Cara Install WordPress pada Localhost atau Server Lokal. Setelah beberapa waktu yang lalu saya posting cara membuat server lokal atau localhost pada komputer PC, berikut ini tutorial instalasi wordpress pada localhost. Yang perlu dipersiapkan adalah komputer yang sudah terinstall software webserver.

Software webserver dapat menggunakan Wampserver, Xampp, Appserv, atau PhpTriad. Cara untuk install WordPress pada localhost kali ini sengaja saya gunakan Wamp5 Server 1.7.4. Pertama yang harus dipersiapkan adalah paket Script CMS WordPress. Kali ini saya gunakan script CMS wordpress 3.0. Anda bisa download di situs resminya WordPress. Setelah download, lakukan Extract dan rename folder direktori menjadi BelajarWordpress dan letakkan pada root direktori www pada folder Wamp seperti di bawah ini :

Langkah awal install wordpress di localhost atau server lokal adalah membuat database. Jalankan Wamp Server, Klik Icon Wampserver di pojok kanan bawah Layar —> Pilih dan Klik phpMyAdmin maka akan muncul tampilan berikut :

Buatlah database dengan cara mengetikkan nama database (tanpa spasi) pada kolom Create new database dan Klik Create seperti tampilan di atas. Pada install wordpress di localhost, database yang berhasil dibuat akan tampil pada sebelah kiri halaman phpMyAdmin :

Selanjutnya kita siap melakukan instalasi WordPress di Localhost atau Server lokal. Kembali lakukan Klik Icon Wampserver di pojok kanan bawah layar. Kali ini Pilih dan Klik Localhost dan akan tampil seperti berikut :

Pada Your project’s akan tampil folder direktori BelajarWordpress yang telah dibuat di atas, Klik folder tersebut dan kita akan masuk ke halaman Install wordpress pada Localhost berupa perintah untuk membuat file wp-config.php —> lakukan Klik tombol Create a Configuration File —> Klik Let’s go! dan akan tampil seperti berikut :

Masukkan Database Name dengan nama database yang telah Anda buat BelajarWordpress, Ganti User Name dengan root dan kosongkan Password lalu tekan Submit dan kita akan di bawa ke halaman Install —> Klik Run the Install dan akan tampil halaman berikut :

Masukkan Site Title, e-mail dan buatlah Password.  Biarkan  Username tetap saja pada admin untuk memudahkan login kemudian —> Klik Install WordPress. Apalagi instalasi berhasil maka akan muncul halaman berikut :

Klik Login —-> biarkan Username tetap pada admin dan masukkan Password yang telah Anda buat tadi —> Klik  Login, maka akan muncul Dasboard hasil dari Install WordPress 3.0 di localhost seperti berikut :

Pada tahap ini kita sudah selesai melakukan Install WordPress pada Localhost atau Server Lokal. Selanjutnya kita dapat menggunakannya untuk latihan CMS WordPress termasuk edit theme dan sebagainya sebelum kita melakukannya secara online. Cara Instalasi di atas juga hampir sama apabila kita menggunakan software Webserver yang lainnya seperti Xampp, Php Triad ataupun Apserv.