Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem

Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem. Untuk dapat menempatkan USB Modem atau USB WiFi pada ketinggian yang berjarak agak jauh dari komputer, diperlukan adanya perpanjangan kabel USB atau yang sering disebut USB Extender . Dipasaran memang banyak USB Extended atau perpanjangan USB namun untuk panjang 5 meter ke atas tentunya sangat sulit dan sangat mahal. Berikut cara membuat USB Extender atau perpanjangan USB Extended untuk Modem AirCard ataupun Wireless-LAN. Berikut alat dan bahan untuk pembuatannya :

  1. Kabel UTP merk Belden yang bagus (agar tahan cuaca) dengan panjang kira2 = 5  meter atau sesuai kebutuhan. Maksimal 10-meter
  2. USB Extender / Perpanjangan USB = 1 set yang paling pendek klu ada
  3. Isolasi kabel warna hitam yang biasa digunakan untuk instalasi listrik
  4. Kondom Kabel / selongsong karet kecil untuk menutup sambungan kabel. Anda dapat membuatnya dari pembungkus luar kabel
  5. Isolator atau pipa listrik maspion = 2 buah masing2 panjang sekitar 10-cm
  6. Solder, Tang Potong dan Lem Bakar

Langkah Pembuatan USB Extender :

  1. Potong USB Extended / Perpanjangan USB yang mau diperpanjang kira-kira 5-cm dari kepala konektor, kupas  selongsong kabel, disitu ada 4 kabel masing2 berwarna merah, hitam, hijau dan putih. keterangan ; kabel merah = untuk tegangan 5VDC dari Port USB pada komputer, kabel Hitam = Ground (Nol), kabel Hijau dan Putih = Data + dan Data -.
  2. Kupas kedua ujung kabel UTP kira2 5cm dari ujung selongsong kabel,  disitu terdapat 4 pasang kabel masing2 : Coklat-CoklatPutih, Orange-OrangePutih, Biru-BiruPutih dan Hijau-HijauPutih. Berikutnya, kupas isolasinya sehingga kelihatan tambaganya
  3. Sambungkan kabel Hijau dari kabel UTP dengan kabel Hijau dari kabel Extender USB yang telah dipotong.
  4. Sambungkan kabel HijauPutih dari kabel UTP dengan kabel Putih dari ExtendedUSB yang telah dipotong.
  5. Gabungkan kabel Orange-OrangePutih (2 kabel digabung jadi 1) pada kabel UTP, kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Merah dari usb Extender yang telah dipotong.
  6. Gabungkan kabel Coklat-CoklatPutih dengan kabel Biru-BiruPutih (4 kabel digabung menjadi 1), kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Hitam dari Extended USB yang telah dipotong.

Potongan Konektor USB  dan UTP :

Kable UTP dan Konektor USB :

USB Extender 5-meter :

Jangan lupa masing-masing sambungan pada USB Extender disolder, dibungkus kondom kabel atau diisolasi. Selanjutnya masukkan kabel ke dalam pipa listrik atau langsung diisolasi sehingga menutup seluruh sambungan kabel tadi dan kalau perlu isi pipa tadi dengan Lem Bakar (khusus untuk pemasangan di luar) sampai penuh atau cukup menutupi ujungnya saja. Pastikan air hujan tidak bisa masuk. Nah Pembuatan USB Extender selesai dan Extended siap digunakan. Cobalah dulu menggunakan Flashdisk, kalau OK berarti USB Extended siap digunakan untuk Menguatkan Sinyal Modem atau Wireless-LAN. Pengalaman saya dalam membuat USB Extender, panjang total efektif untuk Modem adalah tidak lebih dari 10 meter. Di atas 10 meter komunikasi data sering error dan drop bahkan untuk beberapa jenis modem terjadi Not Found Detected Device artinya Modem tidak terdeteksi meskipun untuk flashdisk OK.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dipasang USB Repeater.. namun harganya cukup mahal,.. sebagai contoh USB Repeater sepanjang 5 meter berharga Rp.300 ribuan !! Atau bisa dicoba dipasang USB Power Injektor, yaitu dengan memberikan Catu Daya tersendiri pada Modem/Wireless seperti halnya pada Access Point. Dengan Rangkaian tersebut USB Extender bisa diperpanjang sampai dengan 10-12 meter. Nah, sederhana bukan cara membuat USB Extended Modem dan Wireless?. Baca selanjutnya : Pembuatan USB Power Injector Modem dan Wifi.

