Cara Menguatkan, Penguat Sinyal GSM, 3G, CDMA Wireless Modem Internet. Pada modem atau wireless LAN bagi para pengguna internet yang memakai layanan Wireless mungkin sudah tidak asing lagi. Karena tentunya ada sebagian yang mengalami penangkapan sinyal wireless LAN atau GSM Modem dan Sinyal 3G yang kurang kuat. Saya menganggap penangkapan sinyal 1/5 s/d 2/5 bar pada sinyal strength adalah kurang kuat mengingat pengalaman membuktikan bahwa dengan strength 1/5 s/d 2/5 bar koneksi internet sering terputus-putus.

Kita bisa melihatnya pada indikator icon dekstop di pojok kanan bawah. Coba Anda lihat 2 gambar komputer kecil di dekat bar-meter yang kadang menyala saat kita browsing internet, download ataupun upload. Cobalah lakukan browsing atau download dan amati indikator tersebut. Disitu Anda akan melihat bahwa proses browsing, download dan upload akan sangat tergantung pada kondisi indikator tersebut. Nah untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan cara menguatkan sinyal wireless dan GSM modem baik Sinyal GPRS maupun Sinyal 3G.

Biasanya untuk penangkapan sinyal yang hanya 1/5 bar atau 2/5 bar akan mengakibatkan indikator sering mati dan pada saat itu proses browsing ataupun download akan berhenti. Hal itu dikarenakan kurang kuatnya sinyal tangkapan dari BTS atau Hotspot. Nah… untuk itu berikut Tip aman untuk menguatkan sinyal GSM Modem baik itu Sinyal GPRS, Sinyal 3G ataupun Sinyal Wireless LAN

Ada 3 cara untuk Menguatkan Sinyal GSM Modem dan Wireless LAN yaitu :

  1. Menggunakan Antena Luar dengan menggunakan sistem induksi . Cara ini biasa diterapkan pada Modem yang tidak dilengkapi Soket untuk konektor antena. Kabel dari antena yang menuju ke Device (Modem/Wireless-LAN) tidak terhubung secara langsung dengan Device, melainkan pada ujung kabel dipasang semacam kumparan induksi/lilitan kawat berdiameter 1mm dengan diameter kumparan kira2 5cm (biasanya terbuat dari kawat berisolasi). Selanjutnya Device dimasukkan kedalam kumparan tadi. Dengan demikian diharapkan terjadi induksi elektromagnetik dari sinyal yang diterima dari antena menuju Device dan sebaliknya. Cara ini cukup efektif untuk Menguatkan Sinyal GPRS atau Sinyal 3G ataupun wireless LAN. Untuk lebih jelasnya Baca Di Sini.
  2. Antena Luar dengan konektor terhubung pada internet modem/wireless. Cara ini seperti kita memasang antena TV dimana ada konektor dari kabel antena yang harus dihubungkan ke TV. Cara ini dapat Menguatkan Sinyal GPRS atau Sinyal 3G dengan sangat signifikan tetapi dengan syarat-syarat ; pertama, Antena harus sesuai dengan frekuensi kerja Device dan Impedansi Device. Karena apabila tidak ada kesesuaian maka sinyal bisa2 malah drop dan terjadi VSWR tinggi di dalam Device sehingga device cepat panas dan bisa berakibat kerusakan; kedua, Device harus memiliki soket untuk antena luar. Masalahnya tidak semua Modem internet memiliki fasilitas tersebut apalagi USB Wireless Internet LAN.
  3. Menggunakan Extender USB atau perpanjangan USB, Cara ini paling murah untuk Menguatkan Sinyal GPRS atau Sinyal 3G meskipun harus sedikit ribet. Internet Modem/ Wereless LAN diletakkan pada tempat yang bebas atau sesedikit mungkin halangan antara modem internet dengan BTS atau Hotspot atau kalau bisa bebas hambatan/halangan artinya kalau modem dan BTS itu punya mata maka bisa saling melihat. Ini tentunya Device harus ditempatkan di ketinggian. Kita bisa Membuat Extender USB dengan kabel UTP yang biasa digunakan untuk jaringan internet di Warnet dan menempatkan modem/wireless kita di atas rumah kita. Untuk pembuatan USB Extender Bisa baca Di Sini.

Selain untuk Menguatkan Sinyal GPRS, Sinyal 3G dan Sinyal Wireless LAN, cara-cara tersebut juga dapat digunakan untuk menguatkan Sinyal CDMA.