Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem

Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem. Untuk dapat menempatkan USB Modem atau USB WiFi pada ketinggian yang berjarak agak jauh dari komputer, diperlukan adanya perpanjangan kabel USB atau yang sering disebut USB Extender . Dipasaran memang banyak USB Extended atau perpanjangan USB namun untuk panjang 5 meter ke atas tentunya sangat sulit dan sangat mahal. Berikut cara membuat USB Extender atau perpanjangan USB Extended untuk Modem AirCard ataupun Wireless-LAN. Berikut alat dan bahan untuk pembuatannya :

  1. Kabel UTP merk Belden yang bagus (agar tahan cuaca) dengan panjang kira2 = 5  meter atau sesuai kebutuhan. Maksimal 10-meter
  2. USB Extender / Perpanjangan USB = 1 set yang paling pendek klu ada
  3. Isolasi kabel warna hitam yang biasa digunakan untuk instalasi listrik
  4. Kondom Kabel / selongsong karet kecil untuk menutup sambungan kabel. Anda dapat membuatnya dari pembungkus luar kabel
  5. Isolator atau pipa listrik maspion = 2 buah masing2 panjang sekitar 10-cm
  6. Solder, Tang Potong dan Lem Bakar

Langkah Pembuatan USB Extender :

  1. Potong USB Extended / Perpanjangan USB yang mau diperpanjang kira-kira 5-cm dari kepala konektor, kupas  selongsong kabel, disitu ada 4 kabel masing2 berwarna merah, hitam, hijau dan putih. keterangan ; kabel merah = untuk tegangan 5VDC dari Port USB pada komputer, kabel Hitam = Ground (Nol), kabel Hijau dan Putih = Data + dan Data -.
  2. Kupas kedua ujung kabel UTP kira2 5cm dari ujung selongsong kabel,  disitu terdapat 4 pasang kabel masing2 : Coklat-CoklatPutih, Orange-OrangePutih, Biru-BiruPutih dan Hijau-HijauPutih. Berikutnya, kupas isolasinya sehingga kelihatan tambaganya
  3. Sambungkan kabel Hijau dari kabel UTP dengan kabel Hijau dari kabel Extender USB yang telah dipotong.
  4. Sambungkan kabel HijauPutih dari kabel UTP dengan kabel Putih dari ExtendedUSB yang telah dipotong.
  5. Gabungkan kabel Orange-OrangePutih (2 kabel digabung jadi 1) pada kabel UTP, kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Merah dari usb Extender yang telah dipotong.
  6. Gabungkan kabel Coklat-CoklatPutih dengan kabel Biru-BiruPutih (4 kabel digabung menjadi 1), kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Hitam dari Extended USB yang telah dipotong.

Potongan Konektor USB  dan UTP :

Kable UTP dan Konektor USB :

USB Extender 5-meter :

Jangan lupa masing-masing sambungan pada USB Extender disolder, dibungkus kondom kabel atau diisolasi. Selanjutnya masukkan kabel ke dalam pipa listrik atau langsung diisolasi sehingga menutup seluruh sambungan kabel tadi dan kalau perlu isi pipa tadi dengan Lem Bakar (khusus untuk pemasangan di luar) sampai penuh atau cukup menutupi ujungnya saja. Pastikan air hujan tidak bisa masuk. Nah Pembuatan USB Extender selesai dan Extended siap digunakan. Cobalah dulu menggunakan Flashdisk, kalau OK berarti USB Extended siap digunakan untuk Menguatkan Sinyal Modem atau Wireless-LAN. Pengalaman saya dalam membuat USB Extender, panjang total efektif untuk Modem adalah tidak lebih dari 10 meter. Di atas 10 meter komunikasi data sering error dan drop bahkan untuk beberapa jenis modem terjadi Not Found Detected Device artinya Modem tidak terdeteksi meskipun untuk flashdisk OK.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dipasang USB Repeater.. namun harganya cukup mahal,.. sebagai contoh USB Repeater sepanjang 5 meter berharga Rp.300 ribuan !! Atau bisa dicoba dipasang USB Power Injektor, yaitu dengan memberikan Catu Daya tersendiri pada Modem/Wireless seperti halnya pada Access Point. Dengan Rangkaian tersebut USB Extender bisa diperpanjang sampai dengan 10-12 meter. Nah, sederhana bukan cara membuat USB Extended Modem dan Wireless?. Baca selanjutnya : Pembuatan USB Power Injector Modem dan Wifi.

200 thoughts on “Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem

  1. gan kalo usb ke usb bisa gak gan???
    dah tu kabel nya harus kabel extender ya. gak bisa pake kabel bekas carger hp yaa. mohon info nya gan.

  2. Mas aq mau tny.. Aq pakai modem pro link ph 600 & tp link wireles wn727.pakai kable perpanjangan usb extender 10 meter beli di toko masih gak terbaca di pc.kira2 apa yg kurang mas,tapi klu kable usb prpanjangan di tancepin flasdist selalu nyambung…(rencana mau bikin antena wajan holig) tp kable gak coneek buat modem pro link/ antena tlp link wereles wn 727n

  3. Saya punya sedikit saran sih.. dari sedikit percobaan buat agan – agan yang sering mengalami masalah koneksi dengan usb device (device not recognize) sebaiknya pake kabel UTP Belden USA atau CAT 5e (kabel dengan kandungan tembaga yang tinggi) karena hambatan yang kecil (percobaan OK sampe panjang 10m), sedangkan untuk kabel UTP merk Sturdy/Prolink (mungkin kandungan tembaga yang rendah) panjang kabel 5 meter aja kadang detect kadang tidak. untuk lebih bagusnya coba ke toko teknik cari kabel (tembaga) yang berkualitas tinggi sekitar 12rban permeter (harganya ngga sebanding mending pake antena Yagi atau Repeater aja sekalian biar koneksi Joss)

  4. mas saya mau nanya ni. saya uda buat usb exst…tapi kok usb not recognize yaa? minta pencerahan. trims

    cek kualitas kabel…utk kaabel sekarang pakai merk yg terbaik….

  5. Buat teman2 yang mau buat kabel ekstender hingga mencapai 25 m menggunakan kabel UTP bisa pakai converter konektor RJ45 to USB. Saya sudah mencobanya lancar hingga 20 meter.

  6. Assalamualaikum Mas saya mau tanya nih karna banyak sekali komentar dan mungkin sudah dibahas tp saya luput krna tidak membaca semuanya,,
    ada yg bisa kasih riview gk kecepatan transfer data menggunakan perpanjangan pure USB dan USB extender yang sudah diubah jadi kabel UTP??
    apa lebih cepat UTP atau hampir sama? u/ perpanjangan dgn jarak yg sama semisal 5meter
    makasih, ditunggu informasi bermanfaatnya :)

  7. oo..baru tahu usb extender bisa di buat dari kabel UTP, makasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *