Cara Membuat Animasi Stop Motion (Bidang Datar). Dari berbagai jenis karya animasi, salah satunya adalah cara membuat animasi stop motion. Dilihat dari namanya Animasi Stop Motion yang berarti Animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Memang demikianlah sesungguhnya prinsip membuat animasi Stop Motion.

Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi. Yang akan coba saya share disini adalah mengenai Cara Pembuatan Gambar Animasi Stop Motion Bidang Datar atau 2 Dimensi. Untuk membuatnya kita bisa menggunakan beberapa cara yaitu menggunakan komputer untuk menggambar. Kedua dengan menggambar langsung di kertas atau menggunakan media lainnya. Yang akan saya paparkan disini adalah cara kedua yaitu menggambar langsung di kertas.

Sebagai latihan, yang perlu dipersiapkan disini adalah :

  • Sebuah Komputer
  • Sebuah Webcam yang dilengkapi pengatur fokus atau dapat juga digunakan kamera digital
  • Sebuah gambar Statis yang berfungsi sebagai Background
  • Sebuah gambar lagi yang digunakan sebagai obyek yang akan membentuk¬† animasi
  • Software Animasi Stop Motion Bidang Datar

Yang perlu diperhatikan pada cara pembuatan Animasi Stop Motion bidang datar adalah posisi kamera (Webcam) dan pencahayaan. Usahakan posisi kamera tidak bergerak-gerak saat dilakukan pengambilan gambar atau saat melakukan perubahan gerak obyek animasi. Untuk itu Webcam dapat dipasang pada penyangga yang cukup kuat dan mengarah hampir tegak lurus dengan gambar.

Perubahan gerakan yang semakin sedikit pada setiap pengambilan gambar akan menghasilkan Gerakan Animasi yang semakin halus. Untuk itu Storyboard akan sangat membantu untuk menentukan awal dan akhir gerakan sehingga durasi untuk setiap hasil gerakan animasi yang didapat bisa diperhitungkan dengan tepat sesuai dengan kecepatan frame yang direncanakan. Atur fokus dari Webcam dengan teliti dan usahakan pencahayaan tepat berada di atas gambar dengan jarak yang disesuaikan sehingga dapat menghasilkan gambar dengan garis tepi obyek yang jelas terlihat. Untuk Software Animasi Stop Motion saya share 2 software yang bisa Anda Download yaitu Stopmotion1 dan Take5.

Software Take5 Animation

Software Animation1 (Freeware)

Kedua software untuk membuat animasi bidang datar tersebut di atas salah satunya merupakan freeware. Pengoperasiannya hampir sama hanya pada fasilitas yang berbeda. Selain itu kedua software di atas hanya support untuk Windows XP khususnya untuk Animatio1.