This Account Has Been Suspended. Bagi pengguna wordpress self hosted sepertinya harus lebih berhati-hati dalam mengelola blognya. Hal tersebut karena blog wordpress self hosted lebih rawan terhadap hal-hal yang kita tidak sadari yang bisa berakibat fatal pada blog yang kita kelola berupa Account Suspeded oleh penyedia layanan Hosting yang kita gunakan (sewa).

Saya katakan demikian karena blog ini www.oprekzone.com beberapa hari yang lalu sempat terkena Akun Suspeded selama beberapa jam dari penyedia hosting yang saya sewa untuk blog ini. Namun syukurlah hal tersebut segera dapat saya ketahui dan dapat teratasi dalam beberapa menit.

“Berdasarkan log server kami, akun hosting Anda (oprekzone.com) beberapa kali menggunakan resource server secara berlebihan. System di server bekerja secara otomatis untuk menghentikan atau melakukan suspension untuk setiap account yang aktifitasnya di atas normal. Ini perlu kami lakukan dan Anda perhatikan mengingat saat ini Anda menggunakan shared hosting. Shared hosting adalah satu server hosting dimana digunakan oleh banyak user. Oleh sebab itu kami harus memastikan bahwa semua klien kami yang ada di server tersebut bisa mendapatkan akses yang normal. Apabila ada satu account saja yang “over usage” akibatnya semua klien akan merasakan susah akses ke webnya dan bahkan server menjadi tidak normal. Menggunakan lebih dari 15% sumber daya server dalam kurun waktu lebih dari 90 detik. Penyebabnya antaralain, CGI Script, FTP, HTTP, dan lain-lain atau Anda juga bisa mengecek dari error log cPanel. Kami sarankan Anda untuk menggunakan VPS atau Dedicated Server untuk meningkatkan efektifitas website Anda.”

Seperti itulah isi E-mail teguran dan saran dari pemilik hosting. Disarankan menggunakan VPS atau Dedicated Server untuk meningkatkan efektifitas www.oprekzone.com. Saya pikir rasanya kok masih terlalu berlebihan apabila blog ini menggunakan VPS atau Dedicated Server mengingat jumlah visitor yang baru beberapa ribu saja perhari.

Setelah saya telusuri akhirnya saya teringat dengan beberapa hal yang dapat menyebabkan “over usage” RAM pada shared hosting akibat penggunaan resource server yang berlebihan. Hal tersebut khususnya terjadi pada blog yang menggunakan wordpress self hosted. Pemakaian plugin wordpress yang berlebihan (kurang hati-hati) ternyata dapat menyebabkan terjadinya over usage pada server shared hosting (seperti yang saya gunakan). Ternyata ada beberapa¬† plugin yang dibenci oleh penyedia layanan hosting karena sangat berpotensi membebani server, diantaranya adalah :

  1. Plugin WordPress.com Stats. Plugin ini digunakan untuk memonitor keseluruhan akses yang terjadi pada sebuah blog. Plugin ini bekerja secara terus-menerus tanpa henti selama ada akses yang masuk ke blog yang bersangkutan. Semakin banyak fasilitas yang kita aktifkan pada plugin ini maka semakin besar resource server yang tersedot yang dapat mengakibatkan over usage server (pemakaian RAM yang berlebihan). Saya menggunakan plugin ini 2 bulan terakhir.
  2. Plugin Similar Post. Sebenarnya saya sudah lama menggunakan plugin ini. Dengan plugin ini artikel atau posting yang masih ada kemiripan (tag, content, keyword, kategori, deskripsi, dll) dengan halaman ter target akan tampil ditempat sesuai admin meletakkan kode-kode php nya pada halaman single.php. Plugin ini bekerja secara terus menerus. Setiap ada halaman yang diakses maka plugin ini akan melakukan penelusuran secara otomatis ke seluruh artikel yang ada dan memilih artikel prioritas yang akan ditampilkan pada Similar Post. Semakin banyak posting yang ada maka semakin besar resource server yang digunakan. Dapat dibayangkan betapa beratnya kerja server apabila sebuah blog memiliki sangat banyak artikel dan diakses sampai ribuan halaman perhari.

Akhirnya segera setelah mengetahui suspeded blog ini langsung saya menghubungi admin penyedia layanan hosting dan setelah melalui beberapa menit tahapan akhirnya blog ini diperbolehkan tayang kembali. Sebenarnya saya agak kawatir untuk me-nonaktifkan plugin2 diatas terutama plugin Similar Post karena sangat berpengaruh terhadap SEO khususnya pada Visitor dan Pageview. Terbukti beberapa hari setelah saya non-aktifkan plugin tersebut jumlah visitor turun rata2 hingga 20% dan pageview turun rata2 hampir 40%. Apa mungkin harus digunakan Related Post secara manual saja untuk menggantikan Plugin Similar Post..? atau gunakan saja plugin WP Super Cache untuk menghindari account suspended..? kita lihat saja nanti.