Cara Merubah File PDF ke Word dengan Portable PDF to Word Converter. Salah satu tujuan dibuatnya file terformat PDF adalah untuk memudahkan dalam distribusi file khususnya file document. Dengan memformat file menjadi PDF diharapkan originalitas dan keamanan dokumen lebih terjamin termasuk dari serangan virus.

Awalnya dokumen yang telah terformat PFD sangat sulit diedit tidak seperti halnya pada dokumen word biasa. Namun saat ini seiring dengan perkembangan software editing dokumen, telah banyak muncul software yang dapat digunakan untuk mengedit file PDF dengan berbagai jenis. Beberapa software ada yang berlisensi dan beberapa lagi ada yang freeware. Diantara yang berbayar adalah PDF to Word Converter dan Foxit PDF Editor. Kedua program tersebut menawarkan memudahan dalam melakukan editing file PDF.

Kali ini saya akan share software Portable PDF to Word Converter (Freeware). Dengan software ini kita dapat melakukan editing file PDF setelah kita mengubahnya ke file PDF. Karena portable, maka software ini tidak perlu instalasi dan cukup langsung dijalankan pada komputer Anda. Memang kalau dibandingkan dengan yang versi berbayar software Portable PDF to Word Converter 1.1 ini masih kalah jauh karena masih terjadi perbedaan tata letak karakter setelah berubah menjadi file word. Namun untuk ukuran saya software ini sudah lebih dari cukup untuk mengubah file PDF ke Word. Penggunaannya sangat mudah, tinggal jalankan programnya dan silahkan Anda pilih file PDF yang akan dirubah menjadi file Word Document, selanjutnya Anda tentukan folder tempat penyimpanan file word nya dan Klik Convert to Word Document.

Download Portable PDF to Word Converter 1.1

Selain software untuk merubah file PDf ke Word di atas, ada juga software kebalikannya yang dapat digunakan untuk membuat file PDF dari file dokumen lainnya seperti dari MS-Word, yaitu program PDF Creator. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda baca artikel saya mengenai Cara Membuat File PDF.