Cara Merubah | Konversi File SWF ke AVI Video. Bagi Anda yang sering membuat animasi menggunakan Software Flash seperti Macromedia Flash atau Adobe Flash dan ingin hasil animasinya dapat dimainkan pada software video player atau dijadikan VCD atau mau diedit lebih lanjut menggunakan video editor, sudah pasti membutuhkan software SWF to Video Converter. Biasanya yang sering dibutuhkan adalah konversi dari file SWF ke AVI.

Berikut akan saya share beberapa konverter SWF to Video yang dapat kita gunakan mulai versi yang paling sederhana sampai yang dilengkapi banyak fiture :

1. SWF to AVI

Konverter yang pertama ini cukup ringan dan mudah sekali digunakan. Dengan kapasitas file yang cukup kecil sekitar 4,75 MB. Software SWF to AVI Converter ini tersedia Gratis alias Freeware. Cara Mengkonversi File SWF ke AVI Video nya cukup mudah tinggal tekan Start Convert. Anda dapat download gratis dari situs resminya.

2. iWisoft Flash SWF To Video Converter

Software untuk mengkonversi file swf ke avi yang satu ini menurut saya cukup bagus. Hal tersebut bila saya lihat dari kualitas gambar yang dihasilkan. Bahkan terdapat pilihan format output video nya ke AVI, MPEG, MP4, 3GP, WMV, FLV, MOV, MP3, WAV, WMA, JPEG, PNG, BMP atau GIF.

Terdapat versi trial yang dapat kita gunakan dengan WaterMark pada sudut kiri atas. Untuk versi Clean (Registered) software untuk mengubah file swf ke avi video ini oleh situs resminya dibandrol dengan harga $79.00 (sekitar Rp.750.000,-). Anda dapat download versi Trial nya secara gratis di situs resminya.

3. E.M. Magic SWF to AVI

Software SWF to AVI Converter yang memiliki cukup banyak versi mulai versi Standart, versi HD dan versi Command Line. Masing-masing memiliki fiture yang berbeda sesuai dengan harganya. Oleh situs resminya software ini dipatok harga mulai dari $35.95, $55.95 dan $399.95. Namun jangan kawatir masih ada versi Gratis (Trial) dari software tersebut. Anda dapat langsung download secara gratis versi Trial di situs resminya.

4. SWF and FLV to AVI Converter Toolbox

Dari segi kapasitas, software SWF to AVI Converter yang satu ini termasuk yang paling besar. Mampu menangani konversi file SWF maupun FLV ke AVI, GIF dan Frame by frame to JPEG, GIF atau PNG. Software ini oleh situs resminya dibandrol pada harga $39.95. Untuk versi gratis nya kita dapat download di situs resminya. Namun sayang untuk versi gratis kita hanya diberi fasilitas Demo saja dan tidak power full.

Di atas tadi hanya beberapa dari begitu banyak software SWF to AVI Converter yang dapat kita gunakan sebagai cara mengkonversi file SWF ke AVI Video. Banyak yang gratis (freeware) dan sangat banyak juga yang berbayar. Dari yang berbayar beberapa ada versi Trial maupun Demo… tinggal tentukan saja pilihan kita.

Berikut URL masing-masing Situs software di atas :

  • SWF to AVI —> http://www.swftoavi.com
  • iWisoft Flash SWF To Video Converter —> http://www.iwisoft.com/swfconverter
  • E.M. Magic SWF to AVI —> http://www.effectmatrix.com
  • SWF and FLV to AVI Converter Toolbox —> http://www.eltima.com/products/swf-tools