kita yang ingin melakukan pengelolaan beberapa sistem operasi pada satu komputer. Keuntungan dari software ini adalah dapat mendukung beberapa file Windows OS, Mac OS, dan Linux serta Terdapat fitur Manajemen Partisi yang dapat mengembalikan partisi untuk rekondisi. Kekurangannya adalah beberapa fitur tidak aktif dalam versi trial. Anda dapat download versi terakhir Partition Manager Personal Edition (PMPE) melalui link di bawah ini :

Download PMPE