Cara Keluar dari Google Sandbox. Bagi blogger tentunya hal tersebut bukanlah hal yang asing lagi, khususnya bagi mereka yang sering bergelut dengan SEO. Setiap Blogger yang sering malang-melintang dalam dunia SEO pasti pernah mengalaminya. Sandbox Google atau kalau diterjemahkan “Kotak Pasir Google”, menurut saya pribadi merupakan semacam lautan pasir yang siap menelan siapapun yang oleh Google dianggap menyalahi aturan main dalam Search Enginenya.

“Menyalahi”… dalam hal ini bisa saja karena seringnya kita melakukan perubahan (editing) halaman posting khususnya yang berkaitan dengan SEO. Ternyata perubahan yang terlalu sering dalam periode tertentu sangat tidak disukai oleh Search Engine Google dan ini bisa berdampak buruk pada URL halaman posting tersebut. Dampak buruk tersebut adalah hilangnya URL posting tersebut dari Search Engine Google bahkan melalui pencarian dengan Keyword yang disertai nama Domain sekalipun.

Bahkan dalam kondisi terburuk bisa berakibat hilangnya halaman indek dari Search Engine google. Kalau ini sampai terjadi bisa saja Posting yang biasa nangkring di urutan atas halaman pertama pencarian google langsung lenyap tanpa bekas. Bayangkan kalau ini terjadi pada banyak halaman posting, bisa saja blog bertrafik ribuan visitor sehari langsung sepi pengunjung apalagi kalau sampai berlarut-larut tanpa disertai solusi cara keluar dari google sandbox tersebut.

Itulah yang pernah saya alami. Salah satu Blog saya masuk Google Sandbox dan akhirnya menjadi hanya tinggal beberapa ratus visitor sehari. Kejadian tersebut berawal setelah saya menghapus beberapa ratus komentar dan ternyata hal tersebut berdampak pada hilangnya URL beberapa Posting Populer dari Search Engine Google. Berikut beberapa cara saya keluar dari Google Sandbox saat itu :

  1. Jangan Panik. Kepanikan ini biasanya akan membuat kita melakukan editing posting secara membabi buta dan cara ini  justru bisa memperburuk keadaan. Biarkan keadaan tersebut beberapa hari sampai sekitar 1-2 minggu. Kalau dalam kurun waktu tersebut tidak keluar dari google sandbox maka bisa dilakukan tindakan
  2. Lakukan editing dengan mengubah atau mengurangi keyword2 tertentu dan lakukan publish ulang termasuk Add URL artikel ke Google
  3. Sering Blog-Walking ke situs-situs besar dan tinggalkan komentar dengan mencantunkan URL artikel yang masuk Sandbox Google agar cepat keluar
  4. Sabaaar
  5. Berdo’a,  supaya cara keluar dari Google Sandbox yang telah kita lakukan berhasil

Hanya itu cara yang saya lakukan untuk keluar dari Google Sandbox dan Alhamdulillah berhasil. Mungkin Anda punya cara lain..?