200 thoughts on “Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem

  1. Master operk….
    request cara membuat usb modem dunk, dengan memanfaatkan hp/ponsel bekas + flasdisk.
    kan di dlm hp ada slot kartu SIM tuh, trus qt ambil slotny d modifikasi dan disambung dg usb flasdisk.
    kira2 bisa gak y?

  2. Gan Saya Minta Tolong ,Tolong Bntu :) ,, Saya Habis Beli 2 USB Exterder 5m
    Jadi Total 5m + 5m = 10 m , pada saat saya Sambung bersamaan ternyata conec,, tapi pada saat saya coba Conecting ke internet 2 detik kemudian langsung disconect :( gmana Gan Mohon Solusinya :D thx

    kepanjangan… bikin sendiri saja pakai UTP

  3. mas OprekZone
    mau nnya sedikit sorry kalo salah t4
    kalo saya mau bikin alat dengan ujung yg satunya kamera (WebCam), trus ujung satunya lagi dipasng layar sebagai media penerima gambar (HP android atau tab atau yang lainya yang mudah di bawa-bawa) yang bisa nampilin gambar dengan panjang kabel max 12 s/d 15 meter. . .

    kira-kira jenis kabel yang cocok apa??? kemudian port apa yang harus digunakan yang compatible dengan port pada media penerimanya tadi.

    terima kasih . . .

  4. mau tanya bang..
    saya pakai kabel usb biasa 3m …
    setelah saya tancap modem, flasddisk,dlll. pada gk bisa…
    kemudian saya coba potong jadi setangahnya ,tetap juga gk bisa….
    ….
    setelah saya browsing …ketemu dah apa yang saya inginkan …..
    harus mendisable usb memalui bios (mode)…
    setalh saya tancapkan modem….benar bisa masuk, tapi sinyal pada modem gk kluar dan device modem putus”…..

    gimana ya solusi nya….

  5. gan maw tanya saya bru beli 2 kbel usb 1m+1m=2m
    dan udah saya sambung sama persis sama warna kabelnya,bisa konek tapi tiap 2-5dtik kok disconek itu knapa ya gan?makasih

  6. gan laptop saya tidak bisa mutar hardisk external, karta bengkel daya dari usb ke hardisk kurang kuat atau lemah. kalo boleh tahu solusinya gimana ya gan?

    ganti driver supply usb, hrs bongkar laptop dan solder2… resiko tinggi, ongkos service agak mahal…

  7. mas ini saya buat kabel usb extended sesuai dengan langkah diatas,,tp ketika saya coba selalu tidak bisa “unrecognize”, kemudian saya coba membuat sendiri rangkaian sesuai warna kabelnya..
    PO-O –> Merah
    PC-C –> Hitam
    PB-B –> Putih
    PH-H –> Hijau
    Nah saya buat seperti itu, kemudia saya coba dengan flashdisk bisa.. buat copy data pun bisa… tp ketika saya coba dengan wireless usb adapter tidak bisa ,, “unrecognize” lagi… Wireless USB Adapter saya TP-Link TL-WN723N.

    Saya mohon bantuannya mas..
    Terimakasih..

  8. gan,,sya udah buat semuanya. dan hasilnya berhasil..tpi sya mo nyambung modem ke Acces point agar yang pake bukan cuma 1 org gan..tpi ketika disambung ke Acces point,,modem tidak terdetect…
    mohon bantuannya gan…

    klu pkai accesspoint lebih baik tanpa extender, tapi modem langsung dpasang k ap, selanjutnya APnya yg ditaruh diatas cari posisi sinyal yg kuat

  9. tambahan tapi klo pake flasdisk ama smart bisa d pake gan cuma pake flash kagak bisa…

  10. Gan kalo pakai port USB 3.0 dari bawah, kan arusnya lebih besar daripada usb 2.0 tuh… kalo pakai USb3.0 Bisa sampai berapa meter? >12M nyampe kah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *