Cara Mengoptimalkan Modem. Seperti yang telah pernah saya posting beberapa waktu yang lalu, bahwa ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menguatkan sinyal modem yaitu pada artikel saya sebelumnya tentang cara menguatkan sinyal modem 3g dan cdma. Di sini saya hanya ingin mengulang apa yang pernah saya posting sebelumnya, bahwa untuk mengoptimalkan modem dapat digunakan beberapa cara diantaranya adalah :

1. USB Extender

Pada dasarnya adalah menempatkan modem pada posisi dimana dapat menangkap sinyal dengan baik, artinya bahwa modem ditempatkan agak jauh dari komputer atau laptop. Uutuk mengoptimalkan sinyal modem seperti ini cukup praktis dan mudah karena hanya dibutuhkan kabel perpanjangan usb atau usb extender. Masalah yang muncul pada cara ini adalah terbatasnya panjang usb extender yang dapat digunakan. Pada berbagai percobaan dan pengalaman yang pernah saya lakukan, panjang kabel usb extender tidak dapat lebih dari 12 meter.

USB Extender pada dasarnya sama dengan perpanjangan kabel usb untuk flashdisk, namun hanya jenis kabelnya saja yang membedakan. Kebutuhan daya modem lebih besar dibanding usb flashdisk sehingga kabel yang digunakan harus lebih besar. USB Extender modem dapat dibuat sendiri menggunakan UTP kabel untuk jaringan.

USB Extender dari kabel UTP

Pemakaian kabel di atas 12 meter tidak dapat untuk mengoptimalkan modem dan hampir pasti menemui kegagalan. Kegagalan biasanya terjadi akibat supply daya ke modem tidak memenuhi karena panjangnya kabel, atau pada transmisi data. Apabila kegagalan terjadi akibat supply catu daya ke modem, pada beberapa kasus dapat diatasi dengan penggunaan usb power injector untuk usb extender. Dengan cara tersebut diharapkan supply daya ke modem dapat terpenuhi.

2. Antena Luar

Cara lain untuk mengoptimalkan modem adalah menggunakan antena luar. Dapat digunakan tipe omnidirectional antenna atau directional antenna. Pada banyak penerapan sering digunakan directional antenna berupa antena yagi, helical, atau sistem parabola (wajanbolic), atau sistem waveguide karena dapat menguatkan sinyal modem secara optimal.

Penggunaan antena luar untuk mengoptimalkan penangkapan sinyal modem harus disesuaikan dengan jenis modem nya, apakah pada modem terdapat soket konektor antena atau tidak. Untuk modem dengan soket connector antenna, maka pemasangan antena luar (kabel transmisi) dapat digunakan konektor sesuai tipe soket konektor modem tersebut. Di pasaran banyak tersedia set konektor beserta kabel penghubung antara modem dengan transmisi dalam bentuk kabel pigtail.

Contoh Modem dengan Konektor Antena Luar

Untuk modem yang tidak dilengkapi soket konektor antena luar, maka dapat digunakan teknik antena induksi dengan menggunakan lilitan kawat email yang dililitkan pada badan modem, atau dengan sistem kepingan jalur pada PCB yang ditempelkan pada bagian belakang terdekat dengan antena internal modem.

Induksi Antena pada Modem

Untuk mengoptimalkan penangkapan sinyal modem biasanya digunakan antena jenis pengarah atau directional antenna. Yang paling umum adalah antena yagi dan grid antenna atau dengan sistem reflektor parabola karena ketiga antena tersebut memberikan penguatan sinyal modem yang cukup tinggi. Antena-antena tersebut dapat kita buat sendiri dengan bahan-bahan murah yang ada di sekitar kita.

3. Antena Portable Modem

Penggunaan antena luar dilakukan apabila sinyal di dalam rumah sangat sulit ditangkap (Nol Bar), sedangkan untuk sinyal yang masih dapat diterima di dalam rumah namun terlalu kecil dan hilang-timbul dapat dioptimalkan dengan menggunakan antena Portable Modem yang dapat ditempatkan di atas meja kerja kita. Kita dapat membeli antena portable pabrikan dengan harga kisaran 150 s/d 200 ribu rupiah, atau kita dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Untuk lebih jelasnya dapat Anda baca pada posting saya tentang cara membuat antena portable modem.