Cara Ganti Domain dan Pindah Hosting WordPress. Sebenarnya Situs Blog www.oprekzone.com ini baru berusia kurang dari 1 bulan.  Lho kok bisa? padahal klu dilihat dari File Archive-nya kan sudah berusia lebih dari 4 bulan? Memang benar tetapi 4 bulan lebih itu adalah usia dari Content Blog ini bahkan usia Domain dan Hosting sebelumnya (sebelum www.oprekzone.com) yang berisi sebagian besar Content ini sudah hampir 1 tahun.

Tepatnya 1 tahun kurang 1 minggu saat saya memutuskan untuk Ganti Nama Domain dan Pindah Hosting ini. Jadi Domain dan Hosting sebelumnya nganggur tidak saya kelola sama sekali selama hampir 9 bulan. Nah ceritanya begini :

Kira-kira sekitar tanggal 14 Juli 2008 yang lalu saya berniat membuat sebuah Blog bisnis maka saat itu saya putuskan untuk membeli Domain dengan nama tertentu (mengandung unsur bisnis) plus Hosting pada sebuah perusahaan Web-Hosting Lokal. Namun setelah membeli saya bingung mau saya apakan dan karena kesibukan off-line dan adanya proyek yang tidak bisa ditinggalkan, maka domain dan hosting tersebut baru bisa saya kelola 4 bulan yang lalu setelah nganggur selama 9 bulan, itupun dengan Content (Hobi saya) yang jauh menyimpang dari Nama Domain-nya yang bertema bisnis.

Selama 3 bulan saya kelola ternyata traffiknya mencapai 200 lebih Visitor sehari dengan Alexa hampir menyentuh 1 juta. Sebuah angka yang menggembirakan untuk ukuran Blogger Pemula seperti saya. Namun karena perbedaan antara nama domain dan content yang jauh menyimpang dan dalam hati saya kurang SREG,  maka dengan berat hati 1 minggu sebelum Domain dan Web Hosting saya Expired, saya beli Domain dengan nama www.oprekzone.com dan Web Hosting pada perusahaan Web Hosting Luar Negeri.

Selanjutnya mulailah saya melakukan proses Memindahkan Database WordPress dari Domain dan Hosting lama ke Domain dan Hosting Baru. Anda ingin tahu Cara saya Ganti Domain dan Pindah Hosting Blog WordPress?  Begini caranya :

Pertama, Anda harus melakukan Backup MySQL Database dan WP-Content sebagai berikut :

  • Login ke cpanel hosting Anda yang lama.
  • Masuk ke Menu Backups dan lakukan Download MySQL Database… Pindahkan/Backup dan simpan Database tersebut di komputer Anda.
  • Selanjutnya dengan menggunakan FTP (File Trasnfer Protocol) masuklah ke root-directory (tempat dimana wordpress terinstall) dan lakukan Backup seluruh file yang ada pada folder wp-content dan simpan di komputer Anda.

Cara Ganti Nama Domain dan Pindah Hosting Blog WordPress yang Kedua, Anda harus melakukan Edit Text name-database dan name-link URL pada database yang telah Anda download tadi dengan cara :

  • Extract Database yang telah Anda Download (wrdp1.rar) menjadi wrpd1.SQL (jangan lupa copy dulu yang asli untuk jaga-jaga kalau ada kesalahan/kecelakaan data).
  • Selanjutnya buka database yang telah diextract (SQL File) tersebut dengan program Text Editor. Anda dapat gunakan Wordpad (klik kanan file – pilih Open Whith – Pilih Wordpad).
  • Lakukan perubahan/edit text nama database lama pada Localhost ke nama database baru. Biasanya nama database baru selalu diawali dengan nama username saat Anda Login ke cpanel. Contoh apabila username Anda saat Login ke cpanel Anda adalah usaha, maka nama database lama Anda ganti dengan: usaha_wrdp1. Letaknya dibagian atas sebelah kanan dari nama Host demikian formatnya :

— MySQL dump 10.11

— Host: localhost    Database: usaha_wrdp1
— ——————————————————
— Server version    5.0.67-community

  • Selanjutnya ganti nama URL Link domain lama ke yang baru. Contoh domain lama Anda http://domainlama.com harus diganti dengan http://domainbaru.com. Untuk memudahkan pencarian Anda bisa gunakan fasilitas Find Text (Ctrl-H). “Pastikan semua nama-domain lama sudah Anda edit ke nama-domain baru ” (Hal ini sangat penting karena apabila masih ada yang tertinggal/belum diganti maka Link-nya akan mengarah ke domain lama atau mengalami Direct ke Domain Lama). Simpan hasil Edit tersebut !!

Ketiga, Untuk Ganti Domain dan Pindah Hosting WordPress Anda harus install Blog Anda dengan WordPress dan Backup Wp-Content :

  • Silahkan masuk ke cpanel hosting-baru dan masuk fantastico dan kemudian Install dengan WordPress.
  • Selanjutnya masuk Admin / WP Login pada Hosting baru dan lakukan Upgrade WordPress seperti Versi WordPress pada Hosting-lama Anda.
  • Selanjutnya dengan FTP (File Transfer Protocol) ganti Seluruh File yang ada pada Folder Wp-Content pada hosting baru tersebut dengan file-file Wp-Content dari Hosting lama yang telah Anda Backup tadi. “Pastikan seluruh filenya dapat ditransfer secara sempurna”.
  • Ganti Template WordPress pada hosting baru Anda dengan template yang sama dengan hosting lama Anda dan aktifkan seluruh plug-in yang ada persis pada hosting lama Anda.

Keempat, atau terakhir dari Cara Ganti Domain dan Pindah Hosting WordPress, Anda harus lakukan Upgrade database. Disini saya tidak akan  memberi info cara membuat database baru karena  yang akan kita lakukan adalah Upgrade Database yang sudah ada saat kita pertama menginstall WordPress (bawaan WordPress). Caranya sebagai berikut :

  • Dari cpanel hosting-baru, pilih phpMyAdmin.
  • Pada sebelah kiri pilih database. Pada contoh kasus ini silahkan di klik/pilih database Anda misal usaha_wrdp1. Pastikan nama database ini sama dengan nama database pada File SQL yang Anda Edit sebelumnya.

  • Setelah Anda klik maka akan muncul nama-nama file yang merupakan isi dari database tadi.
  • Selanjut Centang semua File (pilih semua) kemudian Hapus semua file yang ada pada database lama tersebut atau tidak usah dihapus tetapi langsung ditindas dengan database yang baru juga bisa.

  • Kemudian Transfer database baru yang telah Anda edit : wrdp1.SQL dengan cara Klik Import kemudian pada File Import Klik Telusuri/Browse dan masukkan file database wrdp1.SQL. Kemudian Klik  GO, Tunggu beberapa saat.

Untuk Memindahkan File-file dari Komputer ke Hosting atau sebaliknya Anda bisa gunakan Software FTP (File Transfer Protocol). Anda dapat gunakan versi gratis Litle_Core_FTP (freeware).

Download Software Litle Core FTP

Nah selesai sudah Langkah-langkah Cara Ganti Domain dan Pindah Hosting WordPress untuk www.oprekzone.com. Langkah-langkah tersebut dapat juga diterapkan pada Blog selain WordPress seperti Joomla atau yang lainnya karena pada dasarnya hampir sama.