Salah satu hal penting bagi seorang blogger adalah, mengetahui jumlah visitor yang telah berkunjung ke blog nya. Cukup banyak website yang menyediakan fasilitas ini secara gratis maupun berbayar. Salah satu yang paling populer digunakan oleh para blogger di seluruh dunia adalah Histats.

Saya sendiri mulai pertama kali membuat blog sudah menggunakan fasilitas ini. Dengan histats kita dapat melihat jumlah pengunjung blog kita secara online. Pernah beberapa saat saya menggunakan visitor counter yang lain namun pada akhirnya tetap saja kembali ke Histats. Hal tersebut karena beberapa kelebihan yang ada pada histats dibanding dengan yang lainnya yaitu, selain script nya ringan juga menawarkan banyak fiture pilihan.

Selain itu histats menyediakan cpanel yang memberikan berbagai informasi tentang pengunjung blog kita, termasuk geolocation dan new visitor serta keyword yang digunakan pengunjung hingga bisa masuk ke blog kita. Selain itu adanya rekaman data pengunjung sampai 2 tahun ke belakang akan memudahkan kita dalam memantau perkembangan visitor yang masuk ke blog kita. Saya berpendapat bahwa histats merupakan statistik blog yang paling lengkap yang pernah saya jumpai dibanding yang lein yang pernah saya gunakan.

Syarat pendaftaran nya mudah, cukup gunakan email aktif dan Anda akan dipandu secara online tahap demi tahap hingga siap menggunakan cpanel dan dapatkan code nya. Setelah itu tinggal copy kode scriptnya dan paste kan pada kode blog Anda dan statistik blog akan membantu mengetahui jumlah pengunjung blog. Anda dapat menempatkannya dimanapun Anda inginkan, seperti di widget, header maupun footer. Anda dapat daftar di Sini dan selanjutnya bisa dapatkan script histats seperti yang terpasang pada sidebar widget blog ini.

Dari sekian lama memasang script histats akhirnya saya dapat mengetahui bahwa pengunjung blog ini tidak hanya dari indonesia, melainkan jumlah nya juga cukup banyak yang berasal dari luar negeri seperti yang terlihat pada geolocation di atas. Beberapa artikel portal yang saya tulis dengan bahasa inggris ternyata cukup membantu membuat visitor dari luar negeri kesasar di blog ini.