Cara Install Windows XP dengan Flashdisk. Akhirnya update juga blog ini setelah lebih satu bulan tidak pernah saya sentuh. Penyebabnya bukan apa-apa melainkan memang saya sengaja biarkan blog www.oprekzone.com ini setelah beberapa bulan yang lalu sempat di Hack dan merosot tajam pengunjungnya.

Kali ini akan coba share pengalaman saya dalam Cara Install Windows XP dengan Flashdisk. Sebenarnya ini bukan hal baru namun siapa tahu masih bermanfaat khususnya buat catatan saya sendiri. Hal ini berawal dari DVD-Drive laptop yang rusak sehingga dengan terpaksa saat OS Windows XP pada laptop rusak ya harus install melalui USB Flashdisk.

Cukup banyak cara Cara Install Windows XP dengan Flashdisk yang tersebar di jagad maya namun menurut saya cara yang akan saya share inilah yang paling mudah, baik dalam pembuatan USB Flasdisk Installer nya maupun saat proses instalasinya. Yang harus dipersiapkan dalam Cara Install Windows XP dari USB Flashdisk adalah :

  1. CD OS Windows XP atau File ISO OS Windows XP.
  2. Satu buah Flashdisk kapasitas minimal 1 GB.
  3. Software atau Program untuk membuat USB Flashdisk Installer Windows XP. Di sini saya gunakan program USB Multiboot. Anda dapat mengunduhnya lewat link di bawah artikel ini. Jangan lupa extract setelah didownload di extract file nya.
  4. Satu unit Komputer atau Laptop untuk pembuatan USB Flashdisk Installer.

Langkah Pembuatan :

  • Pastikan CD OS Windows XP sudah berada pada CD-ROM atau File iso sudah siap pada Harddisk Anda untuk memulai Cara Install Windows XP dengan USB Flashdisk.
  • Colokkan USB Flashdisknya pada USB Socket !
  • Jalankan program USB Multiboot dengan klik 2 kali icon USB_Multiboot_10.cmd  pada file USB Multiboot yang telah Anda extract di atas.

  • Tekan Sebarang Tombol untuk melanjutkan !
  • Tekan H dan tekan Enter (untuk Format flashdisk pada level Strongle Format).
  • Pilih NTFS dan lakukan format seperti biasa ! Jika sudah selesai Klik OK  dan Close !
  • Selanjutnya Pilih 1 dan Tekan Enter untuk memilih lokasi File-file OS Windows XP ! (pada tahap ini jika file Anda berupa file iso, Anda harus letakkan terlebih dahulu file tersebut pada Virtual CD-Drive atau anda Extract terlebih dahulu file iso tersebut. Selanjutnya Klik OK !

  • Cara Install Windows XP dengan USB Flashdisk
  • Pada tahap ini Anda akan dihadapkan pada 3 pilihan “Yes”, “No”, dan “Cancel” untuk pengisian data-data instalasi.
  • Pilih saja “Yes”. Dengan pilihan tersebut Anda akan diminta mengisikan data-data seperti serial number dan sebagainya. Pilihan “Yes” pada tahap ini akan memudahkan Anda dalam instalasi windows karena akan otomatis terisi.
  • Klik OK dan OK ! dan Anda akan kembali dihadapkan pada halaman peogram USB_Multiboot.
  • Pilih 2 lalu tekan Enter untuk memilih lokasi file-file OS Windows XP ! dan Klik OK !
  • Selanjutnya pilih 3 dan Tekan Enter untuk menyalin file-file OS Windows XP ke Flasdisk. Pada tahap ini akan memakan waktu cukup lama. Tekan “Yes” apabila muncul jendela-jendela yang berisi pertanyaan pilihan Yes atau No !
  • Setelah selesai Tekan Q untuk keluar dari jendela USB Multiboot dan USB Flashdisk Installer siap digunakan untuk Instalasi Windows XP.

Langkah Cara Instalasi Windows XP Menggunakan USB Flashdisk sangatlah mudah. Pastikan First Boot pada BIOS Laptop atau PC sudah Anda setting pada USB Flashdisk . Kemudian tancapkan USB Flashdisk  yang telah dibuat di atas pada port USB dan lakukan Restart Laptop atau PC. Pada awal loading Anda akan dihadapkan pada 4 pilihan. Pilih 1 dan Tekan Enter dan lakukan instalasi seperti biasa. Biarkan proses berlangsung dan akan diakhiri dengan restart otomatis. Biarkan proses berlangsung sampai pada langkah ke 4 dan muncul Start Up Windows.

Pastikan Instalasi telah selesai sebelum Anda mencabut USB Flashdisk Installer nya.

Download Software USB Multiboot