Cara Membuat Dummy Load RF 50 Ohm

Membuat Dummy Load RF. Pada Eksperimenter Radio Frequency Power tidak bisa lepas dari perlengkapan tersebut. Kalau diistilahkan bisa berarti Beban Tiruan. Alat ini hampir pasti dibutuhkan dan merupakan hal vital bagi yang berkecimpung di dunia RF Power untuk menguji perangkat Transmitter RF Power sebelum dipasang beban yang sesungguhnya yaitu Antena.

Karena sifat Sinyal RF yang sangat sensitif apalagi bila bekerja pada VHF ke atas, maka karakteristik Rangkaian Dummy Load yang ideal harus benar-benar dipenuhi. Berikut karakteristik yang harus dipenuhi oleh sebuah Dummy Load RF :

  • Impedansi (Z) harus sama dengan Impedansi Output Transmitter (umumnya 50-ohm)
  • Desipasi Daya lebih besar dari Daya Output Transmitter (nominal 2 kali)
  • Bersifat Resistive Murni Z = R (bukan Reactive Z = R + jX atau Z = R – jX)
  • Tidak meradiasikan Energi RF melainkan Mendesipasikannya menjadi panas
  • Bandwidth lebar mulai taraf DC hingga beberapa ratus MHz (VHF – UHF)
  • Toleransi perubahan nilai Impedansi akibat perubahan suhu harus sekecil mungkin

Dummy Load pabrikan dengan berbagai merk banyak dijual dipasaran, namun harganya relatif sangat mahal sehingga sebagian besar Amatir lebih memilih untuk membuat sendiri.

Untuk membuat Dummy Load dan dapat memenuhi persyaratan diatas, dapat digunakan Resistor Karbon sebagai bahan pembuatannya. Berbeda dengan Resistor dari bahan Nikelin, resistor karbon tidak bersifat Reaktif (Induktif maupun Kapasitif). Resistor Nikelin terbuat dari Kawat atau Plat Nikelin yang dililit pada bahan keramik atau dibungkus keramik/bahan gips dan dengan demikian akan bersifat Induktif (+jX) atau Kapasitif (-jX).

Hal tersebut akan berpengaruh pada Nilai Akhir (Z = R +/- jX) sehingga Karakteristik sebuah Dummy Load RF tidak lagi terpenuhi karena Nilai Impedansi akan sangat terpengaruh oleh tinggi rendahnya frekuensi.  Untuk itulah digunakan Resistor Karbon. Di pasaran cukup banyak tersedia Resistors Carbon namun dengan nilai dan daya yang sangat terbatas. Yang paling banyak adalah 2-Watt.

Hal pertama dalam membuat dummy load adalah menentukan Daya Maksimal dan Impedansi. Sebagai contoh apabila menginginkan Dummy Load 50-Ohm/40-Watt dengan bahan Resistor Karbon 1000-Ohm/2-Watt maka diperlukan Resistor sebanyak :

1000/50 = 20 buah resistor

Selanjutnya persiapkan :

  • 2 PCB berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 4-cm
  • Connector 50-Ohm
  • 10-cm RG-8

Kemudian Rangkailah Resistor tersebut secara paralel pada PCB tadi sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini :

Dengan begitu kita sudah memperoleh Dummy Load 50-Ohm dengan Daya Maksimal 40-Watt.

Atau dengan cara seperti di bawah ini :

Kaki Resistor harus sependek mungkin (maksimal 10-mm) untuk memaksimalkan desipasi RF Dummy Load. Pada contoh kedua kita bisa dapatkan Dummy Load 50-Ohm/12Watt.

8 thoughts on “Cara Membuat Dummy Load RF 50 Ohm

  1. Mat Kenal……. Saya butuh Dummy Load antara 100-300 waat, yang bagus merek apa? dan harga yang tidak terlalu mahal dan dapatnya bisa dimana? Thanks Sebelumnya.

    ma’af utk rujukan sy tdk bisa sebut merk. harga sekitar 800 ribuan utk daya maks 400-Watt. silahkan googling sj pasti nemukan :d

  2. Gini bang, tentang nge-tune pemancar radio. Saya pake SWR meter merk Maldol HS-260S. Gmn sih cara pakenya bila kita tune boster pemancar fm, trutama posisi potensionya, itu fungsinya apa?
    Trus panjang kabel antara pesawat TX dgn SWRnya berapa idealnya?
    Juga panjang kabel ke Dummy Load berapa juga idealnya?
    TX dgn TR Final SC2630, bekerja di frekwensi 100,50 MHz.
    Atas bantuannya,sblumnya mkash banyak. Klau mau blz pake email

    – panjang kbel dr TX k SWR sependek mngkin
    – panjang kbel dummy load jg sependek mngkin (klu bisa tanpa kabel)
    – potensio pd SWR berfungsi utk kalibrasi perbandingan standing wave (utk matching VU Foward hrs maks dan VU Reverse hrs minimal)
    perlu diketahui, yg di tune bkn hny TXnya sj, tp jg kbel transmisi dan antena. Urutannya adalah ;
    1. Lakukan tune TX dgn SWR dan dummy load
    2. Lakukan tune kbel transmisi dgn SWR, dummy load pakai konektor T dg memotong kbel transmisi sedikit dmi sedikit hingga SWR hampir 1 : 1
    3. Terakhir adalah Tune Antena hingga diperoleh SWR paling kecil (ideal 1 : 1)

  3. Oya, mkasih infox bang, tapi maaf, saya blum ngerti cara nge-tune kbel transmisi dgn SWR, dgn dummy load pakai konektor T dgn memotong kbel transmisi sedikit dmi sedikit. Maksudnya ujung kabelnya terbuka? Tidak di hubungkan dgn antena ya,bang? dan Dummy Loadnya juga di pasang ya saat nge tune kabelnya?
    Maaf, soalnya saya msih pemula soal nge tune, dulu saya cuma langsung pasang dgn anten saat nge tune.
    Thanks sblumnya bang.

    betul… jd urutannya : TX -> SWR -> langsung k konektor T (yg satu k dummy load, yg satu ke kbel transmisi). ujung kbel transmisi terbuka dipotong sedikit2 sampai diperoleh SWR 1 : 1

  4. Salam knl bos.mau tanya nich,Tune TX supaya di dapat 50 omh gmana caranya boos,q tunggu jwbanya suwon.

  5. mas sy msh blm nyambung dgn dummy load yg 40 watt ksh skema donk
    maklum di pemancar sy mah hijau tkb sy tg infonya,,,,,krm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *