Berikut ini saya akan ulang beberapa tips yang dapat digunakan untuk menambah sinyal internet kita. Cara ini semuanya sudah saya terapkan dan hasilnya juga sudah teruji sehingga Anda tidak usah ragu-ragu lagi untuk menerapkan salah satu di antaranya. Hal tersebut berawal dari sinyal modem internet yang naik turun tidak tentu sehingga saya lakukan eksperimen-eksperimen kecil.

Cara memperkuat sinyal modem internet ini dapat diterapkan pada koneksi internet Telkomsel, Indosat, Tri, Flexi, Smartfren atau provider lain, jadi tinggal menyesuaikan dengan jenis modem dan koneksi yang digunakan. Hal ini penting karena syarat utama lancarnya koneksi internet adalah ada tidaknya sinyal dalam arti sinyal yang kuat dan stabil karena tanpa itu mustahil koneksi internet yang cepat dan lancar dapat kita peroleh.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kita gunakan berdasarkan eksperimen yang sudah pernah saya lakukan dan hasilnya benar-benar teruji :

1. Antena Luar

Cara ini cocok diterapkan apabila kita berada cukup jauh dari BTS atau kita berada di dalam ruangan dengan tangkapan sinyal yang jauh dari harapan. Modem yang digunakan biasanya tanpa dilengkapi dengan konektor antena luar sehingga harus digunakan cara lain yaitu dengan sistem induksi menggunakan kumparan kawat email yang dililitkan pada badan modem. Berikut ini penampakannya :

Jenis antena yang sering digunakan untuk cara di atas biasanya adalah antena Yagi sistem induksi. Untuk lebih lengkapnya dapat Anda baca pada artikel Membuat Antena Yagi Sistem Induksi.

Untuk modem internet yang dilengkapi dengan konektor antena luar maka tidak digunakan teknik induksi seperti di atas melainkan kabel langsung dihubungkan menggunakan konektor pasangannya.

2. USB Extender

Penggunaan USB Extender sangat cocok apabila kita sedang berada di dalam ruangan atau rumah sedangkan sinyal di luar cukup kuat. Dengan cara ini kita dapat mencari posisi untuk modem agar dapat menangkap sinyal yang paling kuat dan stabil. Posisi yang paling baik adalah di luar (out door) atau modem tanpa halangan sehingga penerimaan sinyal paling kuat.

Panjang USB Extender biasanya berkisar antara 1,5 meter sampai 10 meter tergantung pada arus usb laptop atau kompi atau konsumsi arus dari modem itu sendiri. Seperti yang saya terapkan saat ini, saya gunakan USB extender dengan panjang sekitar 5 meter dan modem saya tempatkan pada celah ventilasi rumah sehingga tanpa halangan tembok ke arah luar. USB extender dapat dibuat menggunakan kabel UTP yang biasa digunakan untuk LAN. Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri seperti pada artikel saya Cara Membuat USB Extender.

3. Sistem Waveguide

Cara nomor 3 ini dapat langsung anda baca pada artikel saya Penguat Sinyal Modem dengan Sistem Waveguide.

4. Antena Portable

Penggunaan antena jenis ini sangat praktis meskipun pembuatannya terkadang dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam hal ukuran fisiknya. Sangat mudah digunakan karena dapat dibawa kemana-mana dan dapat diletakkan di atas meja kerja. Meskipun ukuran fisiknya kecil namun cara ini cukup efektif untuk memperkuat sinyal modem usb internet. Anda dapat membacanya langsung pada artikel saya yang membahas tentang antena portable tersebut pada blog ini.

Dari beberapa cara memperkuat sinyal modem 3g dan CDMA internet di atas Anda dapat pilih salah satu yang cocok dan sesuai dengan kondisi yang ada di sekitar Anda.