Cara Install Windows XP di Laptop Compaq Presario CQ35-336TX. Beberapa waktu yang lalu saya membeli  Notebook Compaq CQ35-336TX dengan Operating System Windows 7. Tadinya mau membeli merk selain Compaq namun saya kepincut dengan Spec-nya yang lumayan terutama pada VGA-nya yang sudah dedicate VGA NVIDIA Geforce 105M.

Saat itu si Penjual memberitahu bahwa Compaq Presario CQ35-336TX tersebut termasuk SATA Laptop yang hanya support untuk OS Windows 7 dan tidak bisa diinstall Windows XP. Saat itu saya berpikir tidak apa-apa lha wong tampilannya juga lebih menarik. Setelah beberapa lama menggunakan dan install-install aplikasi ternyata cukup banyak program-program aplikasi yang biasa saya gunakan tidak bisa diinstall pada Windows 7, maklum aplikasi yang saya gunakan kebanyakan software kawakan. Kalaupun bisa ternyata juga tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya (beberapa menu tidak berfungsi). Sesaat saya berpikir untuk kembali ke Windows XP 32 bit yang biasa saya gunakan untuk PC di rumah, namun saat itu terpikir juga bahwa Cara untuk Install Windows XP 32 Bit pada Laptop Compaq Presario CQ35-336TX rasanya pasti ribet karena harus melakukan penyesuaian ATA – SATA. Penyesuaian ini harus dilakukan karena kalau dipaksakan Layar LCD langsung Blue Screen begitu masuk Bootable CD. Nah… untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan beberapa cara yaitu :

  1. Oprek-oprek BIOS (Downgrade BIOS ROM pada Notebook)
  2. Oprek-oprek OS Windows XP (Membuat CD Kompilasi OS Windows XP ATA -  SATA) dengan menambahkan driver SATA iaAHCI pada Master OS Windows XP-nya.

Cara pertama memiliki resiko yang sangat-sangat tinggi bagi Laptop. Pada cara ini harus dilakukan Flash BIOS ROM pada Notebook (Downgrade BIOS) dari SATA ke ATA/IDE. Kesalahan dalam cara ini akan mengakibatkan Laptop Blank alias mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi. Saya tidak memilih cara ini karena Laptop Compaq CQ35-336TX yang jadi taruhannya…

Akhirnya untuk Install Windows XP pada Laptop atau Notebook Compaq Presario CQ35-336TX saya pilih cara kedua. Pada cara ini yang di oprek-oprek adalah OS Windows XP nya. Untuk melakukan itu semua yang harus dipersiapkan adalah Software NetFramework (saya gunakan NetFramework_2.0), ATA – SATA iaAHCI Driver for Windows XP 32 Bit, Software nLite (saya gunakan nLite 1.49.1).

Download file-file di atas dan simpan pada PC/Laptop lain yang dilengkapi CD-RW. Berikut langkah-langkah pembuatan CD Kompilasi OS Windows XP ATA – SATA :

  1. Jalankan NetFramework_2.0. Lakukan instalasi sampai selesai pada PC/Laptop yang akan digunakan untuk membuat CD Kompilasi OS Windows XP.
  2. Copy file-file OS Windows XP dan simpan dalam Folder pada Harddisk PC/Laptop
  3. Jalankan Nlite dan lakukan instalasi sampai selesai pada PC/Laptop yang akan digunakan untuk membuat CD Kompilasi.
  4. Lakukan Restart PC/Laptop untuk memastikan Refresh System.

Pada tahap ini kita sudah siap membuat CD Kompilasi untuk keperluan Install Windows XP pada Laptop Compaq Presario CQ35-336TX dengan menggunakan Program nLite. Jalankan nLite dan Anda akan mendapatkan tampilan awal seperti di bawah ini :

Lebih lengkapnya silahkan Download saja Tutorial  Pembuatan CD Kompilasi OS Windows XP ATA-SATA 32 Bit menggunakan nLite. Download Tutorial Lengkap nLite.

Setelah CD Kompilasi OS Windows XP selesai dibuat, Cara selanjutnya adalah Install OS Windows XP pada Laptop Compaq Presario CQ35-336TX seperti yang biasa kita lakukan pada PC.

Yang paling penting dalam Cara Install Windows XP di Laptop Compaq CQ35-336TX adalah drivernya. Dari Situs resmi HP Compaq sendiri ternyata tidak menyediakan Driver untuk OS Windows XP 32 Bit. Mereka hanya menyediakan Driver untuk Vista dan Win 7. Terpaksa harus Browsing sana-sini. Beberapa kali terjadi Laptop Hang (Macet) akibat Cross Driver karena ternyata drivernya tidak sesuai. Setelah cukup lama berusaha disertai Trik tertentu dalam Browsing Driver akhirnya berhasil juga mendapatkan semua Drivernya dan dapat berjalan dengan SEMPURNA pada OS Windows XP 32 Bit dan tidak terjadi Cross Driver.

Download Kompilasi Windows XP 32 Bit SATA iaAHCI

NetFramwork 2.0
iaAHCI Driver – atasata_32
nLite 1.49.1

Bagi yang menginginkan Driver Compaq CQ35-336TX untuk OS Windows XP 32 Bit bisa Anda dapatkan di Driver Compaq CQ35-336TX for Windows XP 32 Bit